Langkah Mudah Upgrade Mac OS X Menjadi OS Mac Terbaru High Sierra

Cara Upgrade Mac OS X Menjadi OS Mac Terbaru High Sierra 772x312 » Langkah Mudah Upgrade Mac OS X Menjadi OS Mac Terbaru High Sierra

Mac OS X merupakan sistem operasi yang digunakan di desktop maupun laptop buatan Apple. Sistem operasi Mac OS X ini mulai diperkenalkan pada tahun 2001. Semenjak diperkenalkan di tahun 2001, Mac OS X sering mendapatkan peningkatan fitur setiap tahunnya.

Namun demikian, Mac OS X sudah ketinggalan jaman bagi anda yang menggunakan perangkat desktop maupun laptop dari Apple. Kenapa? Karena sekarang sudah ada OS Mac terbaru untuk produk Mac yang diberi nama Mac OS High Sierra.

Menariknya, anda yang masih menggunakan Mac OS X bisa dengan mudah melakukan upgrade sistem menjadi OS Mac terbaru tersebut.

Anda mau mencoba merasakan fitur-fitur baru yang terdapat di dalam sistem operasi Mac OS High Sierra tersebut? Yuk langsung pelajari bagaimana cara upgrade sistem operasi Mac lama anda menjadi OS Mac terbaru selengkapnya di artikel ini.

Cara Upgrade Mac OS X Menjadi OS Mac Terbaru High Sierra 1024x685 » Langkah Mudah Upgrade Mac OS X Menjadi OS Mac Terbaru High Sierra

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade Sistem Operasi Mac Menjadi OS Mac Terbaru

Sebelum upgrade sistem OS Mac anda dengan OS Mac terbaru High Sierra, ada baiknya anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan upgrade Mac OS X menjadi OS Mac terbaru yaitu High Sierra yang benar:

  • Cek apakah perangkat didukung OS Mac terbaru

Ya, memang OS Mac terbaru yang diberi nama High Sierra memiliki lebih banyak fitur menarik jika dibandingkan dengan OS Mac sebelumnya. Namun demikian, tidak semua perangkat Mac bisa menggunakan sistem operasi terbaru ini.

OS Mac terbaru High Sierra ini hanya bisa digunakan di perangkat seperti Mac Book Late 2009, IMac Late 2009, Mac Book Air generasi 2010, Mac Book Pro generasi 2010, IMac generasi 2010, Mac Pro generasi 2010, dan tentu saja perangkat yang lebih baru dari perangkat yang sudah disebutkan.

  • Backup data terlebih dahulu

Sebelum melakukan upgrade OS Mac terbaru, ada baiknya lakukan backup data terlebih dahulu. Kenapa harus back up data? Bukankah upgrade OS Mac tidak menyebabkan data anda lenyap?

Memang benar bahwa proses upgrade OS tidak akan menyebabkan data-data anda lenyap seperti halnya proses INUL. Namun demikian, back up data ini lebih ditujukan untuk berjaga-jaga jika sampai ada masalah ketika anda melakukan upgrade OS.

Jika sampai ada masalah, tentu saja anda tidak akan bisa mengakses data anda bukan? Oleh sebab itu, untuk berjaga-jaga, lebih baik back up terlebih dahulu semua data penting anda.

Untuk masalah back up data, anda bisa menggunakan fitur bawaan dari Apple seperti Time Machine. Kenapa? Karena setelah anda selesai melakukan upgrade OS Mac terbaru, anda bisa dengan mudah mengembalikan data yang anda back up.

  • Cek dukungan aplikasi yang anda gunakan terhadap OS Mac High Sierra

Satu hal lagi yang perlu anda cek sebelum melakukan upgrade Mac OS X menjadi OS Mac terbaru High Sierra. Anda juga perlu memperhatikan aplikasi-aplikasi apa saja yang anda pasang di dalam komputer atau laptop anda.

Pastikan bahwa semua aplikasi tersebut sudah mendukung pembaruan OS Mac terbaru High Sierra.

Langkah-Langkah Upgrade Mac OS X Menjadi OS Mac Terbaru High Sierra

Jika anda sudah memperhatikan berbagai macam hal penting dan sudah memastikan bahwa perangkat anda bisa menggunakan OS Mac terbaru High Sierra, maka berikut ini adalah langkah-langkah melakukan upgrade OS Mac:

  • Hidupkan perangkat Mac maupun Mac Book.
  • Tekan dan tahan tombol Command dan R ketika Mac atau Mac Book mulai melakukan booting sistem.
  • Jika anda menekan tombol Command dan R di waktu yang tepat, maka anda akan dibawa menuju layar pengaturan Mac OS.
  • Anda wajib menghubungkan Mac maupun Mac Book dengan jaringan internet.
  • Setelah perangkat Mac maupun Mac Book terkoneksi dengan internet, anda hanya perlu memilih install ulang Mac OS.
  • Perangkat Mac maupun Mac Book akan melakukan pengunduhan OS Mac terbaru langsung dari server Apple. Proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena tergantung dari kecepatan koneksi internet yang anda gunakan.
  • Setelah semua data OS Mac terbaruHigh Sierra berhasil diunduh, Mac maupun Mac Book akan secara otomatis melakukan pemasangan OS terbaru.

Proses upgrade OS Mac terbaru High Sierra ini memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan upgrade OS Mac ini ketika anda benar-benar mempunyai waktu luang.

Selain itu, sangat dianjurkan untuk melakukan charging ketika upgrade OS Mac terbaru High Sierra (khususnya bagi perangkat Mac Book).