Inilah Destinasi Wisata Menarik di Pulau Sangiang, Surga Kecil di Banten

Inilah Spot Menarik di Pulau Sangiang Surga Kecil di Banten 547x312 » Inilah Destinasi Wisata Menarik di Pulau Sangiang, Surga Kecil di Banten

Pulau Sangiang, sebuah taman wisata laut yang berada di Banten. Sebuah pulau yang menawarkan berbagai suguhan unik dan memukau. Terdapat berbagai Spot Menarik di Pulau Sangiang yang sering dipilih oleh setiaap wisatawan yang datang entah itu untuk bersantai maupun berfoto ria.

Nah, sebelum mengulas panorama Pulau Sangiang lebih dalam, alangkah baiknya untuk sedikit mengenal Pulau Sangiang terlebih dahulu.

Pulau Sangiang

Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau di kawasan Banten, tepatnya di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer Kabupaten Serang, Banten. Menurut informasi, pulau ini dihuni oleh 100 kepala keluarga lebih. Mereka berasal dari Sunda, Jawa, dan Lampung. Pulau Sangiang bisa dikatakan menyuguhkan pesona alamnya yang lengkap, bahkan wisata budayanya pun bisa Anda temukan di Pulau Sangiang, yakni dengan melihat berbagai keunikan cara hidup penduduk sekitar pulau Sangiang.

Selain itu, pulau ini menyajikan wisata pantainya yang eksotis, serta spot menarik lainnya. Namun, secara fasilitas dan kebersihan masih dikatakan minim. Fasilitas yang masih kurang, mulai dari toilet, sinyal/ jaringan, hingga listrik yang terbatas. Serta kebersihannya yang masih jauh dari kata terjaga, sampahnya masih berserakan, meskipun penduduk sekitar banyak yang mengatakan kalau sampah tersebut bukanlah sampah asli dari pulau Sangiang, melainkan sampah dari pulau Jawa, tepatnya kota Jakarta yang terbawa arus hingga sampai ke pulau Sangiang. Meskipun begitu, pulau ini tetap diincar para wisatawan karena banyak hal menarik yang tersirat di dalamnya.

Keindahan Pulau Sangiang

Pulau Sangiang sangatlah mudah dijangkau, terutama dari Pantai Anyer. Dari dermaga Sangiang di Anyer Anda harus menempuh perjalanan laut yang kurang lebih akan menghabiskan waktu sekitar satu jam. Disarankan untuk berangkat pagi, karena ombak masih belum terlalu tinggi, sehingga Anda pun akan terhindar dari mabuk laut. Sekitar jam 07.00/ 08.00, kondisi ombak masih terlihat tenang dan lautan masih dihiasi dengan matahari keemasan. Perahu akan membawa setiap wisatawan menuju arah Utara. Selepas dari bibir pantai Anyer, pulau Sangiang pun dapat Anda lihat meskipun dari kejauhan.

Inilah Spot Menarik di Pulau Sangiang Surga Kecil di Banten » Inilah Destinasi Wisata Menarik di Pulau Sangiang, Surga Kecil di Banten

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan langka nan indah berupa tebing-tebing curam di sisi Barat Pulau Sangiang, batuan karstnya serta terumbu karangnya menjadi pemandangan indah yang tak bisa terlewatkan. Jika Anda melihat bukit-bukit curam dihiasi dengan hantaman ombak yang tenang, suasanya akan terlihat seolah di pulau Raja Ampat.

Hutan Mangrove

Di pulau Sangiang, Anda akan menemukan pemandangan flora yang memukau penuh pesona. Hutan mangrove-nya terjaga kealamiannya, daunnya yang hijau muda begitu menyejukkan. Kala, pandangan Anda diarahkan pada airnya yang bening, bayangan mangrove yang menyatu dengan cerahnya langit yang biru, menjadi pemandangan yang menyejukkan mata.

