Tempat Wisata Hits di Pulau Madura yang Wajib Anda Kunjungi

  • Whatsapp

Tempat Wisata Hits di Madura yang Wajib Anda Kunjungi – Tidak hanya terkenal dengan produksi garam dan sajian satenya, Madura juga terkenal akan tempat wisatanya yang menarik untuk dijadikan destinasi liburan. Dahulu akses menuju Pulau Madura dari Surabaya harus menggunakan transportasi laut. Namun sejak dibangunnya jembatan Suramadu, kini wisatawan menjadi lebih mudah untuk menyeberang ke empat kabupaten (Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep) yang terpisahkan oleh selat milik Jawa Timur ini. Sejak saat itu pula, Madura semakin banyak dikenal luas. Berikut ini beberapa tempat wisata hits di madura yang telah menyiapkan diri menanti-nanti kedatangan Anda.

  1. Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu)

Sejak resmi difungsikan pada tanggal 10 Juni 2009 lalu, jembatan sepanjang 5.438 meter yang melintasi selat Madura ini langsung menarik banyak perhatian wisatawan. Suramadu yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia ini selain memudahkan akses transportasi juga menyelipkan keindahan di dalamnya. Anda yang hobi fotografi, menyempatkan mengambil foto di tempat ini (terlebih di malam hari) mampu mengobati rasa haus Anda dengan foto-foto keren.

Read More

  1. Keraton Sumenep

Keraton Sumenep atau biasa disebut Karaton Pajagalan dibangun pada tahun 1762. Bangunan Keraton ini merupakan satu-satunya yang ada di Jawa Timur. Pada dasarnya keraton Sumenep sama halnya dengan keraton-keraton pada umumnya, hanya saja keraton di sini sudah tidak lagi difungsikan sebagaimana mulanya. Namun beberapa peninggalan keraton Sumenep ini masih digunakan dalam perayaan hari jadi kota Sumenep, seperti kereta kencana.

Ada tiga area menarik di dalam keraton Sumenep yang banyak dikunjungi wisatawan, yaitu Induk Keraton, Museum dan Taman Sari (Pemandian Puteri Raja).

  1. Wisata Budaya karapan Sapi

Tidak hanya hits, wisata budaya karapan sapi juga menjadi wisata andalan di Madura. Jenis wisata ini memang sengaja dibuat guna menarik minat wisatawan lokal atau asing untuk datang ke Madura. Karapan sapi merupakan acara ataupun perlombaan yang mengandalkan kecepatan sapi dalam berlari. Acara ini selalu di gelar di Madura setiap tahunnya, tingkatan lomba ini mulai dari tingkatan terkecil seperti tingkat kecamatan dan seterusnya.

  1. Air Terjun Kokop

Air terjun Kokop menjadi destinasi wisata hits di Madura selanjutnya yang menarik untuk Anda kunjungi. Wisata alam satu ini bisa Anda jumpai di Desa Durjan, Kecamatan Kokop, Kabupaten Bangkalan, Madura. Atau berjarak kurang lebih hanya 60 km dari pusat kota Madura.

Keindahan air terjun Kokop tidak kalah menawan dari air terjun Bungliyas maupun air terjun Toroan yang lebih dahulu terkenal di kabupaten Pamekasan Madura.

  1. Bukit Jaddih

Sebenarnya lokasi Bukit jaddih ini adalah tempat penambangan kapur dulunya, namun karena aktivitas penambangan sudah tidak lagi berjalan, maka lokasi kini dialih fungsikan menjadi tempat wisata. Keindahan yang akan memanjakan Anda saat berwisata di sana berasal dari gua-gua kecil hasil pahatan penambang dan danau-danau biru yang serupa dengan kolam renang buatan.

 

Itulah tadi beberapa tempat wisata hits di Madura yang wajib Anda kunjungi. Silahkan tentukan objek wisata mana yang menjadi persinggahan pertama Anda saat berwisata ke Madura.

Related posts