Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

penyebab cara mengatasi laptop mati sendiri 772x312 » Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada cukup banyak masalah yang bisa anda alami ketika menggunakan laptop, apalagi jika usia laptop tersebut sudah cukup tua.

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh pengguna laptop adalah laptop tiba-tiba mati sendiri. Mayoritas pengguna laptop pasti akan langsung panik ketika laptop yang digunakannya tiba-tiba mati sendiri.

Masalah laptop yang mati sendiri ketika sedang digunakan tersebut memang bisa dikategorikan sebagai masalah yang cukup serius. Pasalnya, hal tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor.

Mau tau lebih detail mengenai apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah laptop tiba-tiba mati sendiri tersebut? Anda bisa pelajari secara lengkap mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah tersebut di dalam artikel ini.

penyebab cara mengatasi laptop mati sendiri 1024x410 » Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri, Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

3 Faktor Penyebab Masalah Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri Ketika Sedang Anda Gunakan Beserta Solusinya

Masalah laptop tiba-tiba mati sendiri memang pasti akan membuat siapapun yang mengalami panik. Pasalnya, masalah tersebut memang bisa dikatakan sebagai tanda bahwa laptop anda memang sudah tidak dalam kondisi prima lagi.

Laptop yang mati secara tiba-tiba saat sedang anda gunakan tersebut bisa disebabkan banyak faktor. Berikut ini adalah faktor-faktor yang paling sering menjadi penyebab masalah tersebut:

  1. Temperatur prosesor terlalu tinggi

Faktor pertama yang paling sering menjadi penyebab laptop anda mati sendiri ketika sedang digunakan adalah karena temperatur prosesornya terlalu tinggi.

Ketika temperatur prosesor laptop anda terlalu tinggi, secara otomatis sistem akan mematikan laptop anda. Pada umumnya, anda tidak akan bisa menghidupkan kembali laptop anda dalam beberapa menit jika memang temperatur prosesor laptop anda terlalu tinggi.

Solusi:

Tingginya temperatur prosesor laptop sendiri juga bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Hal tersebut bisa disebabkan karena anda menggunakan program-program berat yang sebenarnya tidak disarankan untuk laptop anda.

Selain itu, tingginya temperatur prosesor laptop juga bisa disebabkan karena lubang ventilasi pembuangan hawa panas di bagian bawah laptop anda tertutup debu. Faktor terakhir yang menyebabkan temperatur prosesor laptop bisa meningkat drastis juga disebabkan karena thermal paste prosesor sudah waktunya diganti.

Jika anda ingin mengatasi masalah laptop mati sendiri karena temperatur prosesor terlalu tinggi, maka cobalah terlebih dahulu untuk membersihkan lubang ventilasi hawa panas di bawah laptop anda.

Jika memungkinkan, cobalah untuk mengganti thermal paste prosesor laptop anda dengan yang baru.

  1. RAM laptop cacat atau rusak

Faktor penyebab masalah laptop tiba-tiba mati sendiri berikutnya adalah karena RAM laptop anda cacat ataupun rusak.

Ya, memang sangat jarang sekali komponen RAM laptop bisa mengalami kerusakan. Namun hal tersebut masih mungkin terjadi.

Ketika RAM laptop anda mengalami kerusakan atau sudah tidak berfungsi secara maksimal, kemungkinan besar hal tersebut menyebabkan laptop anda sering mati sendiri ketika sedang digunakan.

Solusi:

Jika laptop anda sering mati sendiri ketika sedang digunakan, tidak ada salahnya untuk mencoba melepas dan membersihkan komponen RAM laptop anda.

Setelah itu, coba pasang kembali RAM dan hidupkan laptop anda. Perhatikan apakah laptop anda masih mati sendiri. Jika memang laptop anda masih mati sendiri, coba ganti RAM laptop tersebut.

  1. Motherboard mengalami kerusakan

Faktor terakhir yang juga cukup sering menjadi penyebab masalah laptop tiba-tiba mati sendiri adalah kerusakan pada motherboard.

Motherboard adalah komponen utama dalam sebuah laptop. Oleh sebab itu, jika motherboard mengalami kerusakan, awalnya laptop akan sering mati sendiri ketika digunakan. Jika kerusakannya sudah cukup parah, biasanya laptop anda tidak akan bisa lagi dihidupkan.

Solusi:

Jika memang penyebab laptop mati sendiri ketika sedang digunakan adalah karena motherboard mengalami kerusakan, maka solusi yang paling tepat adalah membeli laptop baru.

Kenapa? Apakah sudah tidak ada cara untuk memperbaiki motherboard laptop yang mengalami kerusakan? Sebenarnya motherboard laptop masih bisa diperbaiki, namun hal tersebut tidak akan membuat laptop anda pulih seperti semula.

Jika nanti anda mengalami masalah laptop tiba-tiba mati sendiri, coba cek faktor manakah yang menyebabkan laptop anda sering mati sendiri ketika digunakan dari 3 faktor yang sudah dijabarkan di dalam artikel ini.