5 Tips Mengatasi Insomnia agar Tidur Lebih Nyaman

mengatasi penyakit Insomnia sehingga tidur malam lebih mudah 772x312 » 5 Tips Mengatasi Insomnia agar Tidur Lebih Nyaman

5 tips mengatasi insomnia pada diri sendiri – Insomnia merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak terlalu membahayakan namun saja efek samping dari penyakit ini akan mengundang beberapa penyakit lain yang lebih berbahaya datang kedalam tubuh pasien. Dalam hal ini juga penyakit insomnia lebih sering menyerang orang dewasa dengan umur 20 tahun keatas yang bisa menyerang pria maupun wanita. Meskipun terkadang ada juga anak-anak yang terkena hanya saja sangatlah jarang seorang anak terkena panyakit ini.

Insomnia itu sendiri merupakan sebuah kelainan pada seseorang dimana akan membuat seseorang sulit untuk tidur di malam hari. Terkadang juga penyakit ini diikuti dengan gangguan fungsional saat pasien bangun.

Beberapa ahli sudah mengklasifikasikan bahwa insomnia bukanlah tentang masalah pada sisi medis saja melainkan ada unsur masalah pada psikologi seseorang yang mempengaruhi pola tidur dari seseorang. Namun disini ada beberapa solusi ataupun penangan sendiri terhadap pasien yang ingin sembuh dari insomnia ini.

mengatasi penyakit Insomnia sehingga tidur malam lebih mudah 1024x666 » 5 Tips Mengatasi Insomnia agar Tidur Lebih Nyaman

Berikut adalah 5 tips mengatasi insomnia pada diri sendiri:

  1. Posisikan Diri Anda Agar Lebih Nyaman

Cara yang pertama ini merupakan langkah dimana Anda dapat mengkondisikan ruang sekitar tempat tidur Anda agar menjadi lebih nyaman bagi Anda. Apabila Anda nyaman dengan kondisi kamar yang sunyi dan bersih, maka buatlah kamar Anda menjadi seperti yang Anda inginkan agar ketika di tempat tidur Anda akan mudah untuk tertidur.

  1. Atur Tempat Tidur

Langkah selanjutnya adalah dengan cara mengatur tempat tidur Anda. Dalam cara ini Anda bisa mengatur posisi tempat tidur dimulai dari posisi tempat tidur, kualitas Kasur, dan juga bantal agar nyaman ketika hendak tidur. Hindari menggunakan kasur lantai yang biasanya lebih keras dari pada kasur biasanya.

  1. Tidur Dengan Posisi Yang Sehat

5 Tips Mengatasi Insomnia Pada Diri Sendiri » 5 Tips Mengatasi Insomnia agar Tidur Lebih Nyaman

Setelah memastikan Anda sudah rileks dan tempat tidur sudah sesuai dengan apa yang kita inginkan, langkah selanjutnya adalah cobalah tidur dengan posisi yang baik. Hindari menekuk badan maupun kaki karena akan membuat badan tidak rileks. Dan hindari juga membawa barang yang akan menggangu kita saat tidur.

  1. Kondisikan Kamar Gelap

Untuk tips nomor 4 ini bisa opsional, artinya apabila Anda tidak suka tidur dengan kondisi kamar gelap Anda bisa mengabaikan tips ini, namun alangkah baiknya Anda mencoba untuk mengkondisikan lampu kamar dimatikan dan jika takut maka Anda bisa menggunakan lampu tidur yang lebih redup agar mata kita mudah untuk terpejam.

  1. Gunakan aromaterapi

Tips yang terakhir adalah menggunakan wewangian ataupun parfum aromatherapy di dalam kamar kita untuk merangsang hormone-hormon positif di dalam tubuh kita untuk membuat kita lebih rileks dan bisa tidur dengan nyenyak.

Demikian 5 tips mengatasi insomnia pada diri sendiri yang dapat Anda coba. Selain untuk diri sendiri, Anda juga menerapkan tips di atas untuk keluarga yang sedang mengalami insomnia. Jika insomnia Anda memang parah dan tetap membuat Anda sulit untuk tertidur, maka alangkah baiknya Anda dapat mengkonsultasikan penyakit Insomnia Anda ini kepada dokter ahli ataupun psikologi di dekat rumah Anda agar mendapatkan penanganan yang terbaik mengenai insomnia Anda.

Jangan sekali-kali menganggap remeh penyakit insomnia ini, sebab meski hanya mengganggu Anda menjadi sulit tidur, akan tetapi kualitas tidurlah yang sebenarnya sangat penting dan harus dijaga. Sebab jika Anda kekurangan tidur, penyakit lain selain insomnia dapat dengan mudah menyerang Anda. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan Anda wawasan.