Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh – Kentang merupakan salah satu jenis sayur yang masih tergolong umbi-umbian. Jenis sayuran yang satu ini memang sering sekali dijadikan menu diet sehat bagi mereka yng sedng menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Selain dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dan sebagai pengganti karbohidrat dari nasi, kentang juga memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat kentang bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat kentang untung kesehatan tubuh Anda.

  1. Mencegah Kanker

Manfaat kentang bagi kesehatan yang pertama yaitu mengkonsumsi kentang dapat membantu tubuh mencegah penyakit kanker. Di dalam kentang mengandung Vitamin B yang cukup tinggi dimana salah satu manfaat dan fungsi daripada Vitamin B ini yaitu mampu mencegah pembentukan senyawa yang dapat menjadi penyebab pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi kentang tentunya baik bagi tubuh dalam mencegah penyakit kanker.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Manfaat kentang bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu mengkonsumsi kentang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Tidak heran jika jenis sayur umbi-umbian yang satu ini sering sekali dijadikan menu utama bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Kandungan zat pottasium yang terdapat pada kentang berfungsi untuk mengurangi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab kegemukan.

  1. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Selain dapat mencegah penyakit kanker, salah satu manfaat kentang bagi kesehatan tubuh yaitu mampu mengurangi resiko terkena batu ginjal. Kandungan magnesium yang cukup tinggi pada kentang dapat berfungsi untuk  mencegah terjadinya penyakit batu ginjal. Bagi Anda atau kerabat yang mengalami batu ginjal, kentang menjadi salah satu obat alami untuk mengobati penyakit batu ginjal.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kentang bagi kesehatan tubuh yang keempat yaitu menkonsumsi kentang dapat menjaga kesehatan tulang. Di dalam kentang mengandung zat besi, kalsium, fosfor yang baik untuk memperkuat  tulang. Dengan mengkonsumsi kentang dapat memadatkan isi tulang sehingga tidak mudah rapuh dan keropos dan dapat mencegah penyakit osteoporosis.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain dapat menjaga kesehatan tulang, salah satu manfaat kentang bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan kalium yang terdapat pada kentang bermanfaat baik untuk menurunkan tekanan darah.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh » Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan

Bagi mereka yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat mengkonsumsi kentang karena bermanfaat baik untuk membantu mengobati hipertensi. Bagi mereka yang tidak mengalami hipertensi, mengkonsumsi kentang dapat mencegah penyakit hipertensi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kentang bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu menjaga kesehatan jantung. Kandungan Vitamin B yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol akan memberikan dampak baik untu kesehatan jantung. Dimana kolesterol dalam tubuh jika terlalu tinggi dapat menyebabkan jantung koroner.

  1. Membentuk dan Membangun Sel

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, manfaat kentang bagi kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat membantu membentuk dan membangun sel dalam tubuh. Kandungan protein yang terdapat pada kentang berfungsi untuk membentuk dan meregenerasi sel-sel yang sudah mati dan menggantinya dengan sel yang baru. Dengan kandungan Vitamin B6, dapat membantu mempercepat pembentukan sel.

  1. Kesehatan Saraf dan Otak

Kandungan Vitamin B6 yang cukup tinggi yang terdapat pada kentag tidak hanya memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, membantu dalam pembentukan sel baru dalam tubuh  juga Vitamin B6 berperan dalam menjaga kesehatan saraf dan otak. Dimana otak dan saraf merupakan dua hal yang sangat penting dalam tubuh. Dilengkapi dengan kandungan kalsium yang terdapat pada kentang menjadi asupan yang baik untuk kesehatan otak.

  1. Mencegah kulit wajah keriput

Tahukah Anda jika di di dalam kentang mengandung Vitamin C dan antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan dini? Kentang sangat baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan dini sehingga kulit wajah tidak mudah keriput.

  1. Mengurangi bintik hitam di wajah

Kandungan antioksidan yang terdapat pada kentang tidak hanya dapat mencegah kulit wajah keriput, kandungan antioksidan yang terdapat pada kentang juga mampu membantu mengurangi bintik-bintik hitam pada kulit wajah.

  1. Melancarkan Metabolisme

Salah satu kandungan nutrisi yang paling tinggi yang terdapat pada kentang yaitu Vitamin B6, selain beberapa manfaat yang telah disebutkan diatas, Vitamin B6 juga berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh.