Kandungan Gizi dan Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

nutrisi dan manfaat yoghurt untuk kesehatan 1 645x312 » Kandungan Gizi dan Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Kandungan Gizi dan Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan – Yoghurt merupakan minuman yang nikmat jika dikonsumsi disiang hari dengan cuaca yang panas. Rasa asam apalagi jika di dinginkan terasa lumer di mulut.

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, susu yang di fermentasi kan ini ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat yang paling banyak diketahui orang dari mengkonsumsi yoghurt yaitu dapat menjaga kesehatan usus dan pencernaan.

Padahal masih banyak manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi susu fermentasi ini. Lalu apa saja manfaat dari yoghurt bagi kesehatan?

nutrisi dan manfaat yoghurt untuk kesehatan 1 » Kandungan Gizi dan Manfaat Yoghurt Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat yoghurt bagi kesehatan tubuh :

  1. Sarat Vitamin

Saat Anda ingin mengkonsumsi minuman segar, daripada mengkonsumsi minuman manis kaleng lainnya lebih baik mengkonsumsi yoghurt. Selain rasanya yang menyegarkan, yoghurt kaya akan kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan. Yoghurt mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh diantaranya Vitamin B5, B12, fosfor, kalium, yodium dan seng. Kandungan gizi tersebut menjadi asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Darah Tinggi

Berbagai makanan yang kita konsumsi setiap harinya tidak pernah lepas dari kandungan garam atau sodium. Tahukah Anda jika mengkonsumsi banyak garam dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti darah tinggi atau hipertensi bahkan ginjal. Salah satu untuk mencegah dan mengobati hipertensi yaitu dengan mengkonsumsi yoghurt. Kandungan kalium pada yoghurt dapat membantu mencegah hipertensi dengan membuang sodium dari dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Gigi

Salah satu kandungan gizi yang terdapat pada yoghurt yaitu kalsium. Kalsium yang terkandung dalam yoghurt baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah pada gigi. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah pada gigi seperti gigi berlubang, gusi bengkak, bisa mengkonsumsi yoghurt sebagai obat atau pencegah masalah gigi. Kandungan asam laktat pada yoghurt juga dapat melindungi gusi.

  1. Makanan berprotein tinggi

Untuk memenuhi kebutuhan protein pada tubuh, salah satu asupan makan yang harus dikonsumsi selain telur dan ikan yaitu yoghurt. Minuman dari susu fermentasi ini ternyata mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Membantu Pencernaan

Manfaat dari mengkonsumsi yoghurt  berikutnya yaitu membantu menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan prebiotik yang terdapat pada yoghurt berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikroflora di dalam usus. Kesehatan usus tetap terjaga serta sistem pencernaan pun lancar.

  1. Pencegahan Osteoporosis

Manfaat berikutnya dari  yoghurt yaitu dapat mencegah osteoporosis. Kandungan kalsium di dalam yoghurt selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi juga baik untuk kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang di dapat dari mengkonsumsi yoghurt dapat membantu membuat tulang lebih padat dan kuat sehingga tidak keropos.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yoghurt juga sangat baik untuk kecantikan salah satunya untuk kecantikan kulit. Tidak heran jika yoghurt ini sering kali digunakan sebagai salah satu obat alami untuk kecantikan kulit. Selain dengan cara dikonsumsi, yoghurt juga bisa dijadikan masker, scrub atau lulur. Kandungan zat yang terdapat pada yoghurt dapat membantu melembabkan kulit.

  1. Memerangi Jerawat

Manfaat dari mengkonsumsi yoghurt berikutnya yaitu selain baik untuk kecantikan kulit juga ternyata yoghurt baik untuk mengatasi jerawat.

Bagi Anda yang sedang pusing karena jerawat tak kunjung sembuh dan hilang, Anda bisa mencoba menggunakan yoghurt sebagai masker wajah. Kandungan zat asam pada yoghurt berfungsi untuk membantu menghancurkan dan mencegah berbagai kuman dan bakteri penyebab jerawat.

  1. Menyembuhkan Kulit Terbakar

Saat memasak khususnya menggoreng, kadang kala cipratan minyak panas terkena ke bagian tubuh. Cipratan tersebut akan menyebabkan luka bakar yang dapat meninggalkan noda hitam. Saat terkena luka bakar, salah satu bahan yang bisa digunakan sebagai obat untuk luka bakar yaitu yoghurt. Caranya yaitu dengan mengoleskan yoghurt yang sudah dicampur dengan minyak zaitun. Kandungan seng pada yoghurt dapat mengobati rasa sakit dan gatal pada bagian luka.

  1. Menyingkirkan Ketombe

Siapa sangka, yoghurt yang hanya dikenal sebagai minuman yang baik untuk kesehatan usus ternyata memiliki manfaat lain seperti mampu menyingkirkan ketombe.

Ketombe merupakan salah satu masalah yang harus ditangani secara serius. Selain dapat menyebabkan rasa tidak nyaman seperti gatal, rambut cepat bau dan tentunya dapat mengurangi rasa percaya diri.

Untuk menghilangkan ketombe, salah satu cara yang bisa Anda pakai yaitu dengan mengoleskan yoghurt pada bagian kulit kepala dan membilas nya dengan air hangat.

Kandungan zat yang terdapat pada yoghurt selain dapat membuat kulit kepala menjadi sehat dan lembab juga mampu membunuh bakteri pada kulit kepala yang memicu rasa gatal.

  1. Mengatasi Rambut Rontok

Selain dapat menjadi obat untuk menghilangkan ketombe, yoghurt juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan rambut yakni dapat mengatasi rambut yang rontok. Untuk cara penggunaannya bisa dilakukan sama hal nya seperti diatas.