Ini Dia 6 Macam Vaksin Imunisasi yang Ada di Indonesia

Inilah 6 Macam Vaksin Imunisasi yang Ada di Indonesia 772x312 » Ini Dia 6 Macam Vaksin Imunisasi yang Ada di Indonesia

6 Macam Vaksin Imunisasi  – Vaksin merupakan salah satu jenis antigenic yang diinjeksikan atau disuntikkan menggunakan media suntikan kepada pasien dengan tujuan untuk memberikan sistem imun atau kekebalan khusus terhadap suatu penyakit tertentu kepada pasien.

Vaksinasi atau lebih sering dikenal imunisasi merupakan sebuah program pemerintah di bidang kesehatan dalam upaya untuk mencegah para masyarakatnya terjangkit penyakit yang akan menyebar lebih luas lagi. Salah satu jenis vaksin yang diwajibkan adalah campak. Dengan memberikan vaksin campak pada seorang balita, membuat daftar kematian karena penyakit ini turun drastis yang berarti  membuktikan bahwa manfaat dari imunisasi sangatlah berhasil.

Inilah 6 Macam Vaksin Imunisasi yang Ada di Indonesia » Ini Dia 6 Macam Vaksin Imunisasi yang Ada di Indonesia

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis vaksin yang akan diberikan kepada seseorang untuk menjaga dirinya agar kebal terhadap serangan berbagai macam jenis virus. Beberapa macam vaksin imunisasi yang ada di Indonesia adalah:

  1. Vaksin hepatitis A , dimana vaksin ini memiliki fungsi menjaga dari serangan virus hepatitis A atau virus HAV. Vaksin ini biasanya diberikan kepada anak yang berumur 2 tahun.
  2. Vaksin hepatitis B, Vaksin ini difungsikan sebagai vaksin penahan virus yang sama dengan hepatitis A namun skalanya lebih kuat. Biasanya vaksin hepatitis B diberikan kepada anak yang berumur 19 tahun
  3. Vaksin polio, vaksin jenis ini merupakan jenis vaksin yang akan mencegah terserang penyakit polio yang merupakan penyakit yang menyerang system syaraf pada manusia. Pemberian vaksin ini biasanya diberikan kepada balita 5 tahap secara berkesinambungan mulai dari umur  6 minggu.
  4. Vaksin campak, Jenis vaksin yang satu ini merupakan jenis vaksin yang akan mencegah penularan campak pada anak. Pemberian vaksin ini pun hampir sama dengan vaksin pilio yaitu secara berkala sebanyak 3 kali yang dimulai ketika anak berumur 6 bulan.
  5. Vaksin PCV (Pneumococcal Conjugate Vaccine), vaksin jenis ini adalah salah satu jenis vaksin yang akan menjaga anak kita terjangkit virus pneumococcus yang merupakan penyebab dari penyakit meningitis, pneumonia serta otitis. Pemberian vaksin ini berkala di mana dimulai dari umur sebelum 6 bulan .
  6. Vaksin HPV ( Human Papilloma Virus ) ,  vaksin HPV merupakan salah satu jenis vaksin yang akan mencagah kita terkena virus HPV. Virus HPV ini biasanya menyerang alat kelamin pria ataupun wanita. Namun di beberapa kasus ada juga yang menyerang bagian mulut dan dubur dari manusia. Virus ini sangatlah ganas karena terdiri dari 120 jenis virus yang dimana diklasifikasikan dalam virus yang cukup berbahaya. Pemberian vaksin HPV ini biasanya diberikan kepada anak berusia  9 – 14 tahun.

Demikian 6 macam vaksin imunisasi yang ada di Indonesia, vaksin di atas adalah sebagian kecil dari macam-macam vaksin imunisasi yang akan membuat tubuh kita kebal terhadap beberapa jenis penyakit mematikan.