Keindahan Air Terjun Madakaripura Objek Wisata Unggulan Di Probolinggo

  • Whatsapp

Pernah mendengar objek wisata unggulan di Probolinggo yang satu ini? Ya, Air Terjun Madakaripura namanya. Air terjun yang juga dikenal dengan sebutan “air terjun abadi” ini terletak di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.  Air Terjun madakaripura memiliki ketinggian mencapai 200 meter dan masih termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Disebut juga air terjun abadi, dikarenakan aliran air terjun yang ada di sini tidak pernah mati bahkan pada saat musim kemarau panjang pun air terjun di sini tetap mengalir.

Read More

Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Berbentuk ceruk dan dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang ditumbuhi lumut dipermukaan dinding tebingnya. Air Terjun Madakaripura menjadi objek wisata air terjun tertinggi di Pulau Jawa sekaligus menjadi air terjun tertinggi ke dua di Indonesia stelah air terjun si Gura-Gura di Sumatera Utara.

Objek wisata Air terjun Madakaripura sangat indah sehingga begitu menarik perhatian pengunjung untuk berlama-lama main air di sana. Air terjunnya sangat dingin namun menyegarkan. Di beberapa titik, air terjun yang mengucur layaknya sedang hujan gerimis dan beberapa diantaranya juga mengucur dengan deras. Udara di tempat ini sangat sejuk dan lembab pas buat Anda yang sedang mencari kesejukan alam khas pegunungan.

Selain menjumpai salah satu air terjun terindah di Indonesia, di kawasan wisata Air Terjun Madakaripura Anda juga akan menjumpai patung Gajah Mada yang terukir dengan gagahnya. Menurut cerita legenda masyarakat sekitar, mereka meyakini goa yang terdapat di atas air terjun Madakaripura merupakan tempat sang Patih Gajah Mada melakukan meditasi terakhir dan mencapai moksa (menghilang secara fisik dan spiritual dari muka bumi).

Selain itu, Air Terjun Madakaripura juga masih dianggap suci dan dikeramatkan sampai saat ini oleh umat Hindu sebagai “Tirta Sewana” (Air Suci).

Rute menuju Air Terjun Madakaripura

Untuk menuju lokasi air terjun, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun lebih disarankan meggunakan kendaraan pribadi agar lebih fleksibel. Tapi jika Anda tidak ingin repot-repot, Anda bisa mengambil paket wisata Gunung Bromo yang juga memasukkan wisata Air Terjun Madakaripura dalam paket wisata Anda.

Jika Anda dari surabaya dan menggunakan kendaraan pribadi Anda dapat mengikuti rute berikut:

Sidoarajo – Porong – Pasuruan – Probolingo – Tongas – Kecamatan Lumbang. Sesampainya di kecamatan Lumbang Anda sudah tidak berada jauh dari lokasi objek wisata. Tempat wisata ini sudah sangat terkenal, jadi banyak pula papan petunjuk yang memudahkan Anda menuju lokasi.

Sesampainya di pintu masuk Air Terjun Madakaripura, Anda harus melanjutkan kembali perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 1 Km, Kontur jalan yang akan Anda lewati sedikit menanjak, Anda akan menyebrangi anak sungai dan melewati bebatuan licin. Sangat disarankan agar menggunakan sepatu atau sendal gunung agar lebih aman dan nyaman dalam trekking.

Anda yang akan berkunjung ke tempat wisata ini disarankan juga untuk membawa pakaian ganti. Pasalnya tanpa bermain air di sini pun, sedikit banyaknya Anda akan tetap basah akibat percikan air terjun yang pecah menjadi butiran-butiran air kecil.

Itulah tadi review singkat Air Terjun Madakaripura yang merupakan wisata unggulan di Probolinggo. Bagaimana sudah bisa membayangkan keseruannya?

Related posts