Cara Memilih Cream Pemutih Wajah yang Bagus dan Aman

  • Whatsapp

Memiliki wajah putih dan cerah tanpa noda merupakan dambaan dan impian bagi para kaum hawa. Dengan kulit wajah yang putih dan cerah dianggap dapat menambah rasa percaya diri pada seorang wanita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memutihkan wajah mulai dari cara yang alami hingga cara yang instan. Cara alami sebenarnya lebih dianjurkan karena tidak memiliki efek samping dan wajah akan terhindar dari kerusakan. Namun, kebanyakan orang ingin mendapatkan kulit yang putih dengan cepat sehingga mereka memilih cara yang instan misalnya saja menggunakan cream pemutih wajah, suntik injeksi pemutih, perawatan dan sebagainya yang dapat memutihkan wajah secara instan dan cepat.

Kebanyakan orang akan memilih menggunakan cream pemutih wajah, memang penggunaan cream pemutih tidak ada salahnya untuk dicoba dengan konsekuensi efek samping yang mungkin akan terjadi pada kulit wajah anda jika anda tidak cocok menggunakannya. Untuk mengatasi masalah itu, anda harus mengenal jenis kulit wajah anda, jangan sampai anda salah pilih cream putih. Pada saat ini banyak sekali beredar cream pemutih yang mengandung zat kimia berbahaya bagi kulit anda, cream yang memiliki bahan kimia biasanya dibanderol dengan harga yang sangat murah, oleh karena itu jangan terlalu tergiur dengan produk pemutih wajah dengan harga murah dan hasil yang sangat cepat. Untuk itu anda harus jeli dalam memilih cream pemutih wajah yang bagus dan aman bagi kulit anda.

Read More

Ciri-ciri produk pemutih wajah yang bagus dan Aman

Produk pemutih yang bagus dan aman akan memiliki ciri-ciri seperti berikut ini:

  1. Memiliki kandungan bahan yang aman

Pilih produk pemutih yang mengandung vitamin E karena vitamin E dapat melindungi kulit wajah anda dari paparan radikal bebas. Mengandung vitamin B3 yang dapat mencerahkan kulit wajah anda dan dapat memperlambat proses penuaan pada kulit, serta mengandung arbutin yang terbuat dari bahan alami seperti daun cranberry, mulberry dan jenis berry yang lalin. Selain dapat mencerahkan kulit, arbutin juga memiliki manfaat menghambat produksi melanin atau zat warna kulit.

  1. Tidak mengandung zat kimia yang berbahaya

Bahan kimia yang biasanya sering digunakan oleh cream pemutih yang murah dan menjanjikan kulit putih dengan sangat cepat adalah zat merkuri. Hasil dari cream pemutih yang berbahan merkuri memang sangat memuaskan karena terbukti dapat memutihkan wajah dengan sangat cepat, bukan hanya hasilnya yang sangat menggiurkan bahaya yang dikandung oleh merkuri juga sangat mengerikan.

Pemakaian merkuri secara terus menerus dapat membahayakan kesehatan kita karena zat akan masuk ke pembuluh darah dan terakumulasi dalam ginjal sehingga dapat berpotensi menimbulkan penyakit dalam tubuh. Merkuri memang memutihkan wajah dengan sangat cepat pada awalnya, namun efek samping yang didapatkan diakhir-akhir malah akan membuat wajah anda menghitam dan bahkan rusak akibat jerawat.

  1. Tidak mengandung zat hydroquinone yang tinggi

Selain merkuri, zat yang juga sering digunakan oleh cream pemutih wajah adalah zat hydroquinone yang berfungsi untuk menghambat produksi melanin. Reaksi zat kimia ini dianggap sangat kuat sehingga sangat berbahaya bagi kulit wajah yaitu dapat menyebabkan kanker kulit jika digunakan dalam jangka panjang.

  1. Cream pemutih memiliki izin resmi pemerintah

Cream pemutih yang aman biasanya sudah memiliki izin resmi dari pemerintah yang dilakukan melalui serangkaian pengujian dan pembuktian bahwa kandungan yang ada didalamnya aman bagi kulit wajah anda.

