Begini Cara Repair Windows 10 Tanpa Harus Melakukan Proses INUL

Panduan Cara Repair Windows 10 Tanpa Harus Melakukan Proses INUL 772x312 » Begini Cara Repair Windows 10 Tanpa Harus Melakukan Proses INUL

Apa yang anda lakukan jika tiba-tiba sistem operasi Windows yang terpasang di komputer atau laptop anda mengalami masalah? Ya, kebanyakan orang memang lebih memilih melakukan INUL atau install ulang sistem operasi.

Jika anda menggunakan sistem operasi Windows XP atau 7, memang proses INUL itu tidak begitu merepotkan. Namun jika anda sudah menggunakan Windows 10, jelas INUL adalah proses yang sebaiknya dihindari. Kenapa? Karena proses INUL Windows 10 membutuhkan waktu yang lebih lama dari versi Windows sebelumnya.

Sebenarnya ada cara repair Windows 10 yang lebih baik dibandingkan dengan melakukan INUL. Mau tau bagaimana cara repair Windows 10 yang mengalami kerusakan tanpa melakukan INUL? Baca lebih lanjut caranya di artikel ini.

Kerugian Melakukan INUL Pada Sistem Operasi Windows 10

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara repair Windows 10 tanpa melakukan INUL, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu apa saja kerugian melakukan INUL pada laptop atau komputer yang menggunakan sistem operasi Windows 10 berikut ini:

· Berisiko kehilangan semua data yang tersimpan di dalam tempat penyimpanan

Kerugian pertama dari melakukan INUL ketika sistem operasi Windows 10 yang anda gunakan mengalami kerusakan adalah anda berisiko kehilangan semua data penting yang tersimpan di dalam hard disk.

Proses instalasi Windows 10 memang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan instalasi Windows XP ataupun Windows 7. Windows 10 membutuhkan jenis partisi yang berbeda yaitu GPT.

Partisi tersebut dibutuhkan oleh Windows 10 karena jenis partisi GPT mendukung fast booting dari sistem operasi Windows 10.

Lalu kenapa anda bisa kehilangan semua data yang tersimpan di dalam hard disk? Karena terkadang selama proses instalasi, anda perlu merubah jenis partisi di hard disk anda.

Panduan Cara Repair Windows 10 Tanpa Harus Melakukan Proses INUL 1024x500 » Begini Cara Repair Windows 10 Tanpa Harus Melakukan Proses INUL

Proses merubah jenis partisi di hard disk anda tersebut mewajibkan anda untuk melakukan cleaning di seluruh partisi. Ketika anda selesai melakukan cleaning, semua partisi di dalam hard disk anda akan hilang, termasuk dengan semua data yang tersimpan di dalamnya.

· Harus memasang ulang semua program yang anda gunakan

Kenapa anda lebih disarankan untuk menggunakan cara repair Windows 10 tanpa INUL? Alasan keduanya adalah karena anda tidak perlu repot-repot mengulang memasang semua program yang selama ini anda gunakan.

Memasang berbagai macam program yang anda gunakan adalah salah satu hal yang cukup merepotkan yang harus dilakukan setelah anda melakukan install ulang sistem operasi Windows.

Hal ini akan semakin merepotkan jika anda menggunakan cukup banyak program di dalam komputer atau laptop anda.

· Harus melakukan update sistem operasi Windows 10 dari awal

Selain harus memasang ulang berbagai macam program yang anda butuhkan, proses INUL juga membuat anda harus mengulang semua proses update sistem operasi Windows 10 dari awal.

Coba bayangkan berapa banyak file update Windows 10 yang harus anda pasang setelah melakukan install ulang? Memang benar proses pemasangan file update sistem operasi Windows 10 itu dilakukan secara otomatis, namun itu berarti anda tidak bisa menikmati fitur-fitur menarik dari Windows 10 sebelum semua update selesai terpasang bukan?

2 Cara Repair Windows 10 yang Sangat Mudah Tanpa Harus Melakukan INUL

Bagaimana? Sudah tau bukan bagaimana repotnya melakukan INUL ketika sistem operasi Windows 10 yang anda gunakan saat ini mengalami kerusakan?

Daripada harus mengalami semua hal tersebut, lebih baik anda gunakan 2 cara repair Windows 10 berikut ini:

1. Perbaiki sistem Windows 10 yang mengalami kerusakan dengan repair disc

Jika anda masih bisa masuk kedalam sistem operasi Windows 10 meskipun kondisi sistem operasi tersebut mengalami kerusakan, anda bisa mengatasinya dengan menggunakan repair disc.

Cara repair Windows 10 dengan menggunakan repair disc ini adalah cara pertama yang paling mudah dan cepat. Repair disc berfungsi untuk menggantikan file-file sistem operasi Windows 10 yang mengalami kerusakan.

Anda tidak akan kehilangan satupun data penting ataupun program yang sudah terpasang di dalam komputer atau laptop anda dengan menggunakan cara repair Windows 10 ini.

2. Perbaiki sistem Windows 10 dengan menggunakan sistem image

Sekilas memang repair disc dan sistem image tampak sama. Namun sebenarnya 2 cara repair Windows 10 itu berbeda jauh.

Sistem image adalah satu cara memperbaiki sistem Windows 10 yang mengalami kerusakan secara total. Sistem image tidak hanya dapat menggantikan file sistem Windows 10 yang mengalami kerusakan saja, namun sistem image akan mengembalikan kondisi sistem operasi Windows 10 seperti ketika anda membuat sistem image tersebut.

Menariknya, sistem image ini sekaligus bisa digunakan untuk back up data-data penting anda. Namun demikian, perlu anda ketahui bahwa data penting yang tersimpan di hard disk setelah anda membuat sistem image tidak akan tersimpan di dalam sistem image tersebut.

Selain itu, sistem image membutuhkan tempat penyimpanan dengan ukuran yang lebih besar dari repair disc. Kenapa? Karena sistem image menyimpan semua data termasuk instalasi program anda.

Note: bagi anda yang ingin merasakan kemudahan memperbaiki sistem Windows 10 yang mengalami kerusakan dengan menggunakan 2 cara repair Windows 10 tersebut, anda wajib membuat repair disc ataupun sistem image terlebih dahulu ketika sistem operasi Windows 10 anda masih dalam keadaan normal.

Bagaimana? Masihkah anda mau melakukan instalasi ulang setelah melihat 2 cara repair Windows 10 yang cukup mudah dan tidak merepotkan tersebut?