4 Keunikan Kebun Raya Bogor, Wisata Kebanggaan Kota Hujan

  • Whatsapp

Kota Hujan tak cuma terkenal dengan destinasi wisata Puncak saja lho. Ada kebun botani super menarik seluas 87 hektar yang telah dirintis sejak abad 19. Destinasi wisata ini telah dibangun semenjak zaman Belanda dan terus dikembangkan serta ramai dikunjungi sampai sekarang. Yuk, langsung intip lebih lanjut apa saja daftar keunikan Kebun Raya Bogor berikut ini.

  1. Spot Mistis

Ada satu danau buatan bernama Gunting yang dilengkapi dengan pulau di tengah-tengahnya. Danau ini terletak dekat dengan pintu utama Kebun Raya Bogor. Konon kabarnya, di danau ini pernah ada penampakan arwah seorang noni Belanda. Selain itu, penampakan ular raksasa di area pulau danau Gunting juga menjadi mitos yang tak kalah populer.

Read More

Terdapat juga areal pemakaman Belanda kuno. Beberapa ahli biologi Belanda yang dulu bertugas mengidentifikasi flora fauna asli Indonesia dikuburkan di sini. Ada juga tokoh pendiri yang diabadikan dalam bentuk monumen semisal Reinwardt. Monumen lain yang tak kalah menarik yakni Lady Raffles yang lengkap dengan prasasti puisi cinta karya penjelajah Inggris.

  1. Spot Bertema Internasional

Ada satu spot Kebun Raya Bogor yang diberi nama Taman Meksiko. Spot ini didesain menyerupai gurun kering lengkap dengan beragam spesies tumbuhan kaktus. Selain itu, ada juga beberapa patung pemusik khas Meksiko yang tampak melengkapi sudut-sudut taman tersebut. Ada juga kafe bergaya Eopa dengan nama Kafe Dedaunan yang sangat instagrammable lho.

  1. Spot Eksperimental Flora

Di sini ada satu laboratorium flora bernama Treub. Pendiri laboratorium ini adalah Melchior Treub yang juga seorang pendiri pusat pendidikan Buitenzorg Landbouw Hogeschool. Pusat pendidikan tersebut kini akrab kita kenal dengan sebutan Institut Pertanian Bogor yang termasyhur itu.

Dari total tak kurang 15.000 jenis flora di KRB ini, ada satu spot bernama Griya Anggrek yang ramai memikat pengunjung. Spot ini menyimpan tak kurang dari 500 jenis spesies bunga anggrek. Ada juga spot flora bernama Taman Sujana Kassan. Dari undakan sekitarnya, kamu bisa melihat beragam bunga hidup membentuk burung garuda raksasa lho.

  1. Kerangka Makhluk Terbesar Dunia

Di KRB ada juga museum zoologi yang tak kalah memikat. Di museum fauna ini terdapat tak kurang dari total 2000 spesies ragam hewan yang diawetkan. Yang paling memikat yakni tentu saja kerangka makhluk terbesar sedunia yang terpajang di dalamnya. Yap, di sini kamu bisa melihat kerangka Blue Whales atau Paus Biru utuh yang pastinya sangat mengagumkan!

Aneka daftar keunikan Kebun Raya Bogor di atas pastilah memiliki daya tarik amat tinggi. Utamanya bagi siapa saja yang memiliki ketertarikan pada wisata alam sekaligus wisata edukasi dalam satu tempat sama. Siap-siap segera luangkan jadwal ya. Selamat menikmati wisata lokal berkualitas dengan kerabat tersayang!

Related posts