5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Anda Terkena Kram Kaki

  • Whatsapp

Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kram Kaki – Kram kaki biasa terjadi kepada mereka yang tengah mengalami dehidrasi, kekurangan mineral, kehamilan, ataupun kelelahan. Selain dari penyebab-penyebab umum yang biasa dialami oleh olahragawan, atlet, atau bahkan seseorang dengan aktivitas yang sangat padat, kram kaki juga bisa dialami oleh segelintir orang yang tengah menderita penyakit tertentu.

Lebih tepatnya, penyakit-penyakit ini bisa menyebabkan anda terkena kram kaki yang terasa sangat menusuk dan berlangsung dalam kurun waktu yang lumayan lama. Lantas, apa sajakah penyakit yang dapat membuat anda mengalami kram kaki? Dimulai dari tiroid hingga penyakit jantung, berikut sudah kami paparkan 5 penyakit yang dapat menyebabkan anda terkena kram kaki.

Read More

Penyakit Arteri Perifer

Jika kram kaki anda terlihat sangat spontan dan tidak ada hubungannya dengan aktivitas atau kegiatan olahraga anda, maka bisa jadi anda tengah menderita penyakit berbahaya tertentu. Salah satunya adalah penyakit arteri perifer, yaitu sebuah kondisi dimana kolesterol menyumbat pembuluh darah di area kaki anda, sehingga mempengaruhi aliran darah anda yang sehat. Kondisi ini tentu akan menyebabkan anda terkena kram karena tidak ada pasokan darah yang cukup yang mengalir ke kaki anda.

Peyebab kram

Multiple Sclerosis

Kram kaki juga bisa menjadi salah satu gejala dari gangguan sistem saraf yang disebut dengan multiple sclerosis. Banyak para penderita penyakit ini cenderung mengalami spastisitas, yaitu sebuah kondisi dimana sekumpulan otot mengalami kontraksi secara terus menerus. Jika tidak diobati dengan segera, spastisitas bisa menyebabkan sendi anda menjadi beku.

Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan jenis arthritis yang paling umum dimana ditandai dengan sendi kaku dan terasa sakit. Tetapi beberapa orang yang menderita penyakit ini juga mengaku mengalami kejang otot dan kram kaki. Meskipun nampak seperti tidak berbahaya, tetapi kram kaki yang diakibatkan oleh osteoarthritis dapat menyebabkan saraf anda terjepit atau bahkan kerusakan saraf lainnya.

Neuropati Diabetes

Kadar gula darah yang terlalu tinggi pada penderita diabetes tipe-2 dapat menyebabkan kerusakan pada saraf di kaki, lengan, dan tangan. Kondisi ini dikenal dengan sebutan penyakit neuropati diabetes. Kerusakan saraf ini dapat menyebabkan anda mati rasa atau kesemutan, serta bisa menyebabkan otot berkedut dan kram kaki karena saraf di kaki anda tidak bekerja dengan baik.

Hipotiroidisme

Kondisi tiroid juga ternyata dapat menyebabkan anda terkena kram kaki. Seorang penderita hipotiroidisme cenderung memproduksi hormon tiroid yang terlalu sedikit, dan kekurangan tersebut dapat merusak saraf yang bertugas mengirim sinyal dari otak dan tulang belakang anda ke lengan dan kaki. Jadi, sama sekali tidak mengherankan jika seseorang yang memiliki gangguan tiroid cenderung mengalami kesemutan atau mati rasa di otot-otot mereka. Sementara beberapa orang lainnya kemungkinan akan mengalami kram di kaki.

Related posts