Begini Bocoran iPhone 12 yang Siap Masuk Pasar Gadget Tanah Air

iphone 12 772x312 » Begini Bocoran iPhone 12 yang Siap Masuk Pasar Gadget Tanah Air

#image source : forbes.com

Perusahaan gawai kenamaan dunia, Apple, terus menghadirkan inovasi terbaru melalui produk-produknya. Kali ini Apple siap meluncurkan gadget yang merupakan kelanjutan seri ponsel pintar iPhone 12. Menurut rumor yang beredar, iPhone ini akan dirilis pada September 2020. Namun hingga kini belum ada konfirmasi terkini dari pihak Apple kapan smartphone elite ini dikenalkan pada publik.

Mengintip Spesifikasi iPhone 12

Informasi yang diperoleh dari Mac Rumors menyebutkan bahwa iPhone akan meluncurkan seri 12 ini dalam dua tahapan. Pertama, untuk merilis iPhone seri 12 yang didesain dengan layar 6,1 inchi. Tahap kedua yaitu perilisan iPhone seri 12 yang memperkenalkan dua desain berlayar 6,7 inchi serta 5,4 inchi.

iphone 12 » Begini Bocoran iPhone 12 yang Siap Masuk Pasar Gadget Tanah Air

#image source : forbes.com

Penasaran bagaimana spesifikasi ponsel flagship satu ini? berikut ulasannya.

  1. Desain dan Tampilan

Desain iPhone 12 secara kasat mata tak jauh berbeda dengan seri sebelumnya. Tipe layar full screen dengan notch pada bagian atas, capatitive touchscreen 6,7 inchi yang mampu menampilkan satu milyar warna, serta model XDR OLED berteknologi Super Retina. Dengan spesifikasi layar yang memukau ini, iPhone seri 12 siap menghadirkan grafis terbaik.

Bagian bodi ponsel mempunyai ketebalan sekitar 7,4 mm. Smartphone ini sudah mendukung dust and water resistant (dengan catatan lama terkena air tidak lebih dari 30 menit). Muka smartphone telah dilindungi layar glass berjenis Gorilla Glass, sedangkan bagian framenya terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi.

  1. Dapur Pacu

Inti pemrosesan pada iPhone seri 12 dipercayakan pada chip terbaru dari A14 Bionic. Dari bocoran yang ada, chip ini dikatakan tak sekencang prosesor Qualcomm untuk perangkat Android Snapdragon 865. Hal ini dinilai dari skor benchmark saja, tanpa mempertimbangkan aspek lain. Adapun peningkatan A14 Bionic dari seri sebelumnya A13 tak terlalu signifikan.

iPhone 12 disematkan chipset berukuran 5 nanometer yang mampu bekerja tangguh dalam menjalankan peran multitasking. Chipset ini telah dirancang agar bisa meredam panas pada saat otak smartphone bekerja. Performa sektor AI pun akan lebih ditingkatkan berkat proses fabrikasi internal di dalam prosesor.

  1. Kamera yang Disematkan

Kamera iPhone sudah terkenal akan kemampuannya menangkap gambar yang sangat minim noise. iPhone seri 12 ini dibekali empat kamera utama yang masing-masing beresolusi 12MP. Bedanya di tiap kamera adalah rentangan fokus, mulai dari f/1.8 sampai f/2.2. Dengan dual pixel PDAF dan teknologi canggih lain, kamera ini mendukung resolusi video hingga 4K.

Sementara itu untuk keperluan selfie, smartphone ini dilengkapi pula dual kamera depan dengan resolusi 12MP bersensor biometrik. Hasil tangkapannya tidak kalah dari kamera profesional. Untuk merekam video pun sudah mendukung resolusi  FULL HD sampai 4K.

  1. Penyimpanan Internal dan RAM

iPhone 12 dipasarkan dalam beberapa versi penyimpanan, sama seperti series sebelumnya. Versi RAM 6GB dipadukan dengan penyimpanan internal sebesar 128GB, ada pula yang dikombinasikan dengan internal storage 256GB dan 512GB. Tidak ada tambahan ruang untuk slot memori eksternal.

  1. Kapasitas Baterai

Baterai iPhone seri 12 ini berjenis non-removable yang terbuat dari bahan Li-Ion. Karena sudah mendukung fast charging tipe 18W, maka tidak butuh waktu lama untuk menunggu baterai hingga penuh. Selain itu sudah support Qi wireless charging. Dari informasi yang sudah beredar, kapasitas baterai iPhone ini sebesar 2.775—2.815 mAh.

iPhone telah mempunyai pangsa pasar sendiri di berbagai negara. Harganya yang fantastis setara dengan performa yang dihadirkan. Adapun harga iPhone 12 ini dipasarkan dengan harga berkisar Rp 10 juta sampai Rp 14 juta, tergantung kapasitas penyimpanan dan RAM. Meski tergolong fantastis, seri 12 ini diklaim sebagai perangkat Apple berteknologi 5G yang termurah.