Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan 645x312 » Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan

Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan – Selain kol, bunga kol atau yang biasa disebut kembang kol, ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak kalah berlimpah dari kol yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Jika dilihat sekilas, kembang kol memang memiliki bentuk yang mirip atau hampir sama dengan brokoli. Namun jenis sayuran yang satu ini tentunya memiliki tekstur, rasa yang berbeda jika di masak. Lalu kandungan yang ada pada kembang kol memiliki manfaat apa saja sih bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat kembang kol untuk kesehatan tubuh.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pertama dari kembang kol yaitu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kembang kol mengandung Vitamin K yang cukup tinggi yang berfungsi untuk melancarkan peredaran serta sirkulasi darah dalam tubuh sehingga dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan senyawa glucoraphanin yang terdapat pada kembang kol juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung dimana senyawa ini berfungsi untuk mencegah terjadinya penyumbatan di dalam saluran darah.

  1. Memperkuat tulang

Vitamin K yang terdapat pada kembang kol tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, akan tetapi Vitamin K yang terdapat pada kembang kol juga memiliki manfaat yang baik untuk memperkuat tulang. Vitamin K berfungsi untuk mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang serta mencegah peradangan sehingga kesehatan sendi dan tulang tetap terjaga.

  1. Meningkatkan kinerja otak

Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting. Jika tterjadi masalah pada otak, tentunya akan terjadi masalah pada tubuh lainnya karena otak merupakan salah satu sumber saraf yang dapat menggerakkan anggota tubuh kita. Kembang kol merupakan salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi untuk meningkatkan kinerja otak. Kandungan Vitamin B6, kalium, kolin serta fosfor berfungsi memperbaiki dan meningkatkan fungsi saraf pada otak.

  1. Mengatasi stroke

Manfaat kembang kol untuk kesehatan berikutnya yaitu kembang kol baik dikonsumsi untuk mengatasi penyakit stroke. Banyak sekali penyebab terjadinya penyakit stroke seperti merokok, tekanan darah tinggi, terlalu banyak bekerja hingga terjadi masalah pada saraf otak sehingga menyebabkan penyakit stroke.

Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan » Kenali Kandungan Gizi dan Manfaat Kembang Kol Untuk Kesehatan

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit stroke yaitu dengan engkonsumsi kembang kol. Kandungan senyawa allicin yang terdapat pada kembang kol bermanfaat baik untuk mencegah dan mengaobati penyakit stroke.

  1. Mengobati diabetes

Selain dapat mengatasi penyakit stroke, salah satu manfaat dari kembang kol juga mampu mengobati penyakit diabetes. Kembang kol mengandung zat kalium serta Vitamin B6 dimana kedua zat ini berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga bisa mencegah serta menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit diabetes.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kandungan kembang kol untuk kesehatan tubuh berikutnya yaitu mampu meningkatkan dan memperkuatn sistem imun atau kekebalan tubuh. Di dalam kembang kol mengandung zat antioksidan serta Vitamin C yang cukup tinggi yang bermanfaaat untum meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  1. Mengatasi kanker

Selain dapat mengatasi penyakit stroke, kembang kol juga bermanfaat untuk mengatasi penyakit yang cukup serius lainnya seperti kanker. Kandungan senyawa yang terdapat pada kembang kol dapat menghambat pertumbuhan senyawa pembentuk kanker sehingga kembang kol baik sekali dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi penyakit kanker.

  1. Mengatasi sembelit

Sayuran hijau memang baik sekali dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan, termasuk juga kembang kol. Salah satu jenis sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan serat yang cukup tingi yang baik untuk melancarkan sistem percernaan sehingga mampu mengatasi masalah sembelit.

  1. Baik dikonsumsi ibu hamil untuk kesehatan janin

Ibu hamil wajib untuk mengkonsumsi berbagai makanan sehat agar nutrisi janin dalam kandungannya pun tercukupi sehingga perkembangan janin dalam kandungan sehat dan baik-baik saja. Salah satu asupan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil yaitu kembang kol. Kembang kol mengandung gizi yang cukup banyak yang baik sekali untuk kesehatan ibu dan janin. Folat yang terkandung dalam kembang kol baik sekali untuk pertumbuhan dan kesehatan janin.

  1. Memperlancar proses kelahiran

Selain baik untuk perkembangan janin, kembang kol juga memiliki manfaat untuk kesehatan ibu hamil lainnya yakni dapat membantu memperlancar proses kelahiran. Berbagai kandungan gizi yang terdapat pada kembang kol mampu meningkatkan kekebalan tubuh sang ibu sehingga ibu akan tetap sehat dan kuat yang mampu menunjang proses kelahiran.

  1. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kembang kol merupakan salah satu sayuran yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan Anda. Kandungan serat yang tinggi dapat melancarkan pencernaa sehingga tidak menyebabkan penumpukan sisa-sisa makanan yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan perut buncit. Di dalam kembang kol juga mengandung zat anti obesitas serta rendah kalori sehingga baik dikonsumsi untuk program diet Anda.

  1. Awet muda

Siapa yang tidak menginginkan tubh dan wajah yang tetap kencang dan awet muda, tentunya semua orang menginginkannya. Salah satu cara agar tetap awet muda tentunya dengan menjaga pola hidup yang baik, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Kembang kol merupakan salah satu asupan yang baik untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda. Kandungan antioksidan yang terdapat pada kembang kol berfungsi untuk mencegah penuaan dini sehingga kulit tubuh da wajah akan terlihat tetap kencang dan awet muda.