Microsoft Edge, PC Browser Pengganti IE di Windows 10

Microsoft Edge PC Browser Pengganti IE dari Microsoft 772x312 » Microsoft Edge, PC Browser Pengganti IE di Windows 10

Jika berbicara mengenai PC browser, mayoritas orang memang pasti langsung memikirkan tentang Google Chrome. Ya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa Google Chrome adalah salah satu PC browser terbaik.

Google Chrome memiliki banyak sekali kelebihan mulai dari banyaknya ekstensi yang bisa digunakan, dan juga pengaturan multi akun Google. Namun demikian, karena memiliki banyak fitur tersebut, Google Chrome mulai terasa sangat berat ketika digunakan di komputer atau laptop dengan spesifikasi ala kadarnya.

Jika digunakan pada komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah, jelas Google Chrome kalah bersaing dengan Microsoft Edge. Sebagian besar dari anda pasti belum mengetahui apa itu Microsoft Edge.

Ironisnya, mungkin saja saat ini sebenarnya anda sudah memiliki Microsoft Edge di dalam komputer atau laptop anda, terutama jika anda sudah menggunakan sistem operasi Windows 10.

Lalu apakah Microsoft Edge ini memang jauh lebih baik dari Google Chrome? Apa saja yang menarik dari Microsoft Edge ini sebagai sebuah PC browser? Jika anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai Microsoft Edge, anda bisa mempelajarinya lebih lanjut di artikel ini.

Apakah Microsoft Edge Lebih Baik dari Internet Explorer Sebagai PC Browser?

Bagi anda yang sejak dulu menggunakan sistem operasi Windows buatan Microsoft, pasti anda sudah sangat mengenal Internet Explorer.

Internet Explorer adalah PC browser bawaan dari semua sistem operasi Windows selain Windows 10. Internet Explorer memang terkenal sebagai PC browser paling buruk sepanjang sejarah.

Hal tersebut dikarenakan IE sangat lambat ketika digunakan untuk browsing. Selain itu, IE juga tidak dibekali dengan berbagai fitur yang menarik. Oleh sebab itu, tak heran jika kebanyakan pengguna sistem operasi Windows hanya menggunakan IE satu sampai dua kali saja setelah selesai memasang sistem operasi Windows di komputer atau laptop. Tugas utama dari IE biasanya adalah mengunduh Google Chrome.

Microsoft Edge PC Browser Pengganti IE dari Microsoft 1024x384 » Microsoft Edge, PC Browser Pengganti IE di Windows 10

Namun Microsoft berhasil merubah buruknya performa PC browser bawaan di sistem operasi Windows dengan mengganti IE menjadi Microsoft Edge di Windows 10.

Jika dibandingkan dengan IE, jelas Microsoft Edge jauh lebih baik dari semua sisi. Microsoft Edge jelas jauh lebih cepat ketika digunakan untuk browsing, selain itu, tampilan Microsoft Edge juga jauh lebih enak dipandang dibandingkan dengan tampilan IE.

Ok, memang Microsoft Edge sangat jauh performanya jika dibandingkan dengan IE. Lalu bagaimana jika Microsoft Edge dibandingkan dengan PC browser lainnya? Apakah Microsoft Edge juga jauh lebih baik jika dibandingkan dengan PC browser lainnya?

Perbandingan Microsoft Edge Dengan PC Browser Lain Ketika Digunakan di Windows 10

Microsoft Edge memang berhasil merubah pandangan negatif PC browser bawaan dari sistem operasi Windows yang sudah melekat selama ini. Namun apakah Microsoft Edge memang jauh lebih baik dari PC browser lain?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jika anda menggunakan komputer atau laptop dengan spesifikasi yang sangat terbatas, jelas Microsoft Edge adalah PC browser yang paling baik untuk digunakan di Windows 10.

Microsoft Edge memiliki beberapa kelebihan menarik jika dibandingkan dengan PC browser lain. Berikut ini adalah beberapa kelebihannya:

· Microsoft Edge Merupakan PC browser yang sangat ringan

Jika dibandingkan dengan PC browser lain seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Microsoft Edge jelas jauh lebih ringan ketika digunakan di Windows 10.

Proses load Microsoft Edge dari pertama kali anda melakukan double klik pada iconnya terbilang jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan browser lain.

Hal ini sangat wajar mengingat Microsoft memang sudah melakukan optimasi pada Microsoft Edge untuk bisa digunakan secara maksimal di sistem operasi Windows 10.

· Microsoft Edge merupakan PC browser dengan keamanan tingkat tinggi

Karena terintegrasi secara langsung dengan sistem keamanan di Windows 10, jelas Microsoft Edge juga bisa mengalahkan PC browser lain dalam hal keamanan.

Ketika berselancar di dunia maya dengan menggunakan Microsoft Edge, anda sudah tidak perlu lagi khawatir dengan berbagai malware atau spyware yang disisipkan di blog atau website oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

File-file berbahaya tersebut secara otomatis akan diamankan oleh sistem keamanan Windows 10.

· Microsoft Edge merupakan PC browser yang sangat mudah digunakan

Selain unggul dalam performa, Microsoft Edge juga unggul dari sisi tampilan jika dibandingkan dengan berbagai PC browser lain.

Microsoft Edge memang dibuat dengan tampilan yang sangat sederhana. Namun hal tersebut bukanlah sebuah kelemahan. Tampilan sederhana Microsoft Edge tersebut justru membuat orang awam sekalipun bisa menggunakannya dengan mudah.

Meskipun memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan PC browser, Microsoft Edge juga masih memiliki sedikit kekurangan. Salah satu kekurangan terbesar dari Microsoft Edge jika dibandingkan dengan PC browser lain adalah proses update Microsoft Edge tidak bisa dilakukan terpisah dari update sistem operasi Windows 10.

Namun meskipun tidak bisa update secara terpisah, Microsoft Edge sebenarnya sudah sangat nyaman digunakan untuk berselancar di dunia maya, terutama jika anda memiliki komputer atau laptop dengan spesifikasi rendah.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda juga setuju jika Microsoft Edge adalah browser bawaan sistem operasi Windows yang bisa disandingkan dengan PC browser lainnya?