Ini Alasan Kenapa Mematikan Windows Update Sangat Tidak Disarankan

  • Whatsapp

Apakah anda selama ini menggunakan komputer atau laptop dengan sistem operasi Windows? Jika anda menggunakan laptop maupun komputer dengan sistem Windows, anda pasti sudah sangat mengenal fitur Windows update bukan?

Windows update adalah fitur khusus yang disematkan oleh Microsoft di setiap sistem operasi buatannya. Masalahnya, banyak sekali orang yang lebih memilih mematikan Windows update.

Read More

Taukah anda bahwa dengan mematikan Windows update, ada banyak sekali masalah yang berisiko terjadi di komputer maupun laptop anda? Sebelum memutuskan untuk mematikan Windows update, ada baiknya anda baca terlebih dahulu mengenai apa saja kerugian yang akan anda alami dengan melakukan hal tersebut di artikel ini.

4 Alasan Kenapa Anda Sangat Tidak Disarankan Untuk Mematikan Windows Update

Ok, mungkin mematikan Windows update di versi Windows XP maupun Windows 7 tidak begitu berbahaya. Namun jika anda sudah beralih menggunakan sistem operasi Windows 10, mematikan Windows update adalah salah satu tindakan yang justru akan sangat merugikan bagi anda.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 sebaiknya tidak mematikan Windows update:

1. Kinerja laptop atau komputer anda akan semakin merosot

Jaman sekarang, semua hal berkembang sangat pesat. Hal tersebut juga terjadi dengan program yang biasa anda gunakan di laptop maupun komputer.

Karena banyak program yang mulai dikembangkan secara terus menerus, maka mau tidak mau sistem operasipun melakukan hal yang sama.

Hal tersebut dilakukan untuk menjaga agar sistem operasi tetap dapat memberikan performa terbaik ketika digunakan untuk menjalankan program-program terbaru.

Jika anda lebih memilih mematikan Windows update, jelas lama kelamaan laptop ataupun komputer yang anda gunakan tidak dapat memberikan performa terbaiknya.

2. Lebih mudah mengalami kerusakan karena serangan virus

Selain performa yang merosot karena program yang digunakan terus berkembang sedangkan tidak ada perkembangan sama sekali pada sistem operasi yang digunakan, mematikan Windows update juga berdampak pada lemahnya sistem pertahanan komputer maupun laptop dari serangan virus.

Dengan tidak melakukan update sistem operasi, anda tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan.

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows, anda harus lebih berhati-hati dengan serangan virus. Kenapa? Karena Windows merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan orang. Oleh sebab itu, kebanyakan virus yang diciptakan memang ditujukan untuk menyerang komputer atau laptop yang menggunakan sistem operasi Windows.

3. Tidak dapat menikmati fitur-fitur baru dari Microsoft

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dan memutuskan untuk mematikan Windows update, anda juga sekaligus kehilangan kesempatan untuk menikmati berbagai macam fitur menarik dari Microsoft.

Salah satu contoh fitur menarik dari Windows 10 yang tidak bisa anda nikmati ketika mematikan Windows update adalah fitur ekstensi pada Microsoft Edge.

Jika anda mengaktifkan fitur Windows update, sebenarnya anda sama sekali tidak perlu menggunakan browser pihak ketiga. Kenapa? Karena Microsoft Edge yang disematkan di dalam Windows 10 sudah sangat luar biasa performanya jika dibandingkan dengan browser pihak ketiga.

4. Cenderung lebih sering mengalami masalah dengan update driver

Selain performa merosot karena banyaknya program yang diperbarui sedangkan sistem operasi yang anda gunakan sama sekali tidak diperbarui, mematikan Windows update juga sekaligus dapat menyebabkan masalah terutama pada fitur update driver.

Selain program, banyak vendor juga mulai sering melakukan update driver device. Kebanyakan update driver tersebut juga membutuhkan beberapa fitur dari sistem Windows terbaru.

Oleh sebab itu, jika anda sama sekali tidak melakukan update pada sistem operasi Windows 10 yang sekarang anda gunakan, jelas cepat atau lambat beberapa komponen komputer atau laptop anda tidak akan bisa berfungsi secara maksimal.

Bagaimana? Sekarang anda sudah mengetahui bukan mengenai apa saja kerugian dari mematikan Windows update? Memang di Windows XP ataupun Windows 7, anda tidak akan merasakan kerugian dari mematikan fitur update sistem otomatis. Namun jika anda menggunakan Windows 10, jelas kerugian dari mematikan fitur update sistem otomatis tersebut akan sangat terasa.

Setelah membaca informasi yang dibagikan di artikel ini, apakah anda masih ingin mematikan Windows update di komputer atau laptop anda?

Related posts