Itulah beberapa ciri-ciri cream pemutih wajah yang aman dan bagus. Lalu pertanyaannya adalah  bagaimana kita tahu bahwa produk tersebut memiliki ciri-ciri seperti yang sudah dijelaskan diatas?

Tips memilih cream pemutih yang bagus dan aman

Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan pedoman untuk anda dalam memilih cream pemutih yang aman dan bagus untuk wajah anda:

  1. Lihat komposisi bahannya

Untuk mengetahui cream pemutih tersebut berbahaya atau tidak anda dapat melihat komposisi yang ada dikemasan cream pemutih wajah tersebut, dari situ anda akan tahu bahan-bahan apa saja yang digunakan. Zat kimia memang sering digunakan sebagai campuran cream pemutih wajah, namun jik kadarnya tidak sesuai porsi bisa membahayakan kulit wajah dan kesehatan anda.

  1. Lihat perizinannya

Cream pemutih yang bagus dan aman biasanya sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Pada saat ini banyak produk ilegal yang berasal dari dalam maupun luar negeri yang tidak memiliki izin edar dari BPOM. Biasanya izin BPOM dicantumkan dalam kemasan produk, anda juga dapat mengeceknya di website resmi BPOM dengan memasukkan kata kunci produk dalam kolom pencarian, anda sudah dapat mengetahui apakah produk tersebut telah lulus sertifikasi atau tidak. Jika produk lulus sertifikasi maka nama dan detail produk akan muncul di halaman web BPOM, jika tidak muncul makan produk tersebut masih dalam proses atau bahkan tidak lulus pengujian secara klinis.

  1. Sentuh dan perhatikan aromanya

Cara selanjutnya yang dapat anda lakukan adalah dengan berinteraksi langsung dengan cream pemutih yang akan anda beli. Biasanya cream pemutih yang mengandung bahan kimia berbahaya akan lengket jika dipegang, cream tersebut juga mengeluarkan bau yang sangat wangi yang jika lama-kelamaan akan membuat anda merasa eneg. Dari segi warna cream yang berbahaya tidak akan tercampur secara merata. Jika terdapat ciri-ciri tersebut sebaiknya anda mengurungkan niat untuk membelinya.

  1. Cek harganya

Banyak wanita yang tergiur dengan produk pemutih wajah yang menawarkan harga sangat murah apalagi jika cream tersebut dapat memutihkan wajah dengan sangat cepat. namun, anda harus berhati-hati karena bisa saja cream pemutih wajah yang murah tersebut dapat membahayakan kesehatan anda akibat adanya bahan kimia yang berbahaya. Saran Kami, lebih baik anda memilih cream pemutih wajah yang mahal namun kesehatan anda tetap terjaga.

  1. Pilih cream pemutih wajah yang sesuai dengan jenis kulit

Sebelum anda memilih cream pemutih wajah yang anda rasa aman untuk anda gunakan, sebaiknya anda harus lebih dulu mengenal jenis kulit yang anda punya. Terkadang dalam beberapa kasus, cream pemutih sangat baik dan berkualitas namun sayangnya krim tersebut tidak cocok dengan kulit wajah anda sehingga dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat misalnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda harus perhatikan dulu cream pemutih yang anda pilih cocok dengan jenis kulit wajah ada supaya tetap aman dari gangguan kulit seperti komedo, jerawat, dan gangguan kulit lainnya. jika anda mendatangi klinik kecantikan sebelum membeli produk atau cream pemutih wajah, anda akan diperiksa terlebih dahulu jenis kulitnya. Lalu mereka akan merekomendasikan cream yang cocok sesuai dengan jenis kulit wajah anda karena jenis kulit yang berminyak, berjerawat dan kering biasanya memiliki komposisi bahan cream pemutih yang berbeda.

 

Itulah beberapa tips atau cara yang dapat anda terapkan saat anda memilih cream pemutih wajah yang bagus agar tetap aman untuk kesehatan anda. Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.

Related posts