Manfaat dan Kandungan Zat Terong Ungu Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Terong ungu merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak digemari orang khususnya jika dimasak menjadi balado. Teksturnya yang lembut berpadu dengan bumbu balado membuat olahan terong ungu ini menjadi salah satu menu pendamping nasi favorit sebagian orang. Dibalik rasanya yang nikmat jika diolah dengan bumbu balado, terong ungu ternayata memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya belum banyak masyarakat yang tahu kandungan zat serta manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh? Berikut ini manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh.

  1. Meredakan  Nyeri Perut

Manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu terong ungu baik dikonsumsi untuk mengobati nyeri perut. Banyak hal yang menyebabkan sakit perut, baik itu karena salah mengkonsumsi makanan maupun karena asam lambung naik atau magg. Nah, salah satu makanan yang aman dikonsumsi untuk meredakan nyeri perut yaitu terong ungu. Kandungan gizi yang terdapat pada terong ungu bermanfaat untuk meredakan nyeri perut.

Read More

  1. Mengontrol Asam Lambung untuk mencegah penyakit maag

Magg merupakan salah satu penyakit yang cukup menyiksa, dimana ulu hati terasa sakit dan perih dikarenakan asam lambung naik. Untuk mengontrol asam lambung, tentunya kita harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Menghindari makanan yang mengandung asam. Nah, salah satu asupan makanan yang baik dikonsumsi untuk mengontrol asam lambung yaitu terong ungu. Terong ungu mengandung zat yang dapat mengontrol asam lambung sehingga dapat mencegah penyakit magg.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu terong ungu baik dikonsumsi untuk mencegah penuaan dini.Terong ungu memiliki kandungan zat yang berfungsi untuk mencegah beberapa gejala penuaan dini seperti kulit wajah keriput atau kerutan pada wajah, noda hitam pada kulit, kusam, bahkan pikun. Untuk mencegah beberapa gejala penuaan dini, terong ungu merupakan salah satu asupan yang baik.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Selain dapat mencegah penuaan dini, manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Tidak hanya sayur wortel atau pun tomat, ternyata terong ungu juga bermanfaat baik untuk meningkatkan penglihatan. Terong ungu memiliki kandungan Vitamin A dimana Vitamin A berfungsi baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan mata sehingga dapat mencegah penyakit rabun serta masalah mata lainnya.

  1. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Layaknya jenis sayuran lain, terong ungu juga memiliki kandungan serat yang cukup baik untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Dengan mengkonsumsi terong ungu dapat membantu mencegah penyakit atau masalah pencernaan.

  1. Meningkatkan  Kesuburan pada Pria dan Wanita

Ini dia salah satu manfaat yang paling terkenal dari terong ungu yaitu dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita. Kandungan zat yang terdapat pada terong ungu selain berfungsi untuk menjaga kesehatan organ reproduksi juga dapat membantu memproduksi hormon estrogen pada wanita maupun testosteron pada pria.

  1. Meningkatkan Massa Otot

Manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu terong ungu bermanfaat baik untuk meningkatkan massa otot. Bagi Anda khususnya pria yang ingin membentuk otot Anda menjadi lebih kuat salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi terong ungu. Kandungan protein yang terdapat pada terong ungu berfungsi untuk meningkatkan massa otot Anda sehingga otot menjadi lebih kuat dan tubuh menjadi lebih kekar.

  1. Baik untuk menurunkan berat badan

Selain dapat meningkatkan massa otot, manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menurunkan berat badan. Terong ungu memiliki kandungan kalori yang cukup rendah sehingga terong ungu baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, terong ungu merupakan salah satu asupan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan Anda.

  1. Mencegah kanker

Manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh yang ke sembilan yaitu dapat mencegah kanker. Terong ungu mengandung zat yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan senyawa pembentuk sel kanker. Sehingga dengan mengkonsumsi terong ungu dapat menurunkan resiko penyakit kanker.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Selain dapat mencegah kanker, terong ungu juga ternyata memiliki kandungan zat yang baik bagi kecantikan kulit Anda. Terong ungu memiliki kandungan Vitamin E yang berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit yaitu diantaranya dapat meregenerasi sel-sel kulit yang mati, melembabkan kulit sehingga kulit tampak sehat.

  1. Membuat jantung  sehat

Manfaat berikutnya yang bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi terong ungu yaitu dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungannya yang rendah kalori tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan tapi juga bermanfaat baik untuk mencegah resiko penyakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi terong ungu dapat membantu membuat jantung menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Related posts