Manfaat Daun Kucai Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Kucai merupakan salah satu jenis sayuran yang mungkin bagi mereka yang tidak mengenal berbagai jenis sayuran serta bumbu dapur akan mengira daun ini merupakan rumput biasa. Bagaimana tidak, daun kucai memang memiliki bentuk yang sekilas terlihat seperti rumput biasa. Jika disamakan dengan jenis sayuran, daun kucai mirip dengan daun bawang, akan tetapi daun bawang memiliki warna hijau yang lebih pekat dibandingkan daun kucai.

Meskipun bentuk fisiknya mirip dengan rumput biasa, ternyata daun kucai memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah bagi Anda yang belum mengetahui kandungan zat apa saja yang terkandung dalam daun kucai serta manfaatnya bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat daun kucai bagi kesehatan.

Read More

  1. Obat sembelit

Manfaat daun kucai bagi kesehatan yang pertama yaitu daun kucai baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengobati sembelit. Kandungan zat yang terdapat pada daun kucai bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga dapat dijadikan obat alami untuk mengatasi sembelit.

  1. Mencegah diare

Diare merupakan salah satu penyakit yang umum dan sering sekali menyerang kita, namun tahukah Anda jika tidak diatasi dengan cepat diare dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan bahkan akan berdampak pada kematian. Nah, salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit diare yaitu daun kucai. Dengan menambahkan daun kucai di masakan yang Anda konsumsi dapat membantu mencegah penyakit diare.

  1. Menyehatkan  sistem pencernaan

Selain dapat mencegah penyakit sembelit, tentunya salah satu manfaat dari mengkonsumsi daun kucai yaitu dapat menyehatkan sistem pencernaan. Dimana jika sistem pencernaan sehat tentunya pencernaan akan lancar dan dapat mencegah berbagai penyakit yang menyerang pencernaan seperti sembelit.

  1. Mencegah kanker

Manfaat daun kucai bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit kanker.Di dalam daun kucai terkandung zat anti kanker sehingga daun kucai baik sekali dikonsumsi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit kanker yakni penyakit yang cukup beresiko tinggi.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat lain dari daun kucai yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Daun kucai memiliki kandungan Vitami C yang cukup tinggi yakni sekitar 17mg sehingga tubuh menjadi lebih kuat dan tahan terhadap serangan bakteri dan virus sehingga tidak mudah sakit.

  1. Mencegah Sariawan

Kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yang terdapat pada daun kucai tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada daun kucai bermanfaat baik untuk mencegah sariawan.

  1. Sebagai sumber energi

Manfaat daun kucai bagi kesehatan tubuh yang ketujuh yaitu menjadi sumber energi bagi tubuh. Daun kucai memiliki kandungan 45 kkal dimana kandungan kalori tersebut akan diolah dan diubah ke dalam bentuk energi di dalam tubuh.

  1. Baik Untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Selain sebagai sumber energi, salah satu manfaat daun kucai bagi kesehatan tubuh yaitu baik untuk kesehatan tulang. Daun kucai memiliki kandungan protein dan kalsium yang cukup tinggi, dimana kedua zat ini baerfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, kalsium juga berfungsi untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi Anda.

  1. Baik untuk otot

Protein serta kalsium yang terdapat pada daun kucai tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, kedua zat yang terkandung dalam daun kucai ini baik juga untuk meningkatkan massa otot Anda.

  1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Manfaat daun kucai bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu mampu membantu melancarkan metabolisme tubuh. Kandungan fosfor yang terdapat pada daun kucai berfungsi untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh atau sisa-sisa metabolisme (ekskresi).

  1. Baik untuk otak

Tidak hanya berfungsi untuk melancarkan metabolisme tubuh, kandungan fosfor yang terdapat pada daun kucai juga bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan otak Anda. Tidak hanya itu fosfor juga baik untuk perbaikan sel-sel yang rusak di dalam tubuh.

  1. Melancarkan oksigen dalam tubuh

Manfaat daun kucai bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat melancarkan oksignen di dalam tubuh. Saat Anda mengalami pusing atau sakit kepala, salah satu penyebabnya bisa jadi karena tubuh Anda kekurangan oksigen atau oksigen yang mengalir menuju otak hanya sedikit. Nah, daun kucai merupakan salah satu sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk melancarakan oksigen dalam tubuh. Kandungan zat besi yang terdapat pada daun kucai berfungsi untuk membentuk zat hemoglobin yang berfungsi untuk membawa atau mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Mencegah dan mengobati Anemia

Selain melancarkan oksigen dalam tubuh, manfaat lain kandungan zat besi yang terdapat pada daun kucai baik sekali untuk mencegah dan mengobati Anemia dimana Anemia merupakan penyakit saat tubuh kekurangan sel darah merah atau zat hemoglobin.

Related posts