Ini 5 Daftar Makanan yang Kaya Akan Serat

  • Whatsapp

5 Daftar Makanan yang Kaya Akan Serat – Menerapkan pola hidup sehat merupakan salah satu cara agar kita terhindar dari berbagai macam penyakit baik itu penyakit parah ataupun penyakit ringan. Dalam hal ini menjaga asupan nutrisi adalah hal yang perlu kita perhatikan, terutama bagi para kaum lansia yang biasanya akan lebih sensitif ketika menerima asupan makanan yang kurang sehat.

Salah satu nutrisi yang sangat diperlukan bagi tubuh adalah serat. Banyak sekali fungsi dari serat itu, diantaranya adalah:

Read More

  • Menjaga kesehatan usus
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Mencegah diabetes
  • Melancarkan pencernaan
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah terkena serangan jantung

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan oleh serat, sudah seharusnya kita sadar akan pentingnya serat bagi tubuh. Oleh karena itu perbanyaklah makan makanan yang mengandung serat. Berikut ini adalah daftar-daftar makanan yang kaya akan serat:

  1. Buah pisang

Buah pisang merupakan salah satu jenis buah-buahan yang selain kaya akan serat namun juga tinggi kalori sehingga tidak heran membuat beberapa orang yang sedang diet akan banyak mengkonsumsi buah pisang ini sebagai pengganti nasi.

  1. Buah pepaya

Jenis buah selanjutnya yang kaya akan serat adalah pepaya. Buah ini menjadi salah satu pilihan ketika kita sulit buang air besar. Sehingga sudah terbukti buah ini memiliki serat, manfaat dan juga vitamin yang banyak, yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

  1. Brokoli

Salah satu jenis sayuran ini memang kurang diminati oleh beberapa orang karena tergolong sayuran yang memiliki rasa yang hambar. Namun dibalik semua itu brokoli ini merupakan salah satu sayuran yang kaya akan serat dan beberapa nutrisi lainnya seperti vitamin C, vitamin K, asam folat, vitamin B, potassium dan beberapa nutrsi lainya yang baik untuk tubuh kita.

  1. Buah Alpukat

Selanjutnya adalah buah alpukat. Buah ini adalah buah yang sering kali dibuat jus oleh banyak orang dibandingkan dengan memakannya langsung. Namun perlu diketahui selain kaya akan serat, buah alpukat ini merupakan salah satu buah yang baik untuk merawat kulit kita agar lebih sehat dan terhindar dari kulit rusak.

  1. Kubis

Sama halnya dengan brokoli. Salah satu jenis sayuran hijau ini sangatlah sering dijadikan lalapan ataupun olahan lainya untuk dijadikan sayur oleh beberapa orang.  Kubis ini juga selain kaya akan serat, memiliki kandungan antioksidan yang fungsinya untuk menangkap radikal bebas yang ada di dalam tubuh kita. Saking tingginya kandungan serat di dalam kubis, sayuran ini mampu mencukup ¼ dari kebutuhan serat kita.

Demikianlah 5 daftar makanan kaya akan serat yang wajib untuk kita konsumsi setiap hari agar kebutuhan serat di dalam tubuh kita dapat terpenuhi dengan baik. Menjaga pola hidup yang sehat tentu akan memberikan dampak yang positif untuk keseharian kita, oleh sebab itu jaga kesehatan selalu untuk dapat menikmati hidup ini.

 

Related posts