Cara Mempercepat Kinerja Laptop dari Segi Sistem Sampai Perangkat Kerasnya

Trik Mempercepat Kinerja Laptop dari Segi Sistem Sampai Perangkat Kerasnya 772x312 » Cara Mempercepat Kinerja Laptop dari Segi Sistem Sampai Perangkat Kerasnya

Laptop sebaik apapun lama kelamaan pasti akan terasa lambat kinerjanya. Hal ini sangat wajar mengingat adanya penurunan fungsi baik dari sistem dan juga dari perangkat kerasnya. Penurunan kinerja laptop ini sebenarnya sangat mengganggu, terutama jika anda dituntut bekerja secara cepat. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang memilih membeli laptop baru ketika laptop lamanya mulai terasa lambat kinerjanya.

Padahal sebenarnya masih ada banyak sekali cara mempercepat kinerja laptop lama dari segi sistem sampai perangkat kerasnya. Jika anda mengetahui bagaimana cara meningkatkan kinerja laptop dari segi kecepatan, jelas anda tidak perlu menghabiskan uang untuk membeli laptop baru bukan?

Anda ingin mengetahui bagaimana tips mempercepat performance laptop lama baik dari segi sistem sampai pada perangkat kerasnya? Jika anda ingin mengetahuinya, anda bisa baca penjelasan selengkapnya di artikel ini.

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Laptop dari Segi Sistemnya

Kinerja laptop memang dipengaruhi dari sistem yang digunakan dan juga perangkat kerasnya. Sistem merupakan hal pertama yang perlu anda perhatikan jika ingin mempercepat kinerja laptop.

Trik Mempercepat Kinerja Laptop dari Segi Sistem Sampai Perangkat Kerasnya » Cara Mempercepat Kinerja Laptop dari Segi Sistem Sampai Perangkat Kerasnya

Kenapa? Karena mayoritas laptop yang terasa menurun kinerjanya sebenarnya dikarenakan sistem operasinya mengalami kerusakan. Berikut ini adalah beberapa trik mempercepat kinerja laptop dari segi sistem operasinya:

  • Mengurangi proses start up laptop anda

Tips mempercepat kinerja laptop dari segi sistem yang pertama adalah dengan mengurangi proses start up. Dengan berkurangnya proses start up, secara otomatis booting laptop anda akan terasa lebih cepat dari sebelumnya.

Untuk mengurangi proses start up laptop, anda hanya perlu mengetikkan “msconfig” (tanpa tanda petik) pada kolom run.

Setelah itu, pilih kolom start up. Non aktifkan beberapa proses start up yang tidak terlalu berguna. Jika anda sudah selesai menentukan mana saja program-program yang diperlukan, selanjutnya anda hanya perlu menyimpan pengaturan tersebut dan melakukan restart.

  • Melakukan defragment pada penyimpanan data

Sistem operasi Windows terkadang juga bisa menjadi semakin lambat karena penyimpanan data mengalami fragmented. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa melakukan defragment khususnya pada partisi dimana sistem Windows anda berada secara berkala.

Defragment yang dilakukan secara berkala sedikit banyak dapat meningkatkan kinerja laptop anda.

  • Menghapus cache yang menumpuk di dalam laptop

Secara tidak anda sadari, sebenarnya di dalam laptop maupun komputer anda terdapat banyak sekali file yang menumpuk diluar file data anda dan juga sistem.

File tersebut adalah file cache. Cache adalah file yang didapatkan dari penelusuran internet, dan berbagai macam software yang anda gunakan.

Menghapus cache secara berkala juga merupakan salah satu cara mempercepat kinerja laptop. Anda bisa menggunakan software khusus seperti CCleaner untuk membersihkan file-file cache yang menumpuk di dalam laptop anda.

  • Melakukan install ulang sistem operasi

Tips mempercepat kinerja laptop dari segi sistem yang paling akhir adalah melakukan install ulang sistem operasi. Cara ini paling ampuh dikarenakan semua sistem operasi anda diperbarui sehingga kinerjanyapun akan terasa seperti laptop baru.

Cara Mudah Mempercepat Kinerja Laptop dari Segi Perangkat Kerasnya

Cara mempercepat kinerja laptop selain dari sistemnya adalah dari perangkat kerasnya. Ada beberapa jenis perangkat keras laptop yang bisa diganti untuk mempercepat kinerjanya.

Berikut ini adalah beberapa cara mempercepat kinerja laptop dari segi perangkat kerasnya:

  • Mengganti HDD laptop menjadi SSD

Cara mempercepat kinerja laptop dari segi perangkat kerasnya yang pertama adalah dengan mengganti HDD menjadi SSD.

SSD memang merupakan teknologi penyimpanan data paling baru. SSD dinyatakan memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan HDD. Salah satu kelebihan dari SSD adalah proses baca tulisnya yang jauh lebih cepat dari HDD.

Oleh sebab itu, jika anda ingin meningkatkan kinerja laptop, sebaiknya ganti perangkat penyimpanan datanya menjadi SSD.

  • Menambah kapasitas RAM

Selain mengganti HDD menjadi SSD, tips mempercepat kinerja laptop dari segi perangkat kerasnya yang kedua adalah dengan cara menambah kapasitas RAM.

Mayoritas laptop kelas entry dan mid level memiliki RAM berkapasitas 2 GB sampai 4 GB. Jika anda ingin meningkatkan kinerja laptop anda, tingkatkan kapasitas RAM tersebut menjadi 4 GB bagi laptop yang bawaan RAM hanya 2 GB. Tingkatkan menjadi 8 GB bagi laptop yang bawaan RAMnya hanya 4 GB.

Laptop yang memiliki kapasitas RAM lebih besar akan jauh lebih cepat ketika digunakan untuk melakukan multi tasking.

Jadi anda sudah paham bukan bahwa untuk mengatasi laptop yang mulai menurun kinerjanya tidak harus dengan membeli laptop baru? Masih ada banyak cara mempercepat kinerja laptop lama yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli laptop baru.