Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Kerutan pada Kulit Wajah

penyebab dan cara mudah mengatasi kerutan kulit wajah 728x312 » Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Kerutan pada Kulit Wajah

Penyebab dan Cara Mencegah Kerutan pada Kulit Wajah – Kerutan atau wrinkle yang ada pada wajah merupakan masalah yang cukup meresahkan bagi sebagian besar wanita karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Walaupun usia masih sangat muda namun terjadinya penuaan dini yang menyebabkan kerutan dapat terjadi. Hal ini akan menyebabkan wajah anda akan tampak lebih tua karena banyaknya kerutan di wajah. Munculnya kerutan pada wajah merupakan momok bagi sebagian besar wanita, walaupun proses penuaan merupakan hal yang alami terjadi pada setiap orang. Seiring bertambahnya usia produksi kolagen pada tubuh akan semakin menurun, hal inilah yang menyebabkan adanya kerutan pada wajah.

Bebarapa jenis dan macam kerutan

Ada beberapa jenis kerutan yang ada antara lain adalah:

  1. Atrophic rithidia

Kerutan jenis ini biasanya berupa garis-garis halus yang ada pada wajah hampir sejajar satu sama lain. Kerutan ini muncul didaerah yang berbeda dari wajah dan cenderung menghilang saat kulit ditarik melintang, kerutan ini berkaitan dengan hilangnya elastisitas kulit.

  1. Stay Elastic Folds

Kerutan ini berupa lipatan yang semakin permanen dari waktu ke waktu. Kerutan ini muncul paling sering pada bagian pipi, pangkal leher dan bibir bagian atas. adanya kerutan biasanya disebabkan oleh paparan sinar matahari dan rokok.

  1. Dinamis Expression Lines

Kerutan jenis ini merupakan kerutan yang disebabkan oleh otot wajah, biasanya kerutan ini muncul ketika tersenyum

  1. Gravitasi Folds

Sesuai dengan namanya kerutan ini biasanya akan menyebabkan kulit kendor dan melorot kebawah, biasanya kerutan ini terjadi pada orang yang memiliki wajah gemuk karena memiliki kulit yang tebal sehingga menyebabkan kerutan.

penyebab dan cara mudah mengatasi kerutan kulit wajah » Ketahui Penyebab dan Cara Mencegah Kerutan pada Kulit Wajah

Penyebab terjadinya kerutan pada kulit wajah

Bagi anda yang ingin terlihat awet muda, anda harus tahu beberapa hal yang dapat menyebabkan kerutan pada kulit wajah anda. Terjadinya kerutan di wajah disebabkan oleh beberapa hal antara ini:

  1. Paparan sinar matahari

Beberapa ahli dermatologis menjelaskan bahwa terjadinya kerutan pada wajah yang sangat cepat disebabkan oleh adanya faktor genetis, namun menurut penelitian yang dilakukan 90% yang menyebabkan adanya kerutan pada wajah adalah paparan sinar matahari. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh annals of internal medicine yang menemukan fakta bahwa orang yang menggunakan tabir surya secara rutin dan teratur memiliki risiko yang lebih rendah dengan orang yang tidak menggunakan tabir surya dalam mengalami penuaan. Untuk menghindari kerutan pada wajah, anda dapat menggunakan tabir surya atau krim pelembab wajah yang mengandung SPF 30 setiap hari atau SPF 50 yang memiliki perlindungan yang lebih tinggi pada saat anda memiliki kegiatan di luar ruangan.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi gula

Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi gula juga dapat menyebabkan munculnya kerutan di wajah. hal ini terbukti dengan dilakukannya penelitian di inggris yang menemukan bahwa, mengkonsumsi gula dapat mempercepat proses penuaan dini. Pada saat gula memasuki aliran darah akan terbentuk zat yang disebut dengan AGEs yang terjadi pada akhir proses glikasi.

Zat inilah yang dapat merusak protein yang ada dalam tubuh terutama kolagen dan elatin yang memiliki fungsi menjaga elastisitas dan kekencangan kulit wajah dan menjaga kesehatan kulit. selain dapat menyebabkan kerutan pada kulit ternyata AGEs juga dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan merusak antioksidan dalam tubuh sehingga kulit menjadi rentan terhadap kerusakan akibat paparan sina matahari. Jadi , untuk anda yang ingin memiliki kulit yang terlihat tampak muda tanpa adanya kerutan sebaiknya kurangi mengkonsumsi gula.

  1. Kurang konsumsi sayur dan buah segar

Untuk menghindari adanya kerutan pada wajah anda dapat mengatasinya dengan pemenuhan gizi yang cukup dengan mengkonsumsi buah dan sayur segar terutama yang mengandung banyak antioksidan. Antioksidan sangat penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah dan mgar terhindar dari kerutan, hal ini dibutikan oleh penelitian yang dilakukan oleh para ahli dermatologis yang menemukan bahwa seseorang yang berusia 70 tahun yang secara rutin mengkonsumsi buah dan sayur memiliki kerutan wajah yang lebih sedikit. Selain itu orang yang rajin mengkonsumsi vitamin C juga memiliki kulit yang sehat yaitu kulit wajah tidak kering dan memiliki keriput pada wajah yang sedikit.

  1. Air Putih

Mengkonsumsi airr putih dengan ukuran yang cukup setiap harinya dapat mencegah terjadinya kulit keriput atau kerutan pada wajah. banyak minum air putih berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit dan tidak menyebabkan kulit mengalami dehidrasi yang biasanya akan memicu terjadinya kerutan pada wajah. jika anda tidak minum air putih secara cukup setiap harinya maka akan menyebabkan elastisitas kulit menjadi menurun dan akan berdampak juga pada mata yang dapat menyebabkan mata panda.

  1. Gaya hidup

Penyebab lainnya yang mengakibatkan kerutan di wajah adalah gaya hidup yang tidak sehat misalnya orang yang suka merokok, mengkonsumsi alkohol dan orang yang sering terkena sinar matahari. Beberapa hal tersebut akan membuat kulit menjadi kering, kekurangan nutrisi dan mengurangi produksi minyak di dalam kulit. untuk mengatasi masalah ini sebaiknya anda memperhatikan gaya hidup anda dengan memakan makanan yang bergizi dan menyehatkan seperti mengkonsumsi sayur dan buah dan olahraga secukupnya sebagai pendukung.

  1. Pemakaian kosmetik yang berlebihan

Hal lain yang harus anda perhatikan juga penggunaan kosmetik pada wajah, penggunaan kosmetik secara berlebihan dan terlalu sering juga dapat menjadi penyebab adanya kerutan di wajah.

  1. Stress

Strees juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kerutan pada wajah karena stress biasanya akan mengaktifkan hormon penuaan yang bernama kortisol ke dalam darah. Oleh karena itu untuk mencegah kerutan di wajah sebisa mungkin anda harus hindari perasaan stress dengan cara yoga, bernyanyi, meditasi, dan melakukan hoby anda lainnya. lakukan apapun yang dapat mengurangi rasa stress anda.

  1. Polusi lingkungan

Hal –hal yang dapat menyebabkan adanya kerutan pada wajah salah satunya adanya polusi yang ada disekitar lingkungan. Untuk mencegah terjadinya kerutan, sebisa mungkin anda harus menghindari polusi seperti ozon, asap pabrik, dan asap kendaraan.

  1. Posisi tidur

Posisi tidur ternyata berpengaruh dan menjadi penyebab munculnya kerutan. Kerutan diwajah biasanya terjadi karena adanya gesekan yang terjadi antara kulit wajah dan banytal setiap hari sehingga secara perlahan dapat membentuk kerutan pada kulit wajah anda. untuk menghindari kerutan anda dapat menggunakan bantal dengan berbahan sutra karena memiliki serat yang lembut selain itu juga sutra dapat menjaga kelembaban sulit. Solusi yang lainnya adalah biasanya tidur dengan posisi telantang jangan membenamkan wajah pada bantal.

  1. Diet yang berlebih

Bagi anda yang sedang melakukan program diet sebaiknya hindari diet yang berlebihan, karena hal ini akan berpengaruh juga terhdap kesehatan kulit anda. Diet yang berlebihan dapat menjadi penyebab kulit keriput karena kurangnya asupan gizi, mineral, dan vitamin yang dapat menutrisi kulit.

Itulah beberapa penyebab yang dapat menyebabkan adanya kerutan pada wajah. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin terhindar dari kerutan akibat penuaan dini.