Kampung Watu Lumbung Parangtritis, Destinasi Wisata Pembentuk Hati Mulia

  • Whatsapp

Ada yang unik dari destinasi wisata yang terletak di Parangtritis, Kretek, Bantul, Jogjakarta ini. Liburan sambil have fun menikmati panorama? Itu sudah biasa. Namanya Kampung Watu Lumbung. Sepulang dari destinasi wisata satu ini dijamin tingkah laku kita akan makin positif. Tak percaya? Langsung simak saja yuk, daftar kelebihan dari spot wisata satu ini.

  1. Menghargai Alam

Penggagas pertama destinasi wisata satu ini bernama M. Boy Rifai. Beliau ingin menularkan kepada para pengunjung tentang arti menghargai alam secara nyata. Kesan kesederhanaan nan unik sangat kentara dari masing-masing sudut Kampung Watu Lumbung. Perabot yang digunakan mayoritas terbuat dari bambu dan kayu, salah satunya meja dari kurungan ayam.

Read More

Selain itu, bagi Anda yang tergerak dalam aktivitas penanaman pohon, untuk setiap bibitnya Anda akan mendapat upah sebanyak Rp. 2.500,- dan dapat ditukar dengan menu makanan di Kampung Watu Lumbung. Ada juga konservasi burung di destinasi wisata satu ini, sehingga kesan asri nan menenangkan sangatlah kental bisa dirasakan.

  1. Tes Kejujuran

Ada tempat makan di sini bernama Dapur Nusantara. Di sini pengunjung juga diajarkan untuk belajar mandiri memasak kudapan yang ingin mereka santap. Selain itu untuk pembayaran tak akan disediakan kasir. Melainkan hanya ada satu kepis atau tempat kecil yang biasanya digunakan untuk menangkap ikan, dan di sini digunakan sebagai wadah bayaran pengunjung.

Tempat makan unik ini mengadopsi sistem kantin kejujuran. Secara langsung, di sini kita mempraktikkan kejujuran dalam tindakan nyata di keseharian. Diharapkan ini dapat memantik kita agar terinspirasi untuk lebih giat menerapkan prinsip kejujuran secara lebih konsisten. Di destinasi wisata satu ini, antar pengunjung juga dibiasakan tak segan untuk saling akrab berinteraksi.

  1. Praktik Empati

Tertarik untuk menikmati kudapan gratis sambil sekaligus beramal? Kalau iya, maka ada baiknya Anda membawa buku-buku lama Anda ke sini untuk ditukar dengan berbagai menu kudapan lezat. Dengan koleksi tiga buah buku sumbangan, Anda bisa mendapat secangkir kopi serta makanan pendamping dua porsi semisal pisang bakar keju dan seterusnya.

Sangat seru bukan opsi liburan yang ditawarkan Kampung Watu Lumbung? Kita bisa liburan menikmati waktu luang sambil juga sekaligus belajar banyak hal penting tentang etika hidup yang baik. Saling peduli antar sesama dan juga sekaligus lingkungan sekitar. Wisata satu ini benar-benar tak akan terlupakan karena mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dengan hati yang mulia. Gimana penasaran kan?

Related posts