Beberapa Opsi Aksesoris Komputer yang Dapat Meningkatkan Performa

aksesoris komputer untuk meningkatkan performa 772x312 » Beberapa Opsi Aksesoris Komputer yang Dapat Meningkatkan Performa

Aksesoris Komputer yang Dapat Meningkatkan Performa – Jika berbicara mengenai aksesoris komputer, memang jenisnya ada banyak sekali. Selain jenisnya, fungsi dari aksesoris untuk komputer juga cukup banyak. Ada aksesoris yang berfungsi untuk meningkatkan tampilan komputer anda, ada juga aksesoris yang digunakan untuk menghubungkan komputer anda dengan internet.

Namun selain itu, ternyata ada juga aksesoris komputer yang bisa meningkatkan performa rig anda. Aksesoris tersebut memang tidak terlalu umum digunakan di setiap komputer. Hanya orang-orang yang mementingkan performa komputer saja yang biasanya menggunakan aksesoris tersebut.

Lalu apa saja aksesoris komputer yang bisa membantu meningkatkan performa komputer tersebut? Jika anda ingin mengetahui lebih banyak mengenai berbagai macam jenis aksesoris yang bisa membuat komputer anda semakin tinggi performanya, anda bisa penjelasan selengkapnya di artikel ini.

aksesoris komputer untuk meningkatkan performa » Beberapa Opsi Aksesoris Komputer yang Dapat Meningkatkan Performa

4 Macam Aksesoris Komputer Diatas Rata-Rata yang Terbukti Dapat Meningkatkan Performa

Tidak selamanya memang aksesoris komputer hanya berfungsi untuk meningkatkan tampilan atau pengalaman anda ketika menggunakan komputer. Ada beberapa macam aksesoris yang berfungsi untuk meningkatkan performa komputer anda.

Berikut ini adalah beberapa aksesoris komputer yang wajib anda gunakan jika ingin meningkatkan performa komputer anda:

  1. Stabilizer

Stabilizer memang sebenarnya termasuk aksesoris yang wajib digunakan oleh setiap orang yang menggunakan komputer. Namun sayangnya, tidak semua orang menggunakan aksesoris ini.

Meskipun sudah menggunakan, biasanya yang digunakan bukanlah stabilizer yang benar-benar berkualitas. Jadi bisa dikatakan yang menggunakan stabilizer kualitas rendah itu sama saja tidak menggunakan stabilizer.

Menggunakan stabilizer berkualitas untuk komputer adalah hal wajib. Kenapa? Karena dengan adanya stabilizer, maka tegangan listrik yang masuk kedalam komputer jauh lebih stabil.

Sebuah komputer yang digunakan tanpa dilengkapi dengan stabilizer jauh lebih mudah mengalami kerusakan, terutama jika tegangan listrik di tempat anda sering naik turun.

Jika anda melengkapi komputer anda dengan stabilizer berkualitas, komponen komputer anda tidak hanya akan jauh lebih awet, namun komputer andapun bisa berfungsi secara maksimal.

Oleh sebab itu, stabilizer digolongkan sebagai aksesoris komputer yang wajib anda miliki dan gunakan.

  1. UPS

Komputer tidak sama seperti laptop. Komputer sangat membutuhkan arus listrik dengan tegangan AC. Oleh sebab itu, jika listrik tiba-tiba terputus, jelas komputer secara otomatis juga akan ikut mati.

Komputer yang terlalu sering mengalami hard shutdown (mati dikarenakan tidak adanya arus listrik) jauh lebih berisiko mengalami kerusakan, terutama kerusakan pada bagian motherboard dan juga tempat penyimpanan data.

Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya anda juga melengkapi komputer anda dengan UPS. UPS bisa dikatakan memiliki fungsi layaknya baterai pada laptop.

Jadi ketika listrik padam, komputer anda tidak langsung mati. Anda memiliki sedikit waktu untuk mematikan komputer melalui sistem. Namun pastikan untuk memilih UPS dengan kapasitas yang sedikit lebih tinggi dari kapasitas voltase yang dibutuhkan oleh komputer anda.

Semakin tinggi voltase UPS yang anda gunakan dibandingkan dengan voltase yang dibutuhkan oleh komputer, maka akan semakin lama waktu komputer anda bisa hidup tanpa mendapatkan listrik tegangan AC.

  1. Pendingin prosesor

Aksesoris komputer yang juga wajib anda gunakan untuk meningkatkan performa adalah pendingin prosesor. Ketika anda membeli prosesor, memang anda sudah mendapatkan pendingin prosesor.

Namun jika anda ingin meningkatkan performa komputer anda, maka sebaiknya ganti pendingin prosesor dengan yang lebih baik kualitasnya.

Pendingin prosesor after market memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pendingin prosesor bawaan.

Beberapa kelebihannya adalah seperti tingkat penyerapan panasnya jauh lebih bagus karena penampang heat sink jauh lebih besar, tingkat membuang panasnya juga lebih bagus karena kipas yang digunakan juga jauh lebih besar dan lebih tinggi RPM nya, selain itu tampilan dari pendingin prosesor after market juga lebih garang.

  1. Tempat penyimpanan data eksternal

Aksesoris komputer selanjutnya yang juga dapat membantu meningkatkan performa komputer anda adalah tempat penyimpanan data eksternal.

Sekilas memang aksesoris satu ini tidak tampak begitu penting. Namun jika anda mempunyai banyak data yang tersimpan di dalam komputer, kemungkinan besar cepat atau lambat komputer anda akan menurun performanya.

Kenapa? Karena sistem operasi komputer setidaknya membutuhkan tempat penyimpanan kosong sebesar 15% dari total data sistem operasi.

Jika data yang anda simpan di dalam komputer terus bertambah, secara otomatis tempat penyimpanan data akan semakin penuh. Jika sudah terlalu penuh, jelas sistem operasi komputer anda tidak akan bisa berjalan secara maksimal lagi.

Oleh sebab itu, anda membutuhkan aksesoris komputer seperti tempat penyimpanan data eksternal. Aksesoris tersebut bisa anda gunakan untuk menyimpan data-data penting diluar komputer anda.

Aksesoris komputer memang tidak selamanya hanya berfungsi untuk meningkatkan tampilan komputer anda saja. Beberapa macam aksesoris memang bisa meningkatkan performa komputer anda.

Jadi bagaimana? Apakah anda akan mulai mempersiapkan dana untuk melengkapi aksesoris komputer anda setelah membaca penjelasan di artikel ini?