Sistem Operasi Windows 10 OEM, OEI, dan Retail, Apa Bedanya?

perbedaan sistem operasi windows 10 oem oei dan retail 772x312 » Sistem Operasi Windows 10 OEM, OEI, dan Retail, Apa Bedanya?

Laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10 asli memang dapat memberikan banyak sekali keuntungan bagi pengguna. Selain mendapatkan pembaruan sistem secara terus menerus, laptop dan komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10 asli juga terjamin keamanannya.

Berbicara mengenai Windows 10 asli, ternyata versi Windows 10 asli di pasaran itu ada banyak sekali. Yang dimaksud dengan versi Windows 10 asli ini bukan seperti versi Home, Edukasi, ataupun Profesional.

Yang dimaksud dengan versi Windows 10 asli ini adalah seperti Windows 10 OEM, OEI, dan juga retail. Sudah taukah anda mengenai apa perbedaan dari Windows 10 OEM, OEI, dan juga retail tersebut?

Bagi anda yang berencana membeli Windows 10 asli ataupun membeli komputer atau laptop dengan Windows 10 asli sebagai paketannya, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang apa perbedaan dari Windows 10 OEM,OEI, dan juga retail tersebut.

Pelajari lebih lanjut mengenai perbedaan, kelebihan, dan kekurangan dari versi Windows 10 OEM, OEI, dan juga retail di artikel ini.

perbedaan sistem operasi windows 10 oem oei dan retail » Sistem Operasi Windows 10 OEM, OEI, dan Retail, Apa Bedanya?

Kelebihan dan Kekurangan dari Windows 10 OEM, OEI, dan Retail

Sebelum anda membeli komputer ataupun laptop dengan Windows 10 asli, ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja perbedaan dari versi Windows 10 OEM, OEI, dan juga retail.

Kenapa anda harus paham perbedaan dari ketiga macam versi Windows 10 asli yang dijual di pasaran tersebut? Karena masing-masing versi Windows 10 asli tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Windows 10 OEM, OEI, dan juga retail:

· Windows OEM

Apa yang dimaksud dengan Windows 10 OEM? OEM adalah singkatan dari original equipment manufacture.

Windows 10 versi OEM ini biasanya digunakan oleh vendor-vendor besar seperti Asus, Dell, HP, Acer, dan lain-lain. Jadi jika anda nanti akan membeli komputer atau laptop dari vendor-vendor tersebut dan mendapatkan Windows 10 asli, maka Windows 10 yang anda dapatkan adalah versi OEM.

Lalu apa kelebihan dan juga kekurangan dari Windows 10 OEM? Kelebihan dari Windows 10 asli versi OEM adalah harganya yang jauh lebih terjangkau karena dijual bersamaan dengan perangkat.

Namun demikian, versi Windows 10 OEM ini memiliki cukup banyak kekurangan seperti anda tidak mendapatkan kepingan Windows 10, anda tidak bisa melakukan upgrade pada sebagian besar komponen laptop maupun komputer yang anda beli, dan juga anda tidak mendapatkan dukungan secara langsung dari Microsoft. Semua file pembaruan sistem Windows 10 OEM hanya bisa anda dapatkan dari vendor.

· Windows 10 OEI

Windows 10 OEI hampir mirip seperti versi OEM. Hanya saja, versi OEI ini digunakan -oleh toko-toko komputer bukan vendor. OEI sendiri adalah singkatan dari original equipment installation.

Windows 10 OEI ini biasanya diberikan secara langsung oleh toko komputer tertentu setiap kali anda membeli komputer rakitan.

Windows 10 OEI ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang hampir mirip seperti Windows 10 OEM. Sayangnya, karena digunakan oleh toko komputer biasa, dukungan pembaruan sistem Windows 10 yang anda dapatkan juga secara otomatis lebih sedikit dari versi OEM.

· Windows 10 retail

Bagi anda yang memang memiliki dana lebih dan juga ingin lebih leluasa dalam menggunakan Windows 10 asli, anda sangat disarankan untuk membeli Windows 10 versi retail.

Windows 10 versi retail ini memiliki lebih banyak kelebihan jika dibandingkan dengan versi Windows 10 OEM dan OEI.

Beberapa macam kelebihan dari Windows 10 versi retail adalah anda bisa mendapatkan dukungan sepenuhnya dari Microsoft dalam hal pembaruan sistem maupun kerusakan sistem.

Selain itu, andapun bisa dengan mudah melakukan upgrade komponen laptop maupun komputer ketika menggunakan Windows 10 versi retail.

Kenapa? Karena Windows 10 versi retail ini tidak mengunci komponen yang anda gunakan di komputer maupun laptop. Jika anda memang berniat mengganti komponen di komputer atau laptop, anda hanya perlu melakukan pembaruan sistem saja.

Tak hanya itu saja, Windows 10 versi retail ini adalah satu-satunya versi Windows 10 asli yang tersedia dalam bentuk kepingan. Jadi andapun bisa menggunakannya di komputer atau laptop lain, asalkan anda menghapus registrasi Windows 10 asli di komputer atau laptop anda sebelumnya.

Namun demikian, karena memiliki lebih banyak kelebihan, Windows 10 versi retail ini merupakan versi Windows 10 asli dengan harga yang paling mahal dari Windows 10 OEM dan OEI.

Setelah mengetahui apa saja perbedaan dari Windows 10 OEM, OEI, dan juga retail, manakah versi Windows 10 asli yang kemungkinan besar akan anda pilih?

Jika memang anda memiliki dana berlebih, anda memang lebih disarankan untuk menggunakan Windows 10 asli versi retail karena jelas anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dibandingkan menggunakan versi Windows 10 OEM atau OEI.