Kandungan Gizi dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

kandungan nutrisi dan manfaat kangkung bagi kesehatan 645x312 » Kandungan Gizi dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh – Setelah sebelumnya kita membahas manfaat tauge bagi kesehatan tubuh, kini kita akan membahas mengenai manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh. Kangkung merupakan salah satu  sayuran hijau yang cukup banyak digemari orang. Sayuran hijau yang satu ini sering diolah menjadi beberapa jenis makanan seperti tumis kangkung, pecak kangkung, urap-urap bahkan merupakan bahan dasar dari salah satu makanan khas Indramayu yaitu rumbah.

Tidak hanya memiliki rasa yang nikmat, kangkung juga ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup banyak yang baik untuk kesehata tubuh. Lalu, apa saja manfaat kangkung bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan.

  1. Mengandung Zat Besi

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu kangkung memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi ini bermanfaat untuk membantu memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Dimana hemoglobin ini sangat penting untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

kandungan nutrisi dan manfaat kangkung bagi kesehatan » Kandungan Gizi dan Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

Selain bermanfaat untuk mengangkut oksigen di dalam tubuh, kandungan zat besi yang terkandung di dalam kangkung juga bermanfaat baik sebagai obat alami bagi mereka yang sedang mengalami anemia.

  1. Memiliki Kandungan Protein

Selain mengandung zat besi, kangkung juga memiliki kandungan protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang telah kita ketahui, kandungan zat protein sangat penting bagi kesehatan tubuh khususnya baik untuk kesehatan tulang, gigi dan otak. Dengan mengkonsumsi kangkung, kandungan proteinnya sangat bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi serta untuk kesehatan otak Anda.

  1. Vitamin C

Manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun Anda. Kandungan vitamin C yang terdapat pada kangkung bermanfaat untuk mengobati sariawan serta mencegah dan membunuh kuman, bakteri serta virus yang menjadi penyebab penyakit. Sistem imun meningkat sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Sumber Energi

Tubuh membutuhkan asupan gizi yang kemudian diolah menjadi energi sehingga tubuh tetap kuat dalam menjalankan berbagai aktivitas. Salah satu kandungan kangkung yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu kangkung mengandung lemak dimana lemak ini menjadi salah satu zat yang dapat diolah menjadi energi bagi tubuh.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Selain baik dikonsumsi sebagai  obat alami untuk mengatasi anemia, manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu baik untuk menjaga kesehatan mata. Untuk menjaga kesehatan mata, tentunya tubuh membutuhkan asupan makanan yang mengandung Vitamin A. Kangkung merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan Vitamin A yang cukup baik untuk meningkatkan fungsi penglihatan Anda. Dengan mengkonsumsi kangkung dapat mencegah berbagai masalah yang menyerang kesehatan mata seperti rabun.

  1. Mengandung Karbohidrat

Selain mengandung lemak yang aman bagi tubuh sebagai sumber energi, Kangkung juga mengandung karbohidrat yang baik dikonsumsi sebagai sumber energi bagi tubuh.Kandungan karbohidrat yang terdapat pada kangkung selain berfungsi sebagai cadangan energi dalam tubuh, karbohidrat juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan tubuh lainnya seperti mampu menjaga metabolisme pada tubuh, serta mencegah penyakit hipoglekimia dimana penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi akibat tubuh kekurangan karbohidrat.

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat dari mengkonsumsi kangkung bagi kesehatan tubuh yaitu mampu mencegah penyakit osteoporosis. Kandungan fosfor yang terdapat pada kangkung berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tulang, tulang menjadi lebih padat dan sehat sehingga tidak mudah keropos dan baik untuk mencegah penyakit osteoporosis. Tidak hanya baik untuk kesehatan tulang, kandungan fosfor pada kangkung juga bermanfaat baik untuk kesehatan otak.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Menjaga kesehatan sistem pencernaan pada tubuh sangatlah penting. Dimana dengan sistem pencernaan yang sehat tentunya proses pencernaan akan lancar dan tidak mengalami gangguan apapun.  Kangkung merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi pada sayur kangkung bermanfaat baik untuk melancarkan proses pencernaan sehingga dapat mencegah sembelit dan susah buang air besar. Tidak hanya itu, kandungan serat yang cukup tinggi menjadikan sayur kangkung ini aman dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet dan ingin menurunkan berat badan.

  1. Mengobati Insomnia

Banyak yang mengatakan bahwa setelah mengkonsumsi kangkung dapat menyebabkan mata menjadi ngantuk dan ingin tidur. Ternyata sayur kangkung memang baik dikonsumsi bagi Anda yang susah tidur atau  sering mengalami insomnia. Kandungan zat yang terdapat pada kangkung dapat membuat Anda cepat mengantuk sehingga tidak lagi mengalami susah tidur.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat sayur kangkung bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu dengan mengkonsumsi sayur kangkung dapat mencegah penuaan dini. Kandungan Vitamin B1 pada kangkung berfungsi untuk mencegah penuaan bahkan baik untuk kesehatan tubuh lainnya seperti dapat mencegah katarak, baik untuk kesehatan otak serta membantu membentuk sel darah merah pada tubuh sehingga dapat mencegah anemia.

  1. Mengurangi Nyeri Haid

Anda sering mengalami rasa nyeri saat haid? Kangkung merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri saat masa haid. Cara mengkonsumsi kangkung sebagai obat alami untuk mengobati nyeri haid tentunya tidak dimasak seperti masakan biasa melainkan dengan membuat ramuan. Cara mengobati nyeri haid dengan kangkung yaitu dengan meminum air perasan kangkung yang sudah ditumbuk dan dihaluskan dan dicampurkan dengan madu.