Manfaat Selada Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

manfaat dan kandungan gizi selada untuk kesehatan 608x312 » Manfaat Selada Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat Selada Untuk Kesehatan – Selada merupakan salah satu sayuran hijau yang memiliki rasa yang nikmat apabila diolah menjadi lauk. Bahkan sayuran hijau ini sering dikonsumsi secara mentah baik itu sebagai lalapan atau dijadikan salad. Selain rasanya yang nikmat dan gurih, selada memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Banyak manfaat selada untuk kesehatan tubuh apabila Anda mengkonsumsinya. Lalu, apa saja manfaat selada untuk kesehatan? Berikut ini manfaat dari sayuran hijau selada untuk kesehatan tubuh.

  1. Mengurangi resiko kerusakan DNA

Manfaat selada bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat mengurangi kerusakan DNA. Radikal bebas dalam tubuh memberikan dampak negatif bagi kesehatan, salah stunya yaitu menimbulkan resiko kerusakan DNA dalam tubuh. Untuk menghindari kerusakan DNA yang terdapat pada sel darah, selada merupakan sayuran hijau yang baik untuk Anda konsumsi yang mampu memberikan manfaat untuk mengurangi resiko kerusakan DNA.

  1. Mencegah kanker

Manfaat selada bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah dan mengurangi resiko penyakit kanker. Kanker merupakan salah stu penyakit yang sangat berbahaya bahkan sudah terjadi banyak korban yang meninggal akibat penyakit kanker tersebut. Salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker tentunya dengn menjaga pola makan. Salah satu sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker yaitu selada. Kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate yang terdapat pada selada berfungsi sebagai zat anti kanker sehingga baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit kanker.

  1. Mencegah tumor

Selain dapat mencegah penyakit kanker, manfaat selada bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit tumor. Kandungan senyawa phenylethyl isothiocyanate yang terdapat pada selada tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker tapi juga berfungsi untuk mencegah resiko penyakit tumor.

  1. Menurunkan kolesterol dan berat badan

Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh serta menurunkan berat badan, selada merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Kandungan gizinya yang baik seperti serat serta rendah kalori dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh serta mampu menurunkan berat badan. Tidak heran jika daun selada ini sering dijadikan menu diet seperti salad.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selada memiliki kandungan gizi seperti Vitamin C yang cukup tinggi dimana Vitamin C bermanfaat baik untuk menunjang dan meningkatkan sistem imun Anda. Dengan mengkonsumsi selada, dapat mencegah Anda dari berbagai penyakit seperti sariawan, flu, menangkal radikal bebas dan membuat Anda menjadi tidak mudah sakit.

  1. Menjaga kesehatan tulang

manfaat dan kandungan gizi selada untuk kesehatan » Manfaat Selada Untuk Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Manfaat selada bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu baik untuk menjaga kesehatan tulang. Daun selada memiliki kandungan Vitamin K dimana Vitamin K ini berfungsi penting untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi selada dapat memperkuat tulang sehingga mampu mencegah penyakit osteoporosis yang diakibatkan karena tulang keropos.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kandungan Vitamin K yang terdapat pada selada tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan Vitamin K pada selada bermanfaat untuk mengurangi resiko kerusakan pada saraf otak atau yang biasa disebut dengan penyakit Alzheimer. Penyakit yang satu ini akan membuat Anda menjadi pikun bahkan jika tidak ditangani dengan benar dapat menyebabkan kematian.

  1. Menjaga kesehatan metabolisme

Metabolisme tubuh wajib dijaga agar tubuh tetap seimbang dan tidak terjadi masalah kesehatan. Saat metabolisme tubuh mengalami gangguan, tentunya akan menyebabkan berbagai penyakit. Untuk menjaga kesehatan metabolisme pada tubuh, salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi daun selada. Daun selada mengandung Vitamin B yang berfungsi untuk menjaga dan melancarkan sistem metabolisme pada tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat selada untuk kesehatan berikutnya yaitu baik untuk kesehatan jantung. Kandungan kalium yang terdapat pada daun selada berfungsi penting untuk melancarkan darah serta detak jantung sehingga membantu menjaga agar jantung tetap sehat.

  1. Menurunkan tekanan darah

Bagi Anda yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah tinggi yaitu daun selada. Kandungan nitrat yang terdapat pada selada berfungsi untuk mengontrol dan menurunkan tekanan darah pada tubuh sehingga baik untuk mencegah dan mengobati hipertensi.

  1. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Sayuran hijau memang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan, termasuk juga selada. Selada merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk melancarkan sistem pencernaan Anda. Kandungan zat hijau daun atau klorofil serta serat yang cukup tinggi pada daun selada berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga mampu mencegah susah BAB atau sembelit.

  1. Mengobati diabetes

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi daun selada yaitu dapat mengobati diabetes. Bagi penderita diabetes, selada baik dikonsumsi sebagai obat alami untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

  1. Mengobati anemia

Daun selada mengandung zat besi yang berfungsi untuk mengikat oksigen atau hemoglobin yang mampu membantu memproduksi sel darah merah pada tubuh. Bagi Anda yang mengalami anemia, daun salad ini baik dikonsumsi untuk mengobati anemia.

  1. Menghilangkan racun dalam tubuh

Dalam tubuh terdapat racun yang masuk baik itu melalui makanan atau pun lainnya. Daun Selada merupakan jenis sayuran hijau yang bermanfaat untuk menghilangkan racun-racun tersebut dan mengeluarkannya dari tubuh.