Kekurangan Sistem Operasi Macintosh yang Membuatnya Kalah Tenar dari Windows

Kekurangan Sistem Operasi Macintosh yang Membuatnya Kalah Tenar dari Windows 772x312 » Kekurangan Sistem Operasi Macintosh yang Membuatnya Kalah Tenar dari Windows

Jika ditanya mengenai sistem operasi yang mereka gunakan di komputer maupun laptop, pasti kebanyakan orang akan menjawabnya dengan Windows. Entah mereka menggunakan seri Windows keberapa, namun yang pasti kebanyakan orang menggunakan sistem operasi Windows.

Sebenarnya Windows bukan satu-satunya sistem operasi yang mempunyai banyak kelebihan. Selain Windows, sebenarnya masih ada sistem operasi Macintosh yang juga tidak kalah dari segi fiturnya.

Namun kenapa sistem operasi Macintosh kalah populer jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows yang dibuat oleh Microsoft? Jika anda ingin mengetahui apa yang membuat sistem operasi Macintosh kalah populer jika dibandingkan dengan OS buatan Microsoft, anda bisa baca langsung penjelasan selengkapnya di artikel ini.

4 Kelebihan yang Justru Menjadi Kekurangan Terbesar dari Sistem Operasi Macintosh

Berbicara mengenai sistem operasi Macintosh, memang tidak mungkin anda menemukan kekurangannya. Sistem operasi Macintosh bisa dikatakan seperti dewanya sistem operasi.

Sampai saat ini, memang tidak ada satupun sistem operasi lain yang bisa mengalahkan kestabilan dan juga keamanan dari sistem Macintosh. Namun sayangnya, kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki oleh OS Mac justru menjadi kekurangan terbesarnya.

Karena beberapa kelebihan tersebut, sistem operasi Macintosh justru menjadi kurang populer jika dibandingkan dengan sistem operasi Windows.

Kekurangan Sistem Operasi Macintosh yang Membuatnya Kalah Tenar dari Windows 1024x686 » Kekurangan Sistem Operasi Macintosh yang Membuatnya Kalah Tenar dari Windows

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari Mac OS yang justru membuatnya hanya menjadi bayang-bayang bagi OS Windows:

  1. Sangat mendukung pengerjaan desain dan bisnis

Salah satu kelebihan dari OS Mac adalah benar-benar mendukung pengerjaan desain dan juga bisnis. Berbicara mengenai desain, memang OS Mac jauh lebih tangguh dibandingkan dengan OS Windows, terutama dalam hal tampilan warna yang sangat baik.

Mayoritas desainer kondang pasti lebih memilih menggunakan Mac maupun Mac Book dibandingkan dengan komputer atau laptop yang menggunakan OS Windows. Salah satu alasannya adalah karena OS Mac bisa menjaga warna tetap sama ketika dicetak.

Sayangnya, kelebihan sistem operasi Macintosh ini tidak begitu dilihat oleh kebanyakan orang. Tanpa fitur inipun, setiap orang masih bisa membuat desain berkualitas.

  1. Sangat aman dibandingkan dengan OS Windows

Salah satu kelebihan utama dari sistem operasi Macintosh adalah keamanannya. Anda tidak bisa dengan mudah masuk kedalam sebuah perangkat Mac maupun Mac Book tanpa memiliki password.

Anda bahkan membutuhkan Apple ID jika ingin membuka beberapa data penting yang tersimpan di dalam Icloud. Sekilas hal ini memang merupakan satu kelebihan yang luar biasa dari sebuah sistem operasi.

Namun sayangnya, kelebihan luar biasa dari sistem operasi Macintosh dalam hal keamanan ini bisa menjadi bumerang bagi penggunanya. Karena begitu amannya, maka jangan sampai anda lupa Apple ID maupun password anda.

Jika anda sampai lupa dengan Apple ID dan juga password yang anda miliki, kemungkinan besar anda harus merasakan sulitnya membuka Mac maupun Mac Book anda.

  1. Sebuah OS yang prestisius

Kebanyakan orang yang menggunakan sistem operasi Macintosh sebenarnya tidak pernah membutuhkan semua kelebihannya. Mayoritas orang yang menggunakan produk dari Apple terutama Mac dan Mac Book hanya mengincar gengsi saja.

Kenapa? Karena bisa dikatakan bahwa semua produk yang menggunakan sistem operasi Macintosh adalah produk yang bergensi. Hanya ada beberapa pengguna saja yang sebenarnya memang memanfaatkan semua kelebihan dari sistem operasi dari Apple ini. Sisanya hanya ingin mendapatkan pengakuan dari lingkungan sekitar saja.

  1. Sebuah sistem yang independen

Jika diperhatikan, keamanan dari sistem operasi Macintosh disebabkan karena Apple benar-benar independen dalam mengembangkan sistem operasinya.

Karena filosofi independen inilah, sistem operasi Macintosh justru mempunyai satu kekurangan terbesar jika dibandingkan dengan OS Windows. Karena dibuat secara independen, jelas dukungan aplikasi yang bisa digunakan bersamaan dengan Mac OS ini sangat sedikit.

Selain itu, perangkat yang bisa menggunakan OS Mac secara maksimal juga hanya yang diproduksi oleh Apple sendiri.

Karena alasan tersebut, maka pengguna sama sekali tidak memiliki pilihan untuk bisa menggunakan sistem operasi Macintosh tanpa menggunakan perangkat dari Apple.

Berbeda jauh dengan sistem Windows yang bisa digunakan hampir di semua laptop maupun komputer. Anda bahkan bisa merakit sendiri komputer sesuai dengan kemauan dan kemampuan tanpa perlu khawatir tidak bisa menggunakan OS Windows.

Sekilas memang sistem operasi Macintosh tampak tidak memiliki celah. Sekilas OS Mac memang bisa dikatakan sebagai dewanya sistem operasi. Namun sayangnya, semua kelebihan dari sistem operasi Macintosh justru bisa berbalik menjadi kekurangan terbesarnya.