Ini Dia Manfaat Buah Timun Untuk Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Timun merupakan salah satu jenis buah-buahan yang tidak saja hanya dijadikan tambahan masakan tapi timun juga sering dijadikan minuman bahkan untuk kecantikan kaum hawa.

Dari situ terlihat bahwa timun memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Banyak yang belum mengetahui kandungan gizi serta manfaat dari timun bagi kesehatan. Lalu, apa saja manfaat timun bagi kesehatan? Berikut ini manfaat buah mentimun bagi kesehatan tubuh.

Read More

  1. Kesehatan kulit dan rambut

Manfaat pertama dari buah timun bagi kesehatan tubuh yaitu timun baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan silikon dan sulfur yang terdapat pada timun bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan rambut Anda. Bahkan jika Anda memiliki rambut yang susah dan lama tumbuh, timun bisa dijadikan obat alami untuk pertumbuhan rambut Anda.

Untuk menjaga kesehatan kulit, Anda bisa menggunakan timun sebagai masker yang bisa langsung Anda oleskan atau gosok ke bagian tubuh Anda.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat timun bagi kesehatan berikutnya yaitu membantu mengontrol kadar gula darah pada tubuh. Bagi Anda penderita diabetes, timun baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar gula darah yang menjadi penyebab penyakit diabetes. Cara mengobati diabetes dengan timun yaitu dengan megkonsumsi jus timun. Selain rasanya yang segar juga bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh yakni mengontrol gula darah.

  1. Mencegah Kanker

Selain dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, manfaat timun untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Berbagai sayuran dan buah memang memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh, tak terkecuali dengan timun. Kandungan zat pada timun seperti lariciresinol, pinoresinol dan secoisolariciresinol berfungsi baik untuk mencegah terjadinya penyakit kanker.

  1. Mengurangi sakit kepala

Anda sering mengalami sakit pada bagian kepala? Timun bisa dijadikan saalh satu obat alami untuk mengatasi rasa sakit kepala Anda. Timun memiliki kandungan Vitamin B dimana Vitamin B dan elektrolit dimana kedua zat tersebut berfungsi untuk mengurasi rasa sakit kepala Anda.

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat timun untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh. Kolesterol memang dibutuhkan tubuh untuk diubah menjadi energi. Namun jika kolesterol dalam tubuh berlebih tentunya akan berdampak buruk juga bagi kesehatan tubuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, Anda bisa mengkonsumsi timun sebagai obat alami. Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, tentunya timun baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan Anda.

  1. Mengontrol tekanan darah

Selain dapat mengontrol kadar kolesterol pada tubuh, timun juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah pada tubuh. Kandungan kalium, magnesium serta serat pada timun bermanfaat untuk membantu tubuh dalam mengontrol tekanan darah dan mencegah penyakit hipertensi. Bagi penderita hipertensi, timun tentunya baik dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan penyakit hipertensi.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol yang mampu mendukung penurunan berat badan, timun juga rendah kalori sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet atau sedang menurunkan berat badan.

  1. Meredakan nyeri sendi dan encok

Bagi Anda yang sering merasakan sakit pada persendian atau pun ngilu dan encok, sayur timun baik Anda konsumsi untuk meredakan rasa nyeri sendi atau encok tersebut.  beberapa kandungan gizi seperti Vitamin A, B1, B6, C, folat, kalsium, magnesium dan potassium yang baik untuk kesehatan tubuh seperti jaringan tulang dan persendian. Bahkan timun juga mengandung silika dimana zat ini bermanfaat untuk memperkuat sendi sehingga dapat mencegah dan meredakan nyeri sendi.

  1. Mencegah penuaan dini

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, timun juga memiliki kandungan zat yang baik untuk kecantikan tubuh. Salah satu manfaat timun untuk kecantikan yaitu mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan pada timun mampu mencegah penuaan dini salah satunya yaitu mencegah kerutan pada kulit wajah.

  1. Mengurangi lingkaran hitam pada mata

Lingkaran hitam pada bagian mata atau mata panda memang mengganggu penampilan. Timun merupakan salah satu sayuran yang baik digunakan untuk mengobati dan menghilangkan lingkar hitam pada bagian mata Anda. Cara mengobati mata panda dengan timun cukup mudah hanya dengan mengompres mata Anda dengan menggunakan potongan timun. Untuk lebih segar lagi, Anda bisa memasukkan timun ke dalam lemari pendingin terlebih dahulu.

  1. Mengurangi bintik hitam

Selain dapat mengurangi lingkaran hitam pada mata, timun juga bermanfaat untuk mengurangi bintik hitam. Paparan sinar matahari yang mengenai kulit wajah langsung dapat menyebabkan timbulnya bintik-bintik hitam pada bagian wajah. Salah satu cara menghilangkan bintik-bintik hitam tersebut yaitu dengan menggunakan masker timun. Caranya yaitu parut timun hingga halus lalu oleskan dan baurkan dibagian wajah.

  1.  Mengandung air yang baik untuk tubuh

Saat cuaca panas, tubuh biasanya mengalami penurunan kadar air dalam tubuh. Untuk menghindari dehidrasi, kita dituntut untuk mengkonsumsi air minum lebih banyak. Untuk menstabilkan cairan tubuh dan menghindari dehidrasi, jus mentimun menjadi salah satu minuman yang tidak hanya nikmat dan segar tapi juga bermanfaat baik untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Buah Timun mengandung kar air yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dibandingkan air putih.

Related posts