Cara Gampang Install Ulang Laptop Tanpa CD ROM Bawaan

Cara Mudah Install Ulang Laptop Tanpa CD ROM Bawaan 550 Kata 772x312 » Cara Gampang Install Ulang Laptop Tanpa CD ROM Bawaan

Cara Mudah Install Ulang Laptop Tanpa CD ROM Bawaan – Laptop yang tidak dibekali dengan CD ROM memang harganya jauh lebih murah. CD ROM di zaman sekarang memang sudah tidak begitu digunakan. Oleh sebab itu, banyak vendor yang menghilangkan CD ROM dari produk laptopnya.

Sayangnya, meskipun tidak terlalu dibutuhkan lagi, CD ROM masih menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah laptop. Pasalnya, laptop yang tidak dilengkapi dengan ROM jelas akan menyulitkan ketika anda perlu melakukan install ulang Windows.

Lalu bagaimana jika anda sudah terlanjur membeli laptop yang tidak dilengkapi dengan ROM dan anda harus melakukan install ulang? Untungnya ada beberapa cara install ulang laptop tanpa CD ROM yang bisa anda gunakan.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana cara install ulang laptop tanpa CD ROM, anda bisa mempelajari cara selengkapnya di artikel ini.

Cara Mudah Install Ulang Laptop Tanpa CD ROM Bawaan 550 Kata » Cara Gampang Install Ulang Laptop Tanpa CD ROM Bawaan

2 Macam Cara Mudah Untuk Install Ulang Laptop Tanpa CD ROM

Bagi anda yang sudah terlanjur membeli laptop yang tidak dilengkapi dengan ROM bawaan, anda tidak perlu khawatir ketika akan melakukan install ulang sistem operasinya.

Kenapa? Karena sebenarnya masih ada cara install ulang laptop tanpa CD ROM. Namun demikian, prosesnya memang sedikit lebih rumit dibandingkan jika laptop anda dibekali dengan ROM.

Berikut ini adalah 2 cara install ulang laptop tanpa CD ROM yang bisa anda praktekkan sekarang juga:

  1. Install ulang menggunakan flashdisk

Cara install ulang laptop tanpa CD ROM yang pertama adalah dengan menggunakan flashdisk. Flashdisk digunakan sebagai media untuk menyimpan file Windows yang akan anda install di dalam hard disk laptop.

Cara melakukan install ulang Windows menggunakan flashdisk ini sangat mudah. Yang perlu anda lakukan adalah memasukkan file Windows kedalam flashdisk dengan menggunakan software khusus seperti Rufus.

Pastikan juga file Windows yang anda masukkan kedalam flashdisk tersebut berformat ISO sehingga sistem bootable Windows bisa berjalan normal.

Namun demikian, cara install ulang laptop tanpa CD ROM pertama ini sayangnya tidak bisa digunakan di laptop-laptop seri lama. Kenapa? Karena mayoritas laptop seri lama masih menggunakan motherboard yang belum mendukung penggunaan USB ketika belum masuk kedalam sistem operasi.

Oleh sebab itu, laptop-laptop seri lama tidak akan bisa mendeteksi USB flashdisk ketika anda masuk kedalam pengaturan bios.

Untuk anda yang memiliki laptop seri lama, anda bisa menggunakan cara install ulang laptop tanpa CD ROM kedua.

  1. Install ulang menggunakan kabel konverter dan ROM

Bagi anda yang memiliki laptop seri lama, anda memang tidak bisa menggunakan cara install ulang laptop tanpa CD ROM pertama karena keterbatasan teknologi motherboard laptop anda.

Namun demikian, anda masih bisa melakukan install ulang sistem operasi meskipun laptop anda tidak dibekali dengan ROM bawaan.

Sayangnya, anda harus memiliki ROM dan juga kabel konverter untuk bisa melakukan cara install ulang laptop tanpa CD ROM kedua ini.

Anda bisa menggunakan ROM yang digunakan PC untuk install ulang sistem operasi di laptop yang tidak dilengkapi dengan ROM bawaan. Caranya adalah dengan menghubungkan ROM PC tersebut dengan laptop menggunakan kabel konverter IDE/SATA to USB.

Proses instalasi Windows dengan menggunakan cara kedua ini sebenarnya sangat mirip cara install ulang Windows pada umumnya, hanya saja ROM yang digunakan terpisah dari laptop.

Jadi sudah paham bukan bahwa sebenarnya masih ada cara untuk melakukan install ulang Windows pada laptop yang tidak dibekali dengan ROM? Jika nanti sistem operasi Windows anda mengalami kerusakan dan laptop anda sama sekali tidak memiliki ROM bawaan, anda bisa mencoba salah satu dari 2 cara install ulang laptop tanpa CD ROM yang sudah dijelaskan di artikel ini.