Ini Dia 8 Wisata Pantai di Jawa Timur yang Paling Mengagumkan

  • Whatsapp

Di Jawa Timur yang ramah ini, kalau urusan wisata sepertinya Anda tidak akan kehabisan ide untuk mengunjungi dan menikmati setiap jengkal keindahan destinasi wisatanya, wisata pantai misalnya. Wisata pantai di Jawa Timur tak bisa diremehkan, segala keindahan pantai-pantai ternama di Indonesia juga dapat Anda temui di sana.

Pantai Terindah di Jawa Timur

Read More

Nah, untuk Anda yang sedang berencana berwisata pantai di Jawa Timur. Agar tidak salah pilih, Berikut beberapa pilihan destinasi wisata pantai indah di Jawa Timur yang recommended Anda kunjungi.

Pantai Pasir Putih Situbondo

Jika Anda bertanya kepada warga Jawa Timur mana pantai indah yang seru dan asyik untuk liburan di kota mereka, maka bisa jadi Pantai Pasir Putih Situbondo satu dari sekian banyak jawaban mereka. Pantai ciamik satu ini berlokasi di Dusun Kembang Sambi, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Sesuai namanya “Pantai Pasir Putih”, Anda akan menyaksikan dan menjumpai hamparan pasir putih yang membentang luas di bibir pantai. Tak hanya putih, pasirnya juga bersih dan lembut di kaki. Panoramanya sungguh indah, pantai ini memiliki keunikan dalam bentuknya yakni yang berbentuk melengkung ke arah laut yang mana di bagian Utara pantai, akan terlihat laut biru Selat Madura.

Suasananya pun juga sangat menenangkan. Di pantai ini ombaknya terbilang tenang sehingga cukup aman untuk bermain air, angin laut yang sejuk begitu terasa memebalai kulit. Keasriannya pantai ini masih terjaga dengan baik, pepohonan cemara yang tumbuh rindang dan deretan nyiur melambai tentu menambah kesejukkan yang membuat liburan Anda semakin nyaman.

Fasilitas di Pantai Pasir Putih Situbondo: Jasa sewa peralatan renang, perahu kaca, penginapan, mushola, kamar mandi, bangku beton untuk wisatawan beristirahat, serta kios-kios yang menjajakan dagangannya bisa Anda temukan dengan mudah.

Pantai Balekambang

Pantai Balekambang juga merupakan salah satu pantai terindah di Jawa Timur. Panorama alamnya bisa dikatakan mirip dengan suasana yang kerap kali ditemukan di Tanah Lot Bali, yang mana kedua pantainya mempunyai Pura.

Pantai Balakembang memiliki luas sekitar 2 km dan lebarnya 200 meter.  Saat di pantai ini, pemandangan indah yang tak biasa dapat Anda temukan di kala air lautnya surut. Sebuah pemandangan terumbu karang, tanaman laut serta biota laut lainnya akan nampak ke permukaan, ditambah lagi panorama sunset yang syahdu saat senja di penghujung hari.

Lokasinya memang cukup terpencil, tapi jangan salah! Fasilitasnya cukup memadai. mulai dari penginapan, tempat makan, toilet umum, guide/ penjaga pantai, area camping, mushola, hingga area tempat parkir yang luas pun akan memudahkan prejalanan wisata Anda. Jadi, tunggu apalagi, ayo berkemas dan berkunjung ke pantai Balekambang yang bisa Anda tempuh dari kota Malang.

Pantai Sendang Biru Malang

Pantai di Jawa Timur yang tak kalah menarik lainnya yaitu pantai Sendang Biru, Malang. Pantai indah yang memiliki ombak tak terlalu besar, membuat pantai ini begitu menenangkan. Dinamakan Sendang Biru, karena memiliki sumber mata air yang berwarna biru. Pantai ini dihiasi dengan tebing berbatu besar dan terlihat kokoh menjaga pantai ini. Panorama sunsetnya yang eksotis nan menawan tak bisa Anda lewatkan.

Pantai Bandealit Jember

Pantai di Jember satu ini merupakan salah satu objek wisata yang kerapkali diincar para wisatawan karena tempatnya yang masih terjaga alami dan bersih. Keunikan pantai Bandealit ini yakni adanya koleksi bunga Anggrek langka yang menawan. Selain itu, pantai ini tempat di mana perahu nelayan menepi. Fasilitas yang tersedia di Pantai Bandealit Jember berupa tempat parkir, toiet umum, musholla, area camping, dan sebagainya.

Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung di Banyuwangi. Pantai yang terkenal di kalangan para peselancar karena keganasan dan kesempurnaan ombaknya ini tidak diragukan lagi keindahannya. Tak hanya tersohor di Indonesia tapi sudah mendunia. Eksotisnya pantai Plengkung sudah terkenal di mancanegara. Selain kegiatan surfing-nya yang terkenal, Anda juga dapat menikmati kegiatan snorkeling, diving, caving, memancing, dan sebagainya. Untuk mencapai pantai ini, Anda dapat melalui jalur darat ataupun jalur laut.

Pantai Papuma Jember

Next, Pantai Papuma di kawasan Jember. Pantai yang sering disebut-sebut sebagai Hawainya Indonesia ini sangat sayang dilewatkan saat lawatan Anda ke Jawa Timur. Meskipun perjalanan yang dilewati cukup menguras tenaga, karena jaran berliku dan adanya tanjakan, tapi pemandangannya yang sungguh ‘aduhai’ akan membayar lunas pengorbanan Anda.

Sebuah pantai berpasir putih nan lembut, air laut yang jernih, udara  yang sehat, sunset yang memanjakan mata akan menjadi teman setia Anda saat beriwisata di pantai Papuma.

Pantai Papuma Berlokais di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kota Jember, Jawa Timur.

Pantai Goa China Malang

Memiliki nama asli pantai Rowo indah dengan ciri khas tiga pulau di tengah-tengah pantai membuat pemandangan di pantai Goa China Malang ini sangat sulit untuk terbantahakan.

Pantai Goa China ini biasanya sering dijadikan tempat untuk berkemah, karena pepohonan yang tumbuh di pinggir pantai membuatnya terlihat begitu rindang dan menyejukkan.

Ombak di pantai ini cukup besar, maka penjaga pantai sangat mengharapkan setiap wisatawan bisa ekstra hati-hati. Pantai ini sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari area parkir yang cukup luas, mushola, kamar mandi, tempat makan, dan sebagainya.

Pantai Kutang Lamongan

Pantai yang berlokasi di Desa Labuhan, Kecamatan Labuhan, Kabupaten Laomongan ini memang memiliki nama yang terdengar sedikit risih. Tapi tenang, pemandangan yang disajikan pantai ini jauh dari kata risih kok. Panorama indah disetiap lininya begitu memanjakan mata, spot foto instagramable dapat dengan mudah Anda jumpai. Apalagi saat senja, pemandangan sunsetnya begitu cantik, pemandangan sunsetnya sulit tertandingi di Jawa Timur, bahakan nyaris tak tertandingi.

Itulah beberapa tempat wisata pantai Jawa Timur yang paling mengagumkan. Yuk segera tentukan pantai mana yang akan Anda singgahi terlebih dahulu saat kunjungan Anda di Jawa Timur. Happy Traveling!

Related posts