Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Belimbing merupakan salah satu buah-buahan yang memiliki rasa yang manis dan segar namun ada juga yang memiliki rasa yang masam tergantung tingkat kematangannya. Terdapat beberapa jenis buah belimbing, ada yang buah belimbing biasa yang biasa dikonsumsi langsung atau menjadi salah satu buah untuk rujak, ada juga belimbing keris dan belimbing wulu yang memiliki rasa yang sangat masam bahkan dua jenis belimbing ini justru sering dijadikan bahan tambahan untuk masakan yang memiliki cita rasa sedikit masam namun tetap segar.

Nah, kali ini kita tidak akan membahas jenis-jenis belimbing melainkan manfaat belimbing bagi kesehatan. Buah yang memiliki bentuk seperti bintang apabila dipotong-potong ini tidak hanya memiliki rasa yang segar dan nikmat namun juga mengandung gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah kanker

Manfaat buah belimbing bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat mencegah kanker. Siapa sangaka buah yang berbentuk mirip bintang ini ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh khususnya mencegah penyakit kanker dimana kanker merupakan penyakit yang memiliki resiko tinggi bahkan menyebabkan kematian. Buah belimbing mengandung Vitamin C dimana Vitamin C ini bermanfaat untuk mencegah berbagai bakteri penyebab penyakit termasuk kanker. Dengan mengkonsumsi buah belimbing dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Menjaga Kesehatan pencernaan

Manfaat belimbing bagi kesehatan berikutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan organ pencernaan. Buah belimbing mengandung serat yang cukup tinggi dimana telah kita ketahui serat sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dengan membantu melancarkan proses pencernaan sehingga dapat mencgah terjadinya masalah pencernaan seperti sembelit dan susah buang air besar.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat menjaga kesehatan pencernaan, manfaat buah belimbing bagi kesehatan berikutnya yaitu membantu mencegah penuaan dini. Buah Belimbing memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi dimana antioksidan ini sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang dapat menjadi penyebab penuaan dini seperti kerutan pada wajah atau mata, terdapat noda atau bintik-bintik hitam yang tentunya dapat mengganggu penampilan Anda.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Manfaat Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh » Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Belimbing Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat buah belimbing yang keempat yaitu kandungan buah belimbing dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau biasa disebut hipertensi. Kandungan zat besi, kalium , fosfor serta seng yang terdapat pada buah belimbing bermanfaat untuk membantu mengontrol detak jantung dan mengontrol tekanan darah pada tubuh. Dengan mengkonsumsi buah belimbing baik secara langsung maupun dibuat jus dapat menekan penyakit hipertensi.

  1. Mengurangi kadar kolesterol

Selain dapat mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi, manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menurunkan dan mengontrol kadar  kolesterol pada tubuh. Kandungan zat patin yang terdapat pada buah belimbing berfungsi untuk mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol pada darah. Bagi Anda yang mengalami kolesterol tinggi, Anda bisa mengkonsumsi buah yang satu ini untuk menurunkan kadar kolesterol.

  1. Mengatasi gangguan ginjal

Manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mengatasi gangguan ginjal. Di dalam belimbing mengandung zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal sehingga dapat mencegah dan mengatasi gangguan ginjal.

  1. Membantu dan menjaga kesehatan rambut

Tidak hanya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, buah belimbing juga  baik untuk menjaga kecantikan tubuh salah satunya yaitu baik untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah belimbing dapat menjadi antioksidan yang baik dimana antioksidan tidak hanya bermanfaat baik untuk mencegah penuaan dini tapi juga baik untuk menjaga kesehatan rambut Anda.

  1. Menjadikan rambut lebih kuat

Salah satu manfaat buah belimbing untuk kesehatan rambut yaitu dapat memperkuat rambut sehingga rambut tidak mudah rontok dan patah. Buah belimbing mengandung Vitamin B yang bermanfaat untuk memperkuat rambut dari akarnya sehingga Anda tak perlu takut lagi dengan rambut rontok.

  1. Mencegah jerawat

Selain bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan rambut serta mencegah penuaan dini, manfaat lain buah belimbing bagi kecantikan tubuh yaitu dapat mencegah timbulnya erawat dimana jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sangat mengganggu. Kandungan Vitamin E yang terdapat pada buah belimbing bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan kulit, kulit tidak mudah berminyak sehingga dapat mencegah jerawat muncul.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah Belimbing bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu belimbing baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Buah belimbing mengandng Vitamin A dimana Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata Anda. Dengan mengkonsumsi buah belimbing dapat mencegah masalah penglihatan seperti rabun, katarak dan masalah penglihatan lainnya.

  1. Menghaluskan kulit

Kandungan Vitamin E yang terdapat pada buah belimbing tidak hanya berfungsi untuk mencegah timbulnya jerawat tapi juga baik untuk kesehatan kulit lainnya seperti dapat menghaluskan kulit. Dengan mengkonsumsi buah belimbing dapat membantu membuat kulit tubuh Anda menjadi lebih halus dan tidak kasar atau kering.