Ketahui Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

manfaat dan faedah daun pepaya bagi tubuh 642x312 » Ketahui Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan – Tidak hanya buahnya yang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan,daun pepaya juga ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya sering dijadikan sayuran untuk lauk makan,meskipun sedikit memiliki rasa pahit namun tetap nikmat jika diolah dengan benar. Daun pepaya juga sering dijadikan ramuan atau obat alami untuk mengobati berbagai penyakit. Tidak banyak yang tahu mengenai berbagai kandungan gizi yang terdapat pada daun pepaya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Berikut ini beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh Anda.

  1. Menyembuhkan Demam Berdarah

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat menyembuhkan demam berdarah. Demam berdarah merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aides Aigepty. Penyakit yang satu ini sangat berbahaya dan beresiko pada kematian. Salah satu obat alami untuk mengobati demam berdarah yaitu dengan mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari daun pepaya. Caranya yaitu dengan minum air rebusan daun pepaya yang sudah disaring sebelumnya.

  1. Meredakan Sakit Menstruasi

Saat masa menstruasi, biasanya wanita mengalami rasa sakit pada bagian perut atau rahim. Saat menstruasi bahkan ada yang sampai pingsan karena tidak bisa menahan rasa sakit. Salah satu cara untuk menangani rasa sakit saat menstruasi yaitu dengan minum ramuan yang terbuat dari daun pepaya. Caranya yaitu dengan minum air rebusan daun pepaya yang sudah dicampurkan dengan garam serta asam jawa.

  1. Mengobati Hipertensi

Selain dapat meredakan sakit saat menstruasi, manfaat daun pepaya untuk kesehatan yaitu dapat mengobati hipertensi. Hipertensi merupakan penyakit yang terjadi karena tekanan darah yang tinggi pada tubuh. Cara mengobati hipertensi dengan daun pepaya yaitu dengan merebus daun pepaya, lalu minum air rebusan daun pepaya itu dengan menambahkan madu.

  1. Mengatasi Kurang Gizi

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi kurang gizi. Kandungan gizi dan vitamin yang terdapat pada daun pepaya menjadikan daun pepaya baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi kurang gizi. Cara mengatasi kurang gizi dengan daun pepaya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun pepaya.

manfaat dan faedah daun pepaya bagi tubuh » Ketahui Manfaat Daun Pepaya bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

  1. Membunuh Bakteri

Bakteri merupakan salah satu penyebab tubuh terserang berbagai penyakit sehingga bakteri dalam tubuh ini harus dibunuh dan dibersihkan. Salah satu cara membersihkan dan membunuh bakteri yang terdapat pada tubuh khususnya sistem pencernan yaitu dengan mnegkonsumsi daun pepaya. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun pepaya.

  1. Membunuh Sel Kanker

Selain dapat membunuh bakteri yang terdapat pada sistem pencernaan, air rebusan dari daun pepaya ini bermanfaat baik untuk membunuh sel kanker. Senyawa acetogenin yang terdapat pada daun pepaya berfungsi untuk membunuh senyawa pembentuk sel kanker atau penyebab kanker.

  1. Menambah Nafsu Makan

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat menambah nafsu makan. Jika anggota keluarga Anda atau si kecil mengalami susah makan, cara meningkatkan nafsu makan bisa dilakuan dengan memberikan air rebusan daun pepaya sebagai obat alami untuk meningkatkan nafsu makan.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Banyak sekali manfaat daripada daun pepaya untuk kesehatan, salah satunya yaitu dapat meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Kandungan Vitamin C yang cukup tinggi pada daun pepaya berkhasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit.

  1. Menyembuhkan Malaria

Selain dapat mengobati demam berdarah, ternyata daun pepaya juga bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit malaria. Salah satu jenis penyakit yang juga disebabkan oleh nyamuk ini bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi daun pepaya yang sudah direbus atau pun air rebusan daun pepaya. Kandungan zat papain yang terdapat pada daun pepaya berfungsi untuk meningkatkan trombosit di dalam tubuh.

  1. Mengatasi Keputihan

Keputihan merupakan salah satu penyakit reproduksi. Jika tidak ditangani secara serius, keputihan akan meningkat ke fase yang lebih serius dengan ditandai keputih dengan warna yang hijau, berbau dan gatal. Salah satu cara mengatasi keputihan secara alami yaitu dengan mengkonsumsi daun pepaya yang diolah dengan cara direbus dan ditambahkan dengan rempah-rempah lain seperti alang-alang dan pulosari.

  1. Melancarkan Pencernaan

Salah satu kandungan daun pepaya yaitu terdapat serat yang cukup tinggi yang baik utnuk kesehatan sistem pencernaan. Jika Anda mengalami masalah dalam pencernaan, Anda bisa mengkonsumsi daun pepaya yang sudah direbus atau minum air rebusan daun pepaya. Dengan begitu kesehatan sistem pencernaan Anda terjaga dan dapat mencegah berbagai penyakit pencernaan seperti sembelit dan susah BAB.

  1. Menyembuhkan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang terjadi selain akibat penyumbatan minyat dan kotoran di dalam pori-pori kulit juga terjadi karena kuman dan bakteri. Jerawat sangat mengganggu penampilan terlebih jika jerawat tersebut terdapat pada wajah. Salah satu cara menyembuhkan jerawat yaitu dengan mencuci atau membersihkan muka dengan menggunakan air rebusan daun pepaya.