Faktor Penyebab UI Smartphone Android Sering Crash Secara Tiba-Tiba

penyebab ui smartphone android crash 772x312 » Faktor Penyebab UI Smartphone Android Sering Crash Secara Tiba-Tiba

Ada cukup banyak masalah yang bisa dialami oleh pengguna smartphone Android, salah satu masalahnya adalah sistem UI crash.

Sebuah smartphone Android yang mengalami crash pada bagian sistem UI biasanya akan menampilkan notifikasi khusus seperti “sayangnya sistem UI telah berhenti”.

Lalu apa saja yang bisa menjadi penyebab masalah sistem UI smartphone Android yang crash tersebut? Bagi anda yang ingin mengetahui apa saja faktor yang bisa memicu masalah sistem UI smartphone Android crash, anda bisa membaca informasi tersebut di artikel ini.

5 Faktor yang Paling Sering Menjadi Penyebab Sistem UI Smartphone Android Crash

Seperti yang sudah disebutkan, memang ada cukup banyak faktor yang bisa menjadi penyebab sistem UI smartphone Android mengalami crash.

penyebab ui smartphone android crash 1024x576 » Faktor Penyebab UI Smartphone Android Sering Crash Secara Tiba-Tiba

Berikut ini adalah beberapa faktor yang biasa menyebabkan masalah tersebut:

  1. Cache sistem UI sudah terlalu banyak

Bagi anda yang hampir tidak pernah mematikan smartphone Android yang anda miliki, anda biasanya memiliki potensi yang lebih besar untuk mengalami masalah sistem UI crash.

Kenapa? Hal tersebut bisa terjadi karena ukuran file cache sistem UI di dalam smartphone Android yang anda gunakan sudah terlalu banyak.

Ukuran file cache sistem UI di dalam smartphone anda terus menumpuk selama smartphone dibiarkan dalam kondisi menyala. File cache sistem UI smartphone Android baru akan dihapus secara otomatis ketika anda mematikan smartphone.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk sesekali mematikan smartphone anda. Jika memang tidak memungkinkan untuk mematikan smartphone, ada baiknya cek dan hapus file cache sistem UI smartphone anda untuk mencegah munculnya masalah sistem UI crash.

  1. Perbarui sistem operasi yang digunakan smartphone

Selain karena masalah file cache sistem UI yang sudah terlalu besar, masalah seperti sistem UI smartphone Android yang crash juga bisa disebabkan karena smartphone membutuhkan pembaruan sistem operasi.

Ketika sistem operasi sudah harus diperbarui dan hal tersebut terus menerus ditunda, maka yang akan terkena dampaknya secara langsung adalah sistem UI.

Pasalnya, sistem UI akan berjalan dengan kondisi tidak sesuai dengan aplikasi-aplikasi yang terpasang di dalam smartphone Android. Jika hal tersebut terus dibiarkan, maka lama kelamaan sistem UI akan mengalami crash.

Oleh sebab itu, ada baiknya segera lakukan pembaruan sistem setelah ada pemberitahuan bahwa terdapat pembaruan sistem operasi dari vendor smartphone anda.

  1. Menggunakan aplikasi bukan dari Playstore

Seperti yang sudah disebutkan, sistem UI berjalan berdampingan dengan berbagai aplikasi yang terpasang di dalam sebuah smartphone.

Oleh sebab itu, terkadang sebuah aplikasi bisa menyebabkan masalah pada fungsi sistem UI, apalagi jika aplikasi tersebut diunduh bukan dari Playstore.

Jika setelah anda pasang aplikasi ternyata sistem UI smartphone mengalami crash, coba lepas terlebih dahulu aplikasi tersebut dari smartphone anda. Biasanya setelah aplikasi tersebut dilepas, sistem UI smartphone Android tidak mengalami crash lagi.

  1. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar

Kelebihan smartphone Android adalah bisa digunakan untuk multitasking. Anda bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan.

Namun sayangnya, jika anda terlalu banyak menjalankan aplikasi di belakang layar, maka sistem UI biasanya yang akan mengalami masalah.

Ketika sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan di belakang layar, biasanya sistem UI akan mulai crash secara tiba-tiba. Hal tersebut bisa terjadi karena kapasitas RAM smartphone Android habis sehingga membuat sistem UI tidak bisa berjalan secara optimal.

Jika hal ini terjadi, coba hapus recent apps di dalam smartphone Android anda. Selain itu, anda juga bisa kurangi jumlah aplikasi yang berjalan di belakang layar.

  1. Smartphone Android sudah diroot

Faktor terakhir yang biasanya juga menjadi penyebab sistem UI sebuah smartphone Android sering crash secara tiba-tiba adalah karena sistem operasi smartphone sudah diroot dan diganti dengan OS non resmi.

Ketika melakukan pengubahan sistem operasi, ada kemungkinan sistem operasi non resmi tersebut tidak cocok dengan spesifikasi smartphone Android. Akibatnya, smartphone akan makin sering freeze dan juga crash, terutama pada bagian sistem UI.

Jadi bagaimana? Sekarang sudah cukup paham bukan mengenai apa saja yang bisa jadi penyebab sistem UI smartphone Android mengalami crash itu?