Cara Mempercepat Google Chrome Ketika Digunakan Browsing Multi Tab

tips Mempercepat Google Chrome Ketika Digunakan Browsing Multi Tab 772x312 » Cara Mempercepat Google Chrome Ketika Digunakan Browsing Multi Tab

It's fast_Car (Campaign 1 of 3)

Semenjak diperkenalkan di tahun 2008, Google Chrome memang sudah sangat mantap menancapkan fondasinya sebagai browser terbaik hingga saat ini. Popularitasnya sebagai browser tercepat membuat Google Chrome semakin menjadi pilihan browser default bagi pemilik gadget ketika mengakses internet.

Namun sayangnya, setelah sekian lama, prestasi Google Chrome sebagai browser tercepat terasa semakin memudar. Chrome semakin terasa menurun performanya dan bahkan semakin memburuk jika dibandingkan dengan browser lain yang terus berbenah diri.

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Chrome adalah menurunnya performa ketika digunakan browsing multi tab. Lalu apakah memang tidak ada cara mempercepat Google Chrome terutama ketika digunakan untuk melakukan browsing multi tab?

Sebenarnya ada beberapa cara mempercepat Google Chrome terutama jika sedang digunakan untuk melakukan browsing multi tab. Anda bisa mencoba beberapa cara mempercepat Google Chrome yang akan dijelaskan selengkapnya di artikel ini.

tips Mempercepat Google Chrome Ketika Digunakan Browsing Multi Tab 1024x633 » Cara Mempercepat Google Chrome Ketika Digunakan Browsing Multi Tab

It’s fast_Car (Campaign 1 of 3)

5 Cara Mempercepat Performa Google Chrome Ketika Digunakan Browsing Multi Tab

Saat ini memang performa Google Chrome bisa dikatakan setara seperti kebanyakan browser, terutama jika digunakan browsing multi tab.

Jadi jangan heran jika saat ini anda merasakan Google Chrome semakin lemot. Bukan anda saja yang merasakan hal tersebut.

Semakin lambatnya performa Google Chrome ini sebenarnya disebabkan karena semakin banyaknya fitur menarik yang ditambahkan oleh pengembang. Namun sayangnya, hal tersebut justru berbalik menjadi kerugian terbesar dari Google Chrome.

Namun demikian, sebenarnya masih ada beberapa cara mempercepat Google Chrome terutama jika anda ingin menggunakan fitur browsing multi tab. Berikut ini adalah beberapa cara efektif untuk mempercepat performa browser Google Chrome:

  1. Menonaktifkan ekstensi yang tidak begitu anda butuhkan

Jika anda ingin menggunakan fitur multi tab, maka sebaiknya atur terlebih dahulu ekstensi apa saja yang aktif di Google Chrome.

Sedikit banyak, ekstensi yang aktif di background software Chrome juga mempengaruhi perfoma. Semakin banyak ekstensi yang anda aktifkan, maka akan semakin lambat juga performa Google Chrome.

Bagi anda yang perlu membuka lebih dari 5 tab, sebaiknya non aktifkan semua ekstensi yang terpasang di Google Chrome terlebih dahulu untuk meningkatkan kembali performanya.

  1. Hapus terlebih dahulu cache dan riwayat penelusuran

Sebelum anda menggunakan fitur multi tab di Google Chrome, ada baiknya hapus terlebih dahulu cache ataupun riwayat penelusuran anda. Cache atau riwayat penelusuran juga dapat mempengaruhi performa Chrome.

Jika anda tidak mau repot, anda bisa menghapus cache maupun riwayat penelusuran di Google Chrome secara otomatis dengan menggunakan software tambahan seperti CCleaner.

  1. Mengurangi fitur Google Chrome dari task manager

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows di laptop maupun komputer, ada satu cara mempercepat Google Chrome yang juga cukup membantu yaitu dengan mengurangi fitur Google Chrome dari task manager.

Setelah anda membuka Google Chrome dan melakukan penelusuran, bukalah task manager dan mulailah kurangi fitur-fitur yang tidak dibutuhkan di Google Chrome.

  1. Aktifkan fitur akselerasi perangkat keras di dalam Google Chrome

Satu lagi cara mempercepat Google Chrome yang juga cukup efektif adalah dengan mengaktifkan fitur akselerasi perangkat keras. Untuk mengaktifkan fitur tersebut, anda hanya perlu masuk kedalam menu pengaturan sistem di dalam Google Chrome.

Mengaktifkan fitur akselerasi menggunakan perangkat keras akan sangat meningkatkan performa Google Chrome terutama ketika anda menggunakan fitur multi tab.

Namun demikian, spesifikasi komputer maupun laptop anda juga harus cukup tinggi jika ingin merasakan fitur ini secara maksimal. Jika spesifikasi komputer atau laptop anda masih terbilang rendah, fitur ini tidak akan terlalu membantu.

  1. Jangan menggunakan tema apapun untuk mempercantik tampilan Google Chrome

Cara mempercepat Google Chrome yang terakhir adalah dengan tidak menggunakan tema apapun. Anda memang bisa menggunakan berbagai macam tema seperti layaknya ekstensi di Google Chrome.

Tema tersebut digunakan untuk mempercantik tampilan Google Chrome yang anda gunakan. Namun sayangnya, penggunaan tema di Chrome ini juga menjadi salah satu penyebab penurunan performanya.

Oleh sebab itu, jika anda sering browsing dengan menggunakan multi tab, ada baiknya hindari untuk memasang tema khusus pada Google Chrome yang anda gunakan.

Meskipun Google Chrome memang sudah tidak memiliki performa yang sama seperti dulu kala, namun browser ini masih cukup menarik untuk digunakan karena masih banyak kelebihannya jika dibandingkan dengan kekurangannya.

Dan lagi, masalah performa yang menurun tersebut sudah bisa diatasi dengan menggunakan beberapa cara mempercepat Google Chrome yang sudah dibahas d artikel ini.