Manfaat dan Kandungan Nutrisi Buah Kiwi yang Baik Bagi Kesehatan

  • Whatsapp

Manfaat Buah Kiwi Bagi Kesehatan – Buah kiwi merupakan salah satu buah dengan rasa masam namun menyegarkan. Selain sering diolah dijadikan jus, sup buah, buah yang satu ini juga sering diolah menjadi bahan tambahan untuk puding, cake dan masih banyak lagi.

Buah yang sekilas tampak seperti sawo namun memiliki warna hijau dan berbiji kecil-kecil ini harus diolah secara benar, karena jika salah mengolah, buah kiwi akan meninggalkan rasa gatal.

Read More

Tahukah Anda jika buah kiwi ternyata memliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh? berikut ini beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh.

  1. Membantu mengontrol tekanan darah

Selain jambu biji, buah kiwi ternyata memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh yaitu dapat membantu mengontrol tekanan darah. Buah kiwi memiliki kandungan zat seperti kalium yang tidak hanya dapat melancarkan aliran darah tapi juga dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kiwi baik dengan cara di jus maupun diolah dengan cara lain dapat mencegah penyakit hipertensi.

  1. Membantu tubuh dalam mencerna makanan

Sayur dan buah merupakan asupan makanan yang baik dikonsumsi karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang baik untuk melancarkan pencernaan. Begitupun dengan buah kiwi, buah yang berwarna hijau ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi yang dapat membantu tubuh dalam melancarkan proses pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah kiwi dapat mencegah penyakit sembelit dan susah buang air besar.

  1. Menangkal radikal bebas

Manfaat kiwi bagi kesehatan tubuh selain dapat membantu mencerna makanan juga bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Buah kiwi memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan dimana kedua zat ini berfungsi baik dalam menagkal radikal bebas dimana radikal bebas ini menjadi salah satu penyebab timbulnya beberapa penyakit yang menyerang tubuh.

  1. Mencegah kanker

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh yang keempat yaitu buah kiwi bermanfaat untuk mencegah kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan beresiko tinggi terhadap kematian. Kandungan gizi yang terdapat pada buah kiwi dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi buah kiwi dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain dapat mencegah penyakit kanker, buah kiwi memiliki manfaat yang baik bagi esehatan tubuh salah satunya yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Buah kiwi memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi dimana Vitamin C sangat berperan dan berfungsi untuk meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah kiwi dapat meningkatkan daya tubuh. Tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Membantu program diet

Manfaat berikutnya dari mengkonsusmi buah kiwi bagi kesehatan tubuh yaitu dapat membantu program diet. Bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah yang satu ini baik sekali dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain rendah kalori, kandungan serat yang tinggi dapat mencegah penumpukan lemak jahat di dalam tubuh sehingga dapat mencegah kegemukan.

  1. Mencegah dan mengatasi diabetes

Selain baik dikonsumsi untuk membantu program diet Anda, buah kiwi ini sangat bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes. Selain kanker, penyakit diabetes juga termasuk salah satu penyakit yang memiliki resiko cukup tinggi terhadap kematian. Untuk itu kita harus melakukan berbagai cara untuk mencegah dan mengatasi penyakit diabetes. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mngkonsumsi buah kiwi. Kandungan zat yang terdapat pada buah kiwi dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga mengurangi resiko diabetes.

  1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh  yang kedelapan yaitu buah kiwi baik dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan zat yang terdapat pada buah kiwi berfungsi untuk mencegah pembekuan darah dalam tubuh dimana pembekuan darah ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh seperti dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Dengan mengkonsumsi buah kiwi dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Mencegah penuaan dini

Selain dapat mencegah  penyakit jantung, manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Buah kiwi memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yang dapat membentuk zat antioksidan. Zat antioksidan ini yang dapat mencegah dan menangkal radikal bebas .

  1. Mengoptimalkan keluarnya ASI

Tidak semua ibu saat paska melahirkan dapat memproduksi asi sebagai asupan si kecil. Banyak ibu yang mengalami masalah dalam produksi asi sehingga asi yang dikeluarkan sedikit atau bahkan tidak keluar sama sekali. Salah satu cara untuk mengoptimalkan keluarnya asi yaitu dengan mengkonsumsi buah kiwi. Kandungan gizi yang terdapat pada buah kiwi dapat membantu memproduksi asi.

  1. Mengoptimalkan pertumbuhan janin

Selain membantu mengoptimalkan keluarnya asi, manfaat berikutnya dari buah kiwi bagi kesehatan tubuh yaitu dapat mengoptimalkan pertumbuhan janin. Kandungan asam folat yang terdapat pada buah kiwi berfungsi untuk membantu perkembangan janin dalam kandungan.

Related posts