Begini Cara Menghemat Kuota Internet Ketika Menggunakan Whatsapp

tips hemat kuota internet ketika menggunakan whatsapp 772x312 » Begini Cara Menghemat Kuota Internet Ketika Menggunakan Whatsapp

Aplikasi Whatsapp memang tidak membutuhkan koneksi internet yang terlalu besar. Buktinya, koneksi internet yang tidak begitu bagus pun sudah cukup untuk digunakan berkirim pesan menggunakan Whatsapp.

Namun ternyata, aplikasi Whatsapp itu juga bisa menghabiskan kuota internet anda dalam waktu singkat. Apa yang membuat aplikasi Whatsapp bisa menghabiskan kuota internet?

Salah satu hal yang dapat menyebabkan kuota internet anda cepat habis karena aplikasi Whatsapp adalah karena file-file seperti foto dan video yang dikirimkan melalui Whatsapp.

Lalu bagaimana cara menghemat kuota internet jika anda menggunakan aplikasi Whatsapp? Bagi anda yang mau tau bagaimana cara menghemat kuota internet ketika anda menggunakan aplikasi Whatsapp, anda bisa pelajari cara selengkapnya di artikel ini.

4 Cara Menghemat Kuota Internet Bagi Anda Pengguna Aplikasi Whatsapp

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, aplikasi Whatsapp memang bisa menghabiskan kuota internet anda dalam waktu sekejap. Bagi anda yang tidak ingin kehabisan kuota internet karena aplikasi Whatsapp, anda bisa mencoba menggunakan beberapa cara menghemat kuota internet berikut ini:

  1. Non aktifkan fitur unduh media otomatis di Whatsapp

Perlu anda ketahui, salah satu penyebab kuota internet anda cepat habis adalah karena banyaknya media Whatsapp yang di unduh secara otomatis.

Hal ini sering dialami oleh orang-orang yang bergabung di dalam grup Whatsapp. Semakin banyak grup Whatsapp yang diikuti, maka akan semakin cepat kuota internet anda habis, apalagi jika mayoritas anggota grup tersebut sangat aktif dalam mengirim gambar maupun video.

Untuk mengatasinya, anda sebenarnya hanya perlu non aktifkan fitur unduh media otomatis. Cara non aktifkan fitur unduh media otomatis di dalam Whatsapp sangatlah mudah.

tips hemat kuota internet ketika menggunakan whatsapp » Begini Cara Menghemat Kuota Internet Ketika Menggunakan Whatsapp

Anda hanya perlu masuk kedalam menu pengaturan yang berada di pojok kanan atas dengan lambang titik tiga vertikal. Kemudian pilih menu data usage atau penggunaan data.

Hilangkan semua centang pada fitur unduh media otomatis di bagian mobile data. Dengan melakukan ini, maka secara otomatis aplikasi Whatsapp anda tidak akan mengunduh file apapun ketika menggunakan jaringan seluler.

Selain efektif sebagai salah satu cara menghemat kuota internet, cara ini juga sangat ampuh untuk mengurangi penggunaan memori internal untuk menyimpan file-file yang dikirim melalui Whatsapp.

  1. Hindari melakukan panggilan atau menerima panggilan menggunakan Whatsapp

Ya, Whatsapp memang tidak hanya bisa digunakan untuk mengirimkan pesan dalam bentuk teks saja. Whatsapp juga sudah bisa digunakan untuk telpon. Banyak orang yang mengatakan bahwa telpon menggunakan Whatsapp itu gratis.

Sebenarnya telpon menggunakan fitur Whatsapp tidaklah gratis. Anda tetap saja membayar. Hanya saja anda membayar dengan bentuk kuota internet.

Bagi anda yang tidak mau kehabisan kuota internet karena aplikasi Whatsapp, sebaiknya hindari juga melakukan maupun menerima panggilan melalui Whatsapp.

  1. Mengirimkan file berukuran besar menggunakan Whatsapp

Cara menghemat kuota internet bagi anda pengguna aplikasi Whatsapp berikutnya adalah dengan tidak terlalu sering mengirimkan file berukuran besar menggunakan Whatsapp.

Whatsapp memang sudah bisa mengirimkan berbagai macam jenis file. Hal ini memang menjadi satu kelebihan baru dari Whatsapp karena dulunya hal ini tidak bisa dilakukan.

Namun dengan adanya fitur ini, jelas kuota internet anda akan semakin cepat habis jika anda tidak bisa mengontrol penggunaannya. Yang lebih menakutkan lagi, Whatsapp sekarang sudah tidak melakukan kompresi file sama sekali.

Jadi Whatsapp akan mengirimkan file original yang anda pilih. Berbeda dengan Whatsapp versi lama yang masih melakukan kompresi sehingga ukuran file menjadi lebih kecil.

  1. Hindari menggunakan fitur video call Whatsapp

Whatsapp bukan hanya bisa melakukan panggilan suara saja. Whatsapp bahkan sudah dilengkapi dengan fitur video call.

Fitur ini sekilas memang cukup mengasyikkan bagi anda pengguna Whatsapp. Namun dibalik fitur luar biasa tersebut, Whatsapp bisa menguras kuota internet anda hingga tak bersisa.

Cara menghemat kuota internet bagi pengguna aplikasi Whatsapp yang terakhir adalah dengan tidak menggunakan fitur video call. Fitur video call tersebut membutuhkan koneksi internet yang jauh lebih besar dibandingkan dengan fitur panggilan suara.

Bagi anda yang masih menggunakan koneksi internet berbasis kuota, memang anda tidak bisa memaksimalkan fitur dari aplikasi Whatsapp. Namun demikian, itulah cara menghemat kuota internet paling efektif bagi anda yang menggunakan aplikasi Whatsapp.