Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Pakcoy Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Pakchoy Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Pakcoy Bagi Kesehatan Tubuh

Pakcoy adalah salah satu jenis sayuran hijau yang jika dilihat secara sekilas nampak seperti sawi, namun memiliki ukuran yang lebih pendek dan daun yang lebih lebar. Pakcoy merupakan sayuran hijau yang berasal dari China namun kini banyak ditemukan di pasar tradisional di Indonesia, bahkan masyarakat Indonesia pun banyak menyukai sayuran hijau yang satu ini. Rasanya yang gurih, renyah dan sedikit memiliki rasa manis ini ternyata memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat pakchoy bagi kesehatan? Berikut ini beberapa manfaat pakchoy bagi kesehatan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan Mata

Pakchoy merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang memiliki kandungan Vitamin A cukup tinggi yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu kandungan beta karotin yang terdapat pada sayur pakchoy juga bermanfaat untuk kesehatan organ mata yakni retina. Sehingga dengan mengkonsums sayur pakchoy dapat meningkatkan kesehatan mata. Bagi yang mengalami masalah pada penglihatan, sayur pakchoy baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit mata.

  1. Mencegah Terjadinya Kanker

Manfaat pakchoy bagi kesehatan tubuh beriktunya yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Di dalam pakchoy mengandung senyawa anti kanker yakni glucosinolate yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan dan perkembanga senyawa penyebab kanker. Dengan mengkonsumsi pakchoy dapat menjadi cara alami untuk mencegah penyakit kanker.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Selain dapat mencegah penyakit kanker, manfaat pakchoy bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Tidak hanya jeruk, sayur pakchoy juga mengandung Vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pakchoy bagi kesehatan tubuh yang keempat yaitu dapat menjaga kesehatan jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting sehingga menjaga kesehatan jantung merupakan hal yang penting juga. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan mengkonsumsi sayur pakchoy. Pakchoy mengandung asam folat dan Vitamin B yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

  1. Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Tulang

Manfaat Pakchoy Bagi Kesehatan Tubuh » Inilah Kandungan Gizi dan Manfaat Pakcoy Bagi Kesehatan Tubuh

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, manfaat pakchoy bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tulang Anda. Beberapa kandungan zat yang terdapat pada Pakchoy yakni Vitamin K dan Kalsium bermanfaat baik untuk memperkuat tulang Anda dan mejaga kesehatan tulang, volume tulang menjadi lebih padat agar tidak mudah rapuh dan mencegah terjadinya penyakit osteoporosis.

  1. Mencegah Cacat Pada Bayi yang baru lahir

Selain bermanfaat untuk memperkuat tulang dan menjaga kesehatan tulang, manfaat pakchoy untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah cacat pada bayi yang baru lahir. Banyak hal yang menyebabkan bayi lahir cacat pada proses melahirkan. Tentunya hal ini jangan sampai terjadi kepada siapapun.  Agar bayi normal dan tidak cacat, saat masa kehamilan ibu disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi agar janin dalam kandungan mengalami masa pertumpuhan yang sempurna. Salah satu asupan makanan yang baik dikonsumsi bagi ibu hamil yaitu pakchoy. Pak choy mengandung asam folat yang baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungan sehingga mencegah terjadinya kelahiran bayi cacat.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat Pakchoy bagi kesehatan yang ketujuh yaitu dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh.  Sama halnya dengan bawang putih, Pakchoy memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan tekanan darah melalui zat kalium yang terdapat pada Pakchoy. Selain kalium, Pakchoy juga mengandung natrium dimana kedua zat ini baik untuk mencegah hipertensi sehingga baik dikonsumsi sebagai obat alami untuk mencegah dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat Pakchoy bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu Pakchoy baik dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Pakchoy memiliki kandungan zat yang mampu mencegah perkembangan lemak sehingga mampu mengontrol berat badan serta baik untuk menurunkan berat badan.

  1. Mencegah Peradangan

Manfaat Pakchoy bagi kesehatan yang kesembilan yaitu pakchoy dapat mencegah peradangan. Pakchoy mengandung antioksidan yang tidak hanya berfungsi untuk menangkal radikal bebas tapi juga baik untuk mencegah inflamasi atau peradangan.

  1. Mencegah terjadinya Alzeimer

Selain dapat mencegah peradangan, manfaat Pakchoy bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah terjadinya penyakit Alzheimer. Kandungan fosfor yang terdapat pada pakchoy bermanfaat untuk menutrisi kesehatan otak sehingga dapat mencegah terjadinya Alzeimer.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan antioksidan yang terdapat pada pakchoy tidak hanya berfungsi untuk mencegah peradangan atau inflamasi, kandungan antioksidan juga baik untuk mencegah penuaan dini serta mencegah radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat Pakchoy bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Pakchoy merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang mengandung serat cukup tinggi yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan serta melancarkan sistem pencernaan sehingga dapat mencegah penyakit sembelit atau susah BAB.