Manfaat Jambu Biji dan Kandungan Gizinya yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Jambu biji merupakan salah satu buah yang cukup banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang manis, buah yang satu ini sering sekali diolah menjadi jus buah. Tidak hanya dinikmati dengan cara di jus, buah yang satu ini juga nikmat apabila dikonsumsi secara langsung bahkan menjadikannya manisan buah dan sup buah.

Selain memiliki rasa yang nikmat, buah jambu biji ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah jambu biji dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh. Lalu, apa saja manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh? Berikut ini beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh.

Read More

  1. Mencegah kanker

Manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu dapat membantu mencegah penyakit kanker. Jambu biji memiliki kandungan gizi yang cukup berlimpah. Salah satu zat yang terkandung dalam jambu biji berkhasiat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Sehingga dengan mengkonsumi buah jambu biji ini dapat membantu menurunkan resiko penyakit kanker.

  1. Melancarkan pencernaan

Manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi jambu biji dapat membantu  melancarkan pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah jambu biji ini dapat melancarkan pencernaan sehingga secara tidak langsung baik juga untuk kesehatan organ sistem pencernaan seperti usus.

  1. Menjaga fungsi saraf dan otak

Otak dan saraf merupakan dua organ yang sangat penting dalam tubuh, sehingga menjaga fungsi saraf dan otak merupakan hal yang penting. Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak dan saraf. Salah satