Macam-Macam Fungsi Microsoft Excel Beserta Kegunaannya

macam fungsi microsoft excel 772x312 » Macam-Macam Fungsi Microsoft Excel Beserta Kegunaannya

Microsoft Excel telah dilengkapi beragam fungsi yang dapat dioperasikan untuk bermacam-macam kegunaan, karena pada dasarnya software ini merupakan perangkat lunak pengolah data berupa angka. Dengan demikian, agar bisa menggunakan Excel, user terlebih dahulu harus memahami fungsi dan formula apa saja yang harus dipakai. Berikut beberapa kegunaan dari excel.

Ini 5 Fungsi Excel Beserta Kegunaannya

  1. Fungsi Logika

Fungsi logika yaitu suatu kumpulan fungsi yang berisikan perintah-perintah untuk melakukan pengoperasian data secara logika. Fungsi ini bertujuan membandingkan dua atau lebih statement yang tidak terbatas pada text, numerik, atau date/time. Fungsi ini juga dapat dipakai agar memudahkan pengolahan data yang membutuhkan pilihan logikal.

Contoh fungsi logika yang paling banyak dipakai misalnya IF yaitu untuk membandingkan satu kondisi dengan kondisi lain sesuai kriteria. Fungsi ini terbagi menjadi dua jenis, IF tunggal dan IF ganda. Rumusnya adalah =IF(ekspresi logika,nilai jika benar,jika jika salah). Sementara itu IF ganda melibatkan lebih dari satu perintah hingga maksimal 8 IF.

  1. Fungsi Aritmatika

Fungsi excel juga dapat digunakan untuk menjalankan perintah aritmatika berupa pengolahan data numerik/angka. Jadi, fungsi ini hanya akan bekerja jika data yang dimasukkan berupa angka. Apabila data yang diolah selain angka, maka hasilnya menjadi eror dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

macam fungsi microsoft excel » Macam-Macam Fungsi Microsoft Excel Beserta Kegunaannya

Ada beberapa contoh fungsi aritmatika yang biasanya dipakai, misalnya SUM untuk menghitung jumlah total nilai numerik. Lalu ada juga fungsi MOD yang digunakan untuk menghasilkan sisa dari hasil pembagian angka numerik pada data. Fungsi ROUND berguna membulatkan angka desimal berdasarkan jumlah digit tertentu yang diinginkan.

  1. Fungsi Statistik

Fungsi excel statistik dapat dioperasikan untuk mengolah data angka atau numerik dengan melibatkan perhitungan statistik sederhana. Perintah yang dapat digunakan untuk mengolah data statistik pada Excel seperti mencari nilai rata-rata, mencari nilai terbesar atau terkecil, mencari total cell yang mengandung bilangan sesuai kriteria, dan lain-lain.

Contoh fungsi statistik pada Excel meliputi AVERAGE yang dapat digunakan untuk menghitung rerata. Ada juga MIN yang berguna untuk mencari data dengan nilai terendah, sedangkan MX dipakai untuk mencari data dengan nilai tertinggi. Sementara itu fungsi COUNT dapat dioperasikan guna mencari total cell yang memuat bilangan, serupa dengan COUNTIF yang dapat dipakai untuk mencari total cell memuat bilangan dengan kriteria tertentu.

  1. Fungsi Teks

Excel ternyata juga bisa digunakan untuk mengolah data berupa teks atau string, meskipun hanya berlaku pada formula sederhana. Fungsi excel untuk pengolahan teks juga dapat dimanfaatkan untuk memanipulasi data teks dengan memasukkan perintah yang sesuai. Setidaknya 7 perintah dasar yang berkaitan dengan fungsi teks pada Excel.

Contoh fungsi teks misalnya LEFT untuk mengambil beberapa karakter dari posisi paling kiri. Kebalikannya, RIGHT berguna untuk mengambil sejumlah karakter dari posisi paling kanan pada sebuah cell. Ada juga fungsi MID untuk mengambil karakter dari posisi paling tengah. Fungsi LEN dapat menampilkan karakter atau huruf dari sebuah nilai/string.

  1. Fungsi Tabel

Excel juga dapat dioperasikan untuk pengolahan tabel. Perintah sederhana seperti penyajian tabel, pembacaan tabel, serta pencarian tabel dapat dilakukan pada Excel. Ada dua fungsi dasar pada penyajian tabel yang sering dipakai yaitu HLOOKUP untuk pembacaan tabel horizontal, dan VLOOKUP untuk pembacaan tabel vertikal.

Itulah beragam fungsi excel yang dapat dioperasikan pada perangkat lunak besutan Microsoft ini. fungsi di atas hanyalah dasar-dasar, karena seiring kebutuhan pengguna bisa dikembangkan menjadi lebih banyak fungsi dengan tingkat kerumitan tinggi. Dengan fungsi-fungsi tersebut, proses pengolahan data berupa angka pun menjadi lebih mudah asalkan pengguna menguasai basicnya.