Aplikasi Kamera Tidak Merespon di Smartphone Android? Coba Atasi Dengan Cara Ini

Aplikasi Kamera Tidak Merespon di Smartphone Android? Coba Atasi Dengan Cara Ini

Kamera memang adalah salah satu fitur yang paling banyak digunakan oleh pemilik smartphone. Hal tersebut dikarenakan mayoritas vendor smartphone memang fokus dalam mengembangkan kualitas kamera smartphone yang lebih baik dari sebelumnya.

Namun karena sering digunakan, kemungkinan besar fitur kamera di smartphone Android juga lebih berisiko mengalami kerusakan. Salah satu gejala adanya kerusakan pada fitur kamera smartphone adalah seperti aplikasi kamera tidak merespon seperti biasanya.

Apakah anda juga sedang mengalami masalah aplikasi kamera tidak merespon di smartphone Android milik anda? Apakah anda berencana untuk membawa smartphone tersebut ke service center? Sebelum membawanya ke service center, coba atasi masalah aplikasi kamera tidak merespon tersebut dengan menggunakan beberapa cara yang dijelaskan di artikel ini.

4 Macam Cara Efektif dan Mudah Untuk Mengatasi Masalah Aplikasi Kamera Tidak Merespon di Smartphone Android

Masalah aplikasi kamera tidak merespon memang sekilas tampak disebabkan kerusakan pada komponen kamara smartphone. Namun sebenarnya masalah tersebut belum tentu disebabkan kerusakan hardware.

Oleh sebab itu, sebelum membawa smartphone yang mengalami masalah aplikasi kamera tidak merespon ke service center, ada baiknya coba atasi masalah tersebut dengan beberapa cara efektif dan mudah berikut ini:

1. Lakukan force stop pada aplikasi kamera

Cara efektif pertama untuk mengatasi masalah aplikasi kamera tidak merespon adalah dengan melakukan force stop pada aplikasi kamera di smartphone anda.

solusi Aplikasi Kamera Tidak Merespon di Smartphone Android » Aplikasi Kamera Tidak Merespon di Smartphone Android? Coba Atasi Dengan Cara Ini

Cara melakukan force stop aplikasi kamera di smartphone anda cukup mudah. Anda hanya perlu masuk kedalam menu pengaturan, kemudian masuk kembali ke menu apps atau aplikasi.

Setelah masuk kedalam menu aplikasi, cari aplikasi kamera yang anda gunakan di smartphone. Pilih force stop.

Melakukan force stop ini sedikit banyak membantu mengatasi masalah aplikasi kamera tidak merespon. Pasalnya, setelah melakukan force stop, aplikasi kamera akan di reset dan kemungkinan besar sudah bisa digunakan lagi.

2. Hapus beberapa data yang tersimpan di dalam memori internal

Salah satu alasan kenapa aplikasi kamera tidak merespon itu juga bisa disebabkan karena kapasitas memori internal sudah terlalu penuh. Karena kapasitas memori internalnya sudah terlalu penuh, smartphone tidak bisa menjalankan beberapa macam aplikasi secara maksimal.

Oleh sebab itu, jika anda mengalami masalah aplikasi kamera tidak merespon, anda bisa mencoba mengurangi penggunaan memori internal di smartphone anda. Hapuslah beberapa file yang anda rasa tidak penting dan coba kembali gunakan aplikasi kamera di smartphone anda.

3. Perbarui firmware smartphone anda

Masalah aplikasi kamera tidak merespon juga bisa disebabkan karena firmware di smartphone anda sudah ketinggalan jaman. Ketika firmware yang digunakan di smartphone anda versinya sudah terlalu lama, kemungkinan besar memang smartphone tidak bisa lagi menjalankan beberapa aplikasi versi terbaru.

Oleh sebab itu, jika anda mengalami masalah aplikasi kamera tidak merespon, sebaiknya coba perbarui firmware smartphone anda terlebih dahulu.

Cara memperbarui firmware smartphone anda juga cukup mudah. Pertama-tama, masuk terlebih dahulu kedalam menu pengaturan. Dari menu pengaturan, masuk ke menu tentang smartphone anda (about phone). Dari menu tersebut anda hanya perlu masuk kedalam menu software update.

4. Pasang aplikasi kamera pihak ketiga

Sayangnya, tidak semua smartphone itu mendapatkan pembaruan firmware dari vendor. Jika smartphone anda termasuk seri lama, kemungkinan besar vendor sudah tidak mengeluarkan pembaruan firmware lagi untuk seri smartphone anda.

Jika memang saat ini smartphone anda sudah menggunakan firmware versi terbaru dan anda masih mengalami masalah aplikasi kamera tidak merespon, maka solusi terakhir yang layak untuk anda coba adalah memasang aplikasi kamera dari pihak ketiga.

Ada banyak sekali aplikasi kamera yang bisa anda dapatkan secara gratis di Google Playstore. Coba pasang salah satu aplikasi kamera tersebut di smartphone anda cobalah menggunakan aplikasi tersebut untuk mengabadikan obyek tertentu.

Jika memang 4 cara mengatasi aplikasi kamera tidak merespon yang sudah dijabarkan di artikel ini sama sekali tidak membantu anda, terutama jika kamera smartphone tetap tidak merespon meskipun anda sudah menggunakan aplikasi pihak ketiga, kemungkinan besar memang hardware kamera smartphone anda yang mengalami kerusakan.