Selain Buah Jeruk, 8 Makanan Ini Juga Kaya Akan Vitamin C

buah mengandung vitamin c 672x312 » Selain Buah Jeruk, 8 Makanan Ini Juga Kaya Akan Vitamin C

buah-buahan

Selain Buah Jeruk, Ini 8 Makanan yang juga Mengandung Vitamin C – Vitamin C merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh anda dimana digunakan untuk memetabolisme protein dan juga memiliki sifat antioksidatif, serta telah terbukti mampu menghentikan pertumbuhan radikal bebas penyebab kanker di tubuh anda. Selain itu, vitamin C juga telah dikenal mampu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh anda.

Vitamin C biasanya ditemukan di dalam buah-buahan dan sayuran, salah satu yang paling terkenal adalah buah jeruk. Perlu diingat juga bahwa akan lebih baik jika anda mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin C tersebut secara mentah, sehingga mampu memberikan manfaat terbaik bagi tubuh anda.

Nah, selain buah jeruk, terdapat pula beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin C yang harus anda dapatkan setiap hari, dan berikut adalah daftarnya.

buah mengandung vitamin c » Selain Buah Jeruk, 8 Makanan Ini Juga Kaya Akan Vitamin C

buah-buahan

Paprika

Paprika termasuk ke dalam sayuran yang mengandung kadar tinggi akan vitamin C dan sudah menjadi sayuran favorit bagi para vegetarian. Paprika juga mengandung berbagai macam manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung, mencegah katarak, hingga mengurangi resiko anda terkena penyakit jantung dan stroke.

Jambu Batu

Jambu batu merupakan jenis buah yang cukup terkenal di Indonesia karena kandungan vitamin C yang dimilikinya, dimana setiap 100 gramnya saja sudah mengandung sekitar 250 mg vitamin C yang bermanfaat untuk tubuh anda. Jambu batu juga kaya akan nutrisi penting lainnya seperti serat, asam folat, kalium, dan mangan.

Buah Kiwi

Buah kecil berwarna hijau ini bahkan memiliki lebih banyak vitamin C dari buah jeruk dan sudah dianggap sebagai gudangnya vitamin C. Sebanyak 2 buah kiwi berukuran sedang saja sudah mengandung sekitar 137,2 mg dari vitamin C. Buah yang berasal dari negara Selandia Baru ini juga kaya akan flavanoid dan tembaga, serta memiliki kalium sebanyak yang dimiliki oleh buah pisang.

Brokoli

Ketika anda memutuskan untuk mengubah pola makan dan pola hidup anda menjadi lebih sehat, maka brokoli bisa menjadi sayuran yang paling pertama yang harus anda pilih. Sayuran ini bisa dikonsumsi baik dimasak maupun secara mentah. Termasuk ke dalam jenis sayuran cruciferous, 100 gram dari sayur brokoli saja sudah dikemas dengan vitamin C sebanyak 132 mg, dipenuhi dengan serat, serta 30 kalori.

Stroberi

Buah stroberi merupakan jenis buah berry yang paling terkenal dan terlezat yang bisa anda temukan dengan mudah di Indonesia. Tapi selain rasanya yang manis dan lezat, buah merah ini juga kaya akan antioksidan, dimana sangat baik untuk kesehatan jantung dan mampu menjadikan kulit anda terlihat lebih cantik. 100 gram dari buah stroberi saja sudah mampu menyediakan setengah kebutuhan vitamin C harian anda. Stroberi juga kaya akan serat yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Sayuran Hijau

Semua jenis sayuran berdaun hijau seperti bayam tentu saja sangat kaya akan vitamin C. 100 gram dari sayur bayam saja sudah mengandung 120 mg vitamin C, sehingga sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Jadi, pastikan anda untuk selalu menyertakan sayuran hijau setiap kali anda makan.

Kembang Kol

Kembang kol bukanlah sayuran yang banyak disukai oleh banyak orang, padahal jika dikonsumsi mampu menyediakan vitamin C dan serat yang sangat baik untuk tubuh anda. Sayuran yang mirip dengan brokoli ini juga mengandung vitamin K dan folat yang sangat memadai.

Tomat

Mungkin tomat adalah jenis buah yang paling terkenal mengandung banyak vitamin C setelah buah jeruk. Buah yang seringkali disangka sebagai sayuran ini setiap 100 gram-nya mengandung hampir 100 mg dari vitamin C. Buah tomat sangat bermanfaat karena memiliki sifat anti-radang dan efek mendinginkan pada kulit anda.