Wisata Alam di Nusa Tenggara Timur yang Mengagumkan dan Jadi Incaran Wisatawan

  • Whatsapp

Wisata Alam Nusa Tenggara Timur (NTT) – Hai traveller sejati! Ngomongin wisata memang gak ada bosan-bosannya ya! Bukan hanya menyenangkan tapi bikin hidup lebih asyik. Bicara yang asyik-asyik, di Nusa Tenggara Timur banyak lho tempat wisata yang asyik dan seru untuk dikunjungi. Sudah tahu di mana saja tempat wisatanya? Belum? Simak baik-baik ya.

Tempat Wisata Alam di Nusa Tenggara Timur yang Asyik Dikunjungi

Read More

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang memang masih terjaga kealamiannya. Jadi tak heran ya, jika banyak sekali wisata alam yang bisa dinikmati, semisal pantai atau pun danaunya yang begitu menawan dan menakjubkan. Untuk mengetahui lebih dalam, yuk kita intip mengenai wisata alam Nusa Tenggara Timur yang menjadi incaran wisatawan berikut ini.

Air Terjun Oenesu

Air Terjun Oenesu adalah salah satu wisata air terjun memukau dari NTT. Suguhan pemandangannya yang asri dan alami, membuat air terjun ini diincar berbagai wisatawan. Bahkan tak jarang di antara mereka melakukan pra-wedding di air terjun menakjubkan ini.

Keindahan yang dimiliki air terjun ini yakni adanya 4 tingkatan air terjun yang masing-masing tingkatan memiliki kolam. Bukan buatan manusia, melainkan kolam ini terbentuk secara alami. Air yang mengalir dari air terjun Oenesu mengandung zat kapur. Meskipun begitu, airnya tetap terlihat jernih dan menyegarkan. Untuk menikmati air terjun unik dan menakjubkan ini, Anda bisa berkunjung ke Desa Oenesu, Kecamatan Kupang Barat, Kupang, NTT.

Air Terjun Cuanca Wulang

Masih berbicara tentang air terjun di NTT, yakni air terjun Cuanca Wulang. Namanya diambil dari lokasi di mana air terjun itu berada, yakni di daerah Cuanca Wulang, Kecamatan Mbelilling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Air terjunnya sungguh menakjubkan dan unik. Airnya keluar  dari celah-celah bebatuan besar sebuah tebing. Dihiasi dengan aliran sungainya yang diapit oleh tebing dengan batuan besar. Tak hanya unik, airnya yang begitu dingin terasa menyegarkan. Banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan di tempat ini, mulai dari berenang, bermain air, hingga kegiatan menantang seperti memanjat bebatuan dan terjun dari atas batu.

Air Terjun Cuanca Rami

Selanjutnya ada air terjun Cuanca Rami. Air terjun memukau ini berada di kawasan Roe, Desa Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Menurut kabar yang beredar, penamaan air terjun ini diselaraskan dengan situasi air terjun, “Cuanca Rami” yang berarti air terjun yang dikelilingi hutan-hutan kecil.

Air terjun Cuanca Rami memiliki ketinggian yang mencapai 30 meter. Di bawahnya terdapat kolam yang cukup luas, yakni berdiameter 5 hingga 8 meter dengan kedalaman 12 meter. Kolam ini kerap digunakan wisatawan untuk berenang atau pun sekedar bermain air. Suasananya yang hijau, ditambah lagi dengan airnya yang jernih membuat suasana semakin terasa sejuk nan menyegarkan.  Cocok banget buat nenangin pikiran Anda! 

Danau Kelimutu

Dari air terjun, mari beralih ke danaunya yang tak kalah memukau dari provinsi NTT, yakni danau Kelimutu atau dikenal juga dengan Danau Tiga Warna. Sebuah danau yang menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Mengapa demikian? Karena danaunya yang memiliki tiga gradasi warna yakni merah, biru, dan putih. Hal ini menjadi keunikan tersendiri yang dimiliki danau Kelimutu. Luasnya yang mencapai 1.055.000 m2, menghampar menjadi pemandangan yang begitu unik dan menakjubkan.  Keindahan danau ini bisa Anda temukan di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, NTT.

Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang, salah satu wisata alam mengagumkan lainnya yang ada di NTT. Danau ini disebut-sebut sebagai danau vulkanik terbesar yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Berada di Kabupaten Manggarai Barat dan rute perjalanan yang dilewati pun cukup sulit, yang akan menghabiskan waktu perjalanan sekitar 3 hingga 4 jam dari kota Abuan Bajo.

Danau ini tak hanya menyuguhkan keindahannya yang memukau, tapi juga tersedianya pemandian air hangat yang tentu akan menyegarkan tubuh setiap wisatawan yang berkunjung. Tak hanya itu, kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan di danau ini yakni, berfoto ria, mengelilingi danau, wisata budaya, wisata religi, melihat burung-burung yang cantik, dan sebagainya.

Pantai Kolbano

Pantai Kolbano, berlokasi di Kolbano, Timor Tengah Selatan, NTT. Keunikan yang dimiliki pantai Kolbano menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Diantara keunikan tersebut yakni pantainya yang dihiasi hamparan ribuan batu penuh warna, terdapat batu karang raksasa yang meyerupai kepala singa, penghasil ikan di kawasan Timor Tengah Selatan, dan masih banyak keunikan lainnya. Berkunjung ke pantai Kolbano tentu akan menjadikan liburan Anda lebih seru dan berharga. Banyak pemandangan baru yang akan memenuhi benak Anda.

Pantai Koka

Jika Anda ingin merasakan liburan yang bersifat privasi, pantai Koka pilihanya. Pantai yang berada di pulau Flores, NTT ini merupakan salah satu pantai yang masih terjaga kealamiannya, bahkan masih sedikit orang yang menjamah tempat ini.

Namun, jangan salah, pemandangannya tak kalah menarik dengan pantai lainnya. Panorama alamnya yang tak biasa, hamparan laut yang dihuni beragam terumbu karang yang unik serta biota laut yang memukau akan memanjakan liburan Anda. Berlibur di pantai ini, bak berlibur di pantai milik pribadi.

Pantai Pasir Panjang

Pasir Panjang, nama itulah yang diberikan pada pantai yang luas dan panjang ini. Berada di Kupang, NTT dan menyuguhkan beragam pemandangan yang unik nan menarik. Di tempat ini, Anda akan menemukan hamparan laut dengan airnya yang biru dan sedikit kehijau-hijauan, dikelilingi karang besar yang menakjubkan. Sungguh pemandangan yang bagus untuk dijadikan latar foto Anda.

Pantai Tablolong

Yang terakhir ada pantai Tablolong, sebuah pantai yang dijadikan pusat olahraga memancing oleh pemerintah Kupang.

Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang suka memancing, karena banyak ikan yang bisa Anda temukan di sini, semisal ikan tuna, ikan marlin, tenggiri, barakuda, kuwe, dan sebagainya.

 

Nah, itulah wisata alam Nusa Tenggara Timur yang bisa menjadi pilihan destinasi liburan Anda. Selamat memilih dan happy traveling!

Related posts