Manfaat Buah Mangga dan Kandungan Gizinya yang Baik Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh 645x312 » Manfaat Buah Mangga dan Kandungan Gizinya yang Baik Bagi Kesehatan

Mangga merupakan salah satu buah yang banyak disukai orang khususnya masyarakat Indonesia. Mangga memiliki banyak sekali jenis dimana setiap jenis mangga tentunya memiliki tekstur daging buah yang berbeda dan rasa yang berbeda. Ada yang memiliki rasa yang begitu manis, ada yang memiliki rasa masam namun ada juga yang memiliki rasa sedang. Kali ini kita tidak akan membahas jenis-jenis buah mangga maupun karakteristiknya. Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh. Dibalik rasanya buah ini yang banyak digemari orang, buah mangga memiliki kandungan gizi yang berlimpah yang tentunya bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh. Oke, langsung saja berikut ini beberapa manfaat buah mangga bagi kesehatn tubuh.

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat mengatasi penyakit diabetes. Telah kita ketahui bersama bahwa diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah yang begitu tinggi.

Apabila sudah mencapai level yang parah, penderita diabetes yang mengalami luka akan susah sembuh bahkan lukanya kan basah dan justru menggerogoti dan berlumbang. Tidak sedikit juga penderita diabetes harus kehilangan anggota tubuhnya karena terpaksa diamputasi.

Untuk itu kita harus menjaga pola makan agar mencegah penyakit diabetes. Salah satu cara mencegah penyakit diabetes yaitu dengan mengkonsumsi buah mangga. Mangga memiliki kandungan gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi dan dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh.

  1. Mencegah degenerasi macula

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah degenerasi macula. Buah mangga memiliki kandungan antioksidan zeaxanthin. Kandungan zat tersebut bermanfaat baik untuk mencegah degenerasi macula. Dengan mengkonsumsi buah mangga dapat membantu menjaga kesehatan tubuh Anda.

  1. Mengatasi penyakit jantung

Selain dapat mencegah degenerasi macula, manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah dan mengatasi penyakit jantung. Buah mangga memiliki berbagai kandungan zat yang baik untuk menjaga kesehatan jantung seperti Vitamin B, Kalum dan serat. Kandungan serat yang tinggi mencegah penumpukan lemak dibagian jantung, kandungan vitamin B nya sendiri berfungsi untuk mencegah pembekuan darah sehingga dapat mencegah dan mengatasi masalah penyakit jantung.

  1. Mencegah penyakit kanker

Manfaat Buah Mangga Bagi Kesehatan Tubuh » Manfaat Buah Mangga dan Kandungan Gizinya yang Baik Bagi Kesehatan

Selain dapat mencegah penyakit jantung, buah mangga memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit kanker. kandungan zat yang terdapat pada buah mangga berfungsi baik untuk mencegah penyakit kanker dengan mencegah pertumbuhan senyawa penyebab penyakit kanker.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang kelima yaitu dapat membantu menjaga kesehatan tulang.  Selain mengandung Vitamin B yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, buah mangga juga memiliki kandungan Vitamin K yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan mengkonsumsi buah mangga dapat memperkuat tulang Anda dan mencegahnya dari penyakit osteoporosis.

  1. Melancarkan pencernaan

Mangga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Tidak heran jika buah mangga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan yaitu melancarkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi buah mangga dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Bagi Anda yang mengalami sembelit atau susah buang air besar, buah mangga baik dikonsumsi untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Obat anemia

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menjadi obat alami untuk mengatasi penyakit anemia. Buah mangga memiliki kandungan zat besi dimana zat besi bermanfaat baik untuk mengatasi masalah anemia.

  1. Mengontrol kadar kolesterol

Memiliki kadar kolesterol tubuh yang berlebihan sangatlah tidak baik dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kolesterol yang berlebih dapat memicu berbagai penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung misalnya. Salah satu cara untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi makanan yan bergizi yang mampu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Salah satu asupan makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol yaitu buah mangga. Selain rendah kalori , kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah mangga berfungsi untuk membantu mengontrol kolesterol dalam tubuh.

  1. Menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan mata tidak melulu harus mengkonsumsi wortel. Buah mangga juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata Anda. Buah mangga mengandung Vitamin A yang cukup tinggi yang berfungsi untuk meningkatkan indera penglihatan Anda. Dengan mengkonsumsi buah mangga dapat menurunkan resiko penyakit mata seperti rabun dan penyakit mata lainnya.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah mangga bagi kesehatan tubuh yang kesepuluh yaitu bermanfaat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun Anda. Buah mangga memiliki kandungan Vitamin C yang memiliki fungsi tidak hanya mengontrol kolesterol, memproduki zat antioksidan, tapi juga berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah mangga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh senantiasa tetap sehat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan yang terdapat pada buah mangga memiliki manfaat untuk menangkal radikal bebas dimana radikal bebas menjadi salah satu penyebab terjadinya penuaan dini.