Spot Snorkeling

Untuk Anda yang suka melakukan kegiatan Snorkeling. Pulau Sangiang pun menyediakannya. Untuk melakukan kegiatan tersebut, disarankan untuk menceburkan diri kala pagi menjelang siang, saat-saat di mana kondisi airnya sedang bersahabat, tak hanya gelombangnya, tepi airnya juga masih terlihat jernih dan begitu bening. Kejernihan airnya membuat Anda lebih mudah menyaksikan pemandangan biota laut yang eksotis nan memukau. Ratusan ikan bisa Anda saksikan, semuanya begitu indah menghiasi terumbu karang dengan bentuk yang unik dan beragam.

Airnya yang jernih membuat para wisatawan yang melakukan aktivitas snorkeling menjadi menyenangkan karena berbagai biota laut seperti aneka ragam ikan yang unik dapat terlihat dengan jelas. Terdapat dua spot snorkeling yang bisa Anda pilih.

Lagon Waru

Lagon Bajo

Namun, di beberpaa spot tersebut terdapat beberapa karang yang rusak, mungkin dikarenakan tambatan jangkar dari beberapa kapal wisata atau pun penyelam yang jahil.

Pesona Pantai Pasir Panjang

Pasir Panjang merupakan salah satu pantai andalannya pulau Sangiang. Di pantai ini, Anda akan menemukan seongok pemandangan langka yang memanjakan mata. Tebing yang dihiasi dengan bebatuan terjal menjadi latar tetumbuhan yang berada di sekitar pantai Pasir Panjang. Pasir putihnya yang lembut ditemani suara omba yang tak begitu kencang, ikan hias yang terjebak dalam setiap cekungan terumbu karang menyatu menjadi pemandangan unik nan indah.

Sama halnya dengan pantai lainnya, Pasir Panjang pun memberikan suguhan sunset yang eksotis dan memukau. Saat-saat di mana matahari meninggalkan langit yang biru, perlahan tenggelam dan hilang dari balik tebing berbatu terjal. Saat itulah, Anda akan menyaksikan pantulannya yang menghasilkan cahaya keemasan di permukaan laut dan menyinari tebing yang ada di sekitar pantai. Sungguh pemandangan yang menakjubkan.

Puncak Tanjung Harapan

Spot menarik di Pulau Sangiang selanjutnya yang bisa Anda temukan adalah Puncak Tanjung Harapan. Nama tersebut merupakan pemberian pemuda setempat sebagai langkah dalam menarik perhatian para wisatawan. Puncak ini akan memberikan pemandangan di mana mata Anda akan melihat secara langsung bagaimana keterjalan tebing-tebing yang langsung jatuh ke lautan lepas. Sungguh pemandangan menakjubkan dan memukau.

Adapun untuk mencapai Puncak Tanjung Harapan, Anda harus melakukan tracking yang menghabiskan waktu sekitar 45 menit. Gunakan sepatu khusus, karena jalur yang dilewati lumayan terjal. Selain itu, perlengkapan lain yang harus disediakan adalah lotion anti nyamuk. Hal ini dikarenakan perjalanan menuju Puncak Tanjung Harapan akan melewati hutan belantara  yang jarang terjamah dan di dalamnya banyak nyamuk yang gigitannya pun cukup ganas. Jadi, barang yang satu ini wajib Anda bawa ya!

Goa Kelelawar

Goa yang cukup berbahaya ini menjadi daya tarik tersendiri yang dimiliki pulau Sangiang. Dinamakan Goa Kelelawar, karena memang dihuni oleh ratusan lebih kelelawar yang menggantung di dalam goa. Anda akan menemukan sebuah atraksi yang cukup unik nan menakjubkan. Pemandangan di mana saat-saat kelelawar yang jatuh ke laut menjadi rebutan para ikan hiu, cucut atau pun predator lainnya. Makanya semakin kuat kelelawar menempel di dinding goa, maka semakin terhindar dari predator berbahaya tersebut. Unik menyaksikan keunikan goa ini, wisatawan diharuskan melakukan perjalanan selama satu jam  dari dusun utama menuju sisi laut maupun sisi hutan pulau Sangiang.

Itulah beberapa Spot Menarik di Pulau Sangiang yang menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yang berkunjung. Packing yuk, happy traveling!