Kandungan Zat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh 645x312 » Kandungan Zat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh – Labu siam merupakan salah satu jenis sayuran yang  masih satu suku dengan labu-labuan. Sayuran yang juga sering disebut dengan jipang ini sering sekali dijadikan bahan untuk membuat sayur, seperti sayur asam, tumis sayur bahkan juga sering diolah menjadi jus sayur.

Sayur yang memiliki tekstur yang lembut ini ternyata memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan mengkonsumsi labu siam juga dapat memberikan manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat labu siam untuk kesehatan? Berikut ini manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh.

  1. Menurun berat badan

Manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu mengkonsumsi labu siam dapat membantu menurunkan berat badan. Sayuran yang satu ini hampir tidak memiliki kandungan kolesterol sehingga baik dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet.

  1. Mencegah kelahiran bayi yang cacat

Manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah kelahiran bayi yang cacat. Bagi ibu hamil, sayuran yang satu ini baik sekali dikonsumsi  agar saat proses melahirkan, keadaan bayi baik-baik saja dan tidak mengalami kekurangan atau cacat.

  1. Menurunkan kolesterol

Manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu mengkonsumsi labu siam dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Bagi Anda yang mengalami kelebihan kolesterol, mengkonsumsi labu siam sangat baik sebgai obat alami untuk mengontrol dan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dimana kolesterol ini bisa menjadi penyebab kegemukan.

  1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang harus kita cegah agar tidak menyerang tubuh kita karena kanker merupakan salah satu penyakit yang memiliki resiko tinggi bahkan menyebabkan kematian. Salah satu cara untuk mencegah penyakit kanker yaitu dengan mengkonsumsi labu siam. Karena kandungan zat dan vitamin yang terdapat pada labu siam memiliki manfaat unuk kesehatan tubuh yaitu dapat mencegah penyakit kanker.

  1. Sumber stamina tubuh

Selain dapat mencegah penyakit kanker, manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu sebagai sumber stamina tubuh. Kadungan kalori yang terdapat pada labu siam dapat diubah menjadi sumber energi dalam tubuh.

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh » Kandungan Zat dan Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan Tubuh

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat labu siam untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Kandungan Vitamin C yang sangat tinggi serta antioksidan yang terdapat pda labu siam berfungsi untuk mencegah penuaan dini yang ditandai dengan wajah keriput, noda hitam pada wajah. Dengan mengkonsumsi labu siam dapat membuat wajah tetap awt muda.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Seperti yang telah dijelaskan diatas, labu siam memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan yang terdapat pada labu siam tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini tapi juga berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit  lainnya.

  1. Mengobati batu ginjal

Manfaat berikutnya yang Anda dapat kan dari mengkonsumsi labu siam yaitu dapat mengobati penyakit batu ginjal. Kandungan potasium yang cukup tinggi pada sayur labu siam ini berfungsi untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga dapat mencegah dari penyakit batu ginjal.

  1. Mencegah sembelit

Salah satu penyebab penyakit sembelit tidak hanya diakibatkan karena kekurangan serat. Kekurangan asupan air dalam tubuh juga bisa menjadi salah satu penyebab sembelit. Salah satu cara untuk mengobati sembelit yaitu dengan mengkonsumsi labu siam. Selain kandungan seratnya, kandungan air yang terdapat pada labu siam juga dapat melancarkan pencernaan sehingga dapat mengobati sembelit.

  1. Membantu menurunkan darah tinggi

Salah satu manfaat potasium yang terkandung dalam labu siam selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal juga berfungsi untuk mengendalikan tekanan darah. Bagi mereka yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, labu siam dapat dijadikan obat alami untuk menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

  1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Dari berbagai manfaat yang di dapat dari mengkonsumsi labu siam untuk kesehatan tubuh, salah satunya yaitu dapat melancarkan metabolisme tubuh.  Kandungan potasium yang terdapat pada labu siam salah satunya bermanfaat untuk melancarkan metabolisme tubuh Anda.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat dari labu siam untuk kesehatan tubuh berikut nya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan dari zat Vitamin C yang cukup tinggi pada labu siam dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Dengan mengkonsumsi labu siam dapat membuat tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.