Suka mengkonsumsi Salad? Dapatkan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh Kita

  • Whatsapp

Manfaat Salad Bagi Kesehatan Tubuh – Salad merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Bagi vegetarian, salad juga menjadi asupan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Terdapat beberapa jenis salad yakni salad sayur, salad buah bahkan perpaduan antara keduanya.

Salad ini biasanya dibuat dengan mencampurkan daun salad dengan beberapa sayuran lainnya seperti wortel, tomat, brokoli dan sayuran lainnya dengan mayones dan minyak zaitun. Begitupun dengan salad buah, hanya saja jika salad buah tentunya menggunakan buah bukan sayur. Untuk bahan bahan lainnya hampir sama saja seperti salah sayur.

Read More

Lalu apa saja sih manfaat salad bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat salad bagi kesehatan tubuh kita.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat salad bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu salad baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Itu sebabnya mengapa salad menjadi menu utama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan mereka. Berbagai sayuran yang terdapat pada salad sayur berfungsi untuk mengontrol kadar kolesterol pada tubuh serta mampu menurunkan kolesterol jahat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Mencegah kanker

Manfaat berikutnya dari salad bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah kanker. Kandungan vitamin, gizi dan mineral pada sayuran yang terdapat pada salad sayur bermanfaat baik untuk mencegah berbagai penyakit termasuk salah satunya yaitu mencegah pertumbuhan senyawa penyebab kanker dalam tubuh.

  1. Mencegah berbagai penyakit berbahaya

Selain dapat mencegah penyakit kanker, manfaat salad bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu mampu mencegah berbagai penyakit yang memiliki resiko tinggi atau berbahaya. Salad merupakan salah satu makanan yang sangat sehat dimana dalam salad menggunakan berbgai sayuran dan buah yang kaya akan kandungan nutrisi dan gizi yang mampu mencegah berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, alzheimer dan stroke.

  1. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan yang tinggi pada salad berfungsi penting dalam mencegah penuaan dini pada tubuh. Kulit menjadi lebih sehat, segar dan tampak lebih mudah. Dengan mengkonsumsi salad secara teratur dalam mencegah berbagai tanda penuaan dini seperti kerutan pada wajah serta noda hitam.

  1. Melancarkan pencernaan

Berbagai jenis buah dan sayuran mengandung serat yang tinggi yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi salad baik sayur maupun buah tentunya dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah penyakit sembelit serta susah BAB.

  1. Mencegah diare

Manfaat lain dari salad bagi kesehatan tubuh yaitu mampu mencegah diare. Selain dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit, ternyata salad bermanfaat untuk mengobati diare secara alami. Beberapa jenis sayur dapat berfungsi untuk menghentikan diare dan mencegah dehidrasi saat diare. Beberapa jenis sayur yang bisa diolah menjadi salad sayur untuk mengobati diare yaitu kentang dan wortel.

  1. Menyehatkan usus

Beberapa sayuran yang digunakan sebagai bahan salad sayur memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan usus. Dimana kesehatan usus ini sangat penting untuk kita jaga, baik itu dalam proses pencernaan maupun penyerapan sari sari makanan yang dapat menunjang kebutuhan nutrisi pada tubuh. Untuk itu rutinlah mengkonsumsi salad sayur agar kesehatan usus tetap terjaga.

  1. Baik untuk kesehatan lambung

Selain baik untuk kesehatan organ usus, salad juga memiliki manfaat lain yang baik untuk kesehatan yaitu baik untuk kesehatan lambung. Kandungan gizi dan vitamin pada sayuran berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan salah satunya yaitu organ lambung.

  1. Baik untuk kesehatan mata

Manfaat berikutnya dari salad bagi kesehatan tubuh selain mampu menjaga kesehatan organ sistem pencernaan juga salad bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Salad sayur yang menggunakan sayuran seperti wortel, tomat, kol atau kubis serta bayam bermanfaat untuk meningkatkan penglihatan karena kandungan Vitamin A nya yang cukup tinggi.

  1. Meningkatkan metabolisme

Saat tubuh mengalami masalah pada metabolisme nya, tentunya organ serta kesehatan anggota tubuh lainnya akan ikut bermasalah. Sehingga menjaga metabolisme tubuh sangat penting. Berbagai kandungan gizi pada sayuran seperti Vitamin, Serat mampu membantu meningkatkan metabolisme pada tubuh.

  1. Membantu program diet

Seperti yang telah dijelaskan diatas, apabila metabolisme pada tubuh terganggu, tentunya kesehatan tubuh lainnya akan terganggu seperti dapat meningkatkan kolesterol sehingga berdampak pada kenaikan berat badan. Metabolisme yang lancar sangat penting bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Untuk itu sebaiknya rutin mengkonsumsi salad sayur sehingga metabolisme lancar dan kolesterol tidak menumpuk dan membantu program diet Anda.

  1. Menyehatkan jantung

Jantung merupakan salah satu organ tubuh paling penting sehingga menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang wajib agar jantung tetap sehat. Salah satu cara menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat salah satunya yaitu salad. Berbagai kandungan sayur berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Kalsium yang terkandung pada sayuran dan buah pada salad memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tulang Anda. Bagi Anda yang alergi susu, salad menjadi pengganti asupan yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium untuk kesehatan tulang Anda. Dengan mengkonsumsi salad dapat membantu mencegah penyakit osteoporosis atau tulang keropos.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting dimana jika daya tahan tubuh lemah, tubuh akan mudah terserang penyakit. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun, Anda bisa mengkonsumsi salad baik salad sayur maupun salad buah. Kandungan Vitamin C dan antioksidan pada sayur dan buah tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Related posts