Kenali Jenis dan Keunggulan Processor di Smartphone Android Anda

Kenali Jenis dan Keunggulan Processor di Smartphone Android Anda » Kenali Jenis dan Keunggulan Processor di Smartphone Android Anda

Processor pada perangkat smartphone berfungsi sebagai pengendali sistem dan kinerja perangkat secara keseluruhan. Sama halnya dengan processor di perangkat PC, di smartphone android pun anda bisa menjumpai beberapa jenis dengan keunggulan yang berbeda. Mengetahui apa saja jenis dan keunggulan tiap processor sangat penting. Hal ini akan semakin menguatkan gambaran anda tentang bagaimana peforma yang dihadirkan oleh smartphone tersebut. Pasalnya masing-masing processor memiliki kelebihan tersendiri.

Namun seiring berkembangnya teknologi, makin banyak jenis processor baru yang memiliki peforma tak kalah tangguh dari merk processor lama. Processor yang baik tentu yang mampu memberikan efisiensi daya dan kinerja yang lebih optimal. Selain itu dari segi pengolahan grafiknya juga didesain lebih optimal. Bagi anda yang penasaran apa saja jenis processor di smartphone android beserta dengan keunggulannya, berikut ini ulasan selengkapnya yang bisa anda ketahui.

Kenali Jenis dan Keunggulan Processor di Smartphone Android Anda » Kenali Jenis dan Keunggulan Processor di Smartphone Android Anda

Ragam Jenis dan Keunggulan Processor di Smartphone Android

  1. Qualcomm Snapdragon

Jenis processor satu ini adalah yang paling banyak digunakan oleh vendor smartphone Android. Salah satu keunggulannya adalah lebih baik dari segi kinerja dan efisiensi daya. Teknologi baru dengan ketahanan terhadap konsumsi daya selalu diupgrade oleh jenis processor satu ini. selain itu dari segi olah grafiknya cukup tinggi. Konektifitasnya lebih cepat. Snapdragon juga menjadi pionir atas resolusi layar Ultra HD 4K yang menjadi salah satu gebrakan terbaru di dunia smartphone.

  1. Samsung Exynos

Smartphone flagship besutan Samsung kebanyakan mengadopsi processor satu ini. Dari segi kualitas tak jauh berbeda dengan Snapdragon. Ketahanan terhadap konsumsi daya dan olah grafiknya memiliki peforma berkualitas. Untuk versi Exynos terbaru adalah Exynos 8990 yang disematkan pada Samsung Galaxy S7 dan Galaxy Note 7. Saat ini pun processor satu ini tidak hanya terdapat di ponsel Samsung saja. Meizu menjadi brand lainnya yang menyematkan processor handal tersebut di beberapa seri produknya.

  1. MediaTek

Jenis processor satu ini adalah processor sejuta umat karena kerap dipakai di produk lokal maupun luar negeri. Samsung Galaxy, Xiaomi, Sony Xperia, dan brand besar lainnya juga kerap menggunakan processor satu ini. Dari segi harga relatif terjangkau dibandingkan processor lain. MediaTek menjadi salah satu pionir dalam pembuatan processor dengan 10 inti yang kerap disebut Deca-core. Tipe processor MediaTek paling bagus adalah MediaTek Helio.

  1. Intel

Di kalangan pengguna PC, Intel merupakan jenis processor yang sudah tidak asing. Dan saat ini pun sudah mulai berekspansi ke ranah smartphone. Asus Zenfone di beberapa seriannya mengusung jenis processor Intel. Namun pada beberapa seri lainnya sudah tidak menggunakan processor kenamaan ini. Bukan berarti jenis processor satu ini tidak bagus. Walaupun dari segi efiesiensi daya di ranah smartphone masih belum sebaik processor lainnya, namun Intel terus menaikan kualitasnya dan terbukti makin banyak vendor smartphone yang menggunakan jenis processor satu ini.

  1. Surge

Processor yang diproduksi oleh perusahaan Xiaomi ini mulai debutnya pada serian Xiaomi Mi5C. Kemampuan processor satu ini cukup baik. Konsumsi dayanya lebih rendah sehingga lebih hemat baterai. Versi pertama Surge adalah S1. Dan di tahun 2018 ini dikabarkan akan muncul generai selanjutnya dari Surge yaitu S2. Mungkin saja Xiaomi Mi6C akan mengusung processor dengan kemampuan olah grafik handal ini.

Nah itu dia berbagai macam processor beserta keunggulannya yang ada di smartphone android. semoga bermanfaat dan menambah informasi untuk anda.