Tips Ngeblog bagi Pemula agar Sukses

tips ngeblog bagi pemula 772x312 » Tips Ngeblog bagi Pemula agar Sukses

Bagi Anda yang baru saja belajar untuk mengembangkan blog, tentu masih awam dengan istilah, teknis, hingga sistem monetisasi dalam blogging. Namun seiring berjalannya waktu, jika Anda mau belajar dan mempraktikkan berbagai tips dari Rifqi Mulyawan berikut, maka menghasilkan uang hanya dari menulis bukanlah suatu hal yang mustahil dilakukan.

Tips Ngeblog untuk Pemula

Terdapat beberapa tips dan saran yang bisa Anda praktekkan agar tidak kebingungan dalam mengembangkan blog, diantaranya:

  1. Monetisasi Blog

Hal yang perlu diperhatikan terkait dengan blogging biasanya adalah monetisasi. Padahal untuk mendapatkan adsense dan monetisasi butuh perjalanan yang panjang dan tidak sebentar. Ketika baru mengembangkan blog, jangan berharap untuk mendapatkan uang dari monetisasi.

Kembangkan terlebih dahulu domain yang dimiliki, berikut dengan konten, dan traffic dari blog tersebut. Sebab mendapatkan uang dari monetisasi blog bukan merupakan hal yang gampang dan instan. Anda harus terus melakukan upgrade dan mengikuti tren pencarian agar blog banyak dikunjungi.

  1. Menulislah dengan Jadwal

Konten merupakan hal penting yang ada di dalam blog, karena itu, lakukan update konten untuk membuat traffic blog yang Anda kelola menjadi semakin tinggi. Namun menulis setiap hari bukanlah hal yang baik, apalagi jika dilakukan secara terus menerus.

tips ngeblog bagi pemula 1024x682 » Tips Ngeblog bagi Pemula agar Sukses

Alangkah lebih baik jika Anda memberikan jadwal untuk penulisan konten, sehingga konten yang baru saja Anda buat tidak tenggelam begitu saja. Walaupun Anda sudah menerapkan SEO, kadang traffic yang ada di blog tetap rendah. Namun tetaplah konsisten dalam menulis, sehingga makin lama blog yang Anda miliki makin berkembang.

  1. Konten yang Berkualitas

Menuliskan konten yang berkualitas merupakan hal yang penting, apalagi mesin pencari juga menyukai konten yang relevan dengan keyword yang dimasukkan oleh pengunjung situs internet. Akan tetapi, membuat konten saja tidak akan membuat blog Anda ramai pengunjung.

Karena itu Rifqi Mulyawan menyarankan untuk melakukan promosi terkait dengan blog yang sedang Anda kembangkan. Ibaratnya konten adalah raja, sedangkan promosi adalah ratunya. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan promosi pada artikel-artikel yang sudah Anda tulis.

Tips untuk Blogger yang Sedang Mengembangkan Blog

Anda yang sudah mulai menulis dan mengembangkan blog, bisa mengikuti tips lanjutan berikut. Sehingga blog yang Anda miliki akan semakin baik karena sudah menerapkan SEO dan topik yang sesuai dengan minat serta kemampuan.

  1. Menjadi Lifestyle Blogger

Untuk mengurangi adanya writer block selama menulis, Anda bisa menjadi lifestyle blogger karena pembahasan yang ditulis bisa lebih luas. Namun akan lebih baik kalau Anda memiliki benang merah dengan topik yang seragam, sehingga setengah dari topik yang sedang dibahas mengarah ke hal tersebut.

  1. Berkunjung ke Blog Lain

Cara lainnya adalah berkunjung ke blog orang lain untuk membuat blog Anda semakin populer. Daripada meninggalkan alamat saja, Anda bisa memberikan opini dan komentar yang terkait dengan topik yang dibahas oleh penulis blog tersebut. Sehingga Anda tidak dikenal karena melakukan spamming di blog penulis lain.

Itulah beberapa tips ngeblog yang bisa Anda lakukan sesuai dengan tips dari Tips Rifqi Mulyawan. Ingat tujuan Anda untuk menuliskan blog, apakah sebagai bentuk dari hobi atau untuk mendapatkan uang dari monetisasi. Jika dilakukan dengan niat, setidaknya Anda akan mendapatkan motivasi untuk terus mengembangkan blog yang Anda kelola. Sehingga hasilnya akan sesuai dengan keinginan dan tujuan yang sudah Anda buat.