Ini Beberapa Kelebihan Sistem Operasi Linux Dibandingkan Dengan Windows

  • Whatsapp

Windows memang masih menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Kebanyakan komputer atau laptop yang anda temui pasti menggunakan sistem operasi Windows.

Terlepas dari popularitasnya sebagai sistem operasi komputer dan laptop, sebenarnya Windows masih belum layak dikatakan sebagai sistem operasi paling baik. Pasalnya, masih ada sistem operasi lain yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows. Salah satu contoh OS yang lebih baik dari Windows adalah Linux.

Read More

Jika mau dibandingkan, sebenarnya ada lebih banyak kelebihan sistem operasi Linux dari OS Windows. Sudah taukah anda mengenai apa saja kelebihan sistem operasi Linux dibandingkan dengan sistem operasi Windows?

Bagi anda yang selama ini menganggap bahwa Windows merupakan sistem operasi yang paling baik, mungkin anda perlu membaca kelebihan sistem operasi Linux dibandingkan Windows di artikel ini terlebih dahulu.

5 Kelebihan Sistem Operasi Linux Dibandingkan Windows Dilihat dari Berbagai Segi

Ya, memang kelebihan sistem operasi Linux jauh lebih banyak dibandingkan dengan Windows, terutama jika dilihat dari berbagai macam hal.

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan sistem operasi Linux yang tidak dimiliki oleh sistem operasi Windows:

  1. Kelebihan dari segi HAKI

Kelebihan sistem operasi Linux dari Windows yang pertama bisa dilihat dari segi HAKI. Apa yang dimaksud dengan HAKI? HAKI adalah Hak Atas Kekayaan Intelektual.

Sistem operasi Linux bisa anda gunakan secara gratis. Hal ini jelas berbeda jauh dengan Windows yang lebih condong ke arah komersil. Anda memang bisa menggunakan sistem operasi Windows secara gratis.

Namun itu berarti anda tidak menggunakan Windows original atau lebih dikenal dengan istilah bajakan. Berbeda halnya dengan Linux. Anda benar-benar bisa menggunakan Linux original tanpa harus membayar satu sen pun.

  1. Kelengkapan program bawaan

Kelebihan lain dari sistem operasi Linux jika dibandingkan dengan Windows adalah dari segi kelengkapan program bawaannya.

Ketika anda memasang sistem operasi Windows di komputer atau laptop, anda pasti harus memasang software tambahan seperti Microsoft Office dan masih banyak lagi software lainnya.

Hal tersebut tidak akan anda alami ketika anda memilih menggunakan sistem operasi Linux. Kenapa? Karena di dalam sistem operasi Linux sudah dibekali dengan beberapa program bawaan yang anda butuhkan.

Jadi dengan hanya memasang sistem operasi Linux di dalam komputer atau laptop anda, secara otomatis anda sudah bisa menggunakan komputer atau laptop anda untuk mengerjakan tugas-tugas ringan tanpa harus memasang software tambahan.

  1. Lebih sedikit virus yang mengincar sistem operasi Linux

Kelebihan sistem operasi Linux lain jika dibandingkan dengan OS Windows adalah dari segi keamanan dari serangan virus.

Karena Windows merupakan sistem operasi yang sudah cukup banyak digunakan, maka secara otomatis lebih banyak orang yang mengembangkan virus untuk menyerang komputer atau laptop yang menggunakan OS Windows dibandingkan dengan yang menggunakan OS Linux.

Selain karena alasan lebih banyak yang menggunakan OS Windows, OS Linux tidak memiliki banyak virus karena memang sistem operasinya cukup sulit untuk dirusak oleh virus.

Hal ini disebabkan karena sistem firewall OS Linux jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem firewall yang digunakan oleh OS Windows.

  1. Sistem penyimpanan data yang jauh lebih baik

Kelebihan sistem operasi Linux juga bisa dilihat dari sistem penyimpanan datanya yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Windows.

Windows merupakan sistem operasi yang menerapkan sistem penyimpanan data jenis FAT dan NTFS. Kedua jenis penyimpanan data tersebut yang paling sering mengalami defragmented. Oleh sebab itu, tidak heran jika lama kelamaan sistem Windows akan berjalan semakin lambat ketika jumlah data yang disimpan semakin banyak.

Hal tersebut tidak akan anda alami ketika menggunakan sistem operasi Linux. Kenapa? Karena OS Linux menggunakan jenis sistem penyimpanan data ext2, ext3, xfs, jfs, dan juga reiserfs yang jauh lebih optimal dibandingkan NTFS dan FAT.

Menariknya lagi, sistem Linux tetap mengenali data-data yang tersimpan dengan menggunakan sistem FAT maupun NTFS.

  1. Linux jauh lebih stabil

Dikarenakan sistem penyimpanan data yang digunakan pada OS Linux dan Windows berbeda, secara otomatis tingkat kestabilan kedua OS tersebut juga berbeda jauh.

OS Linux dirasakan jauh lebih stabil dikarenakan menggunakan sistem penyimpanan data yang jauh lebih efektif dibandingkan yang digunakan pada OS Windows.

Oleh sebab itu, jangan heran jika komputer atau laptop yang menggunakan OS Linux jauh lebih jarang mengalami crash seperti komputer atau laptop yang menggunaan OS Windows.

Jadi meskipun memang tidak sepopuler OS Windows, sebenarnya OS Linux menyimpan cukup banyak kelebihan jika dibandingkan dengan OS Windows.

Setelah mengetahui apa saja kelebihan sistem operasi Linux dibandingkan OS Windows tersebut, apakah anda mempunyai keinginan untuk beralih ke OS Linux?

Related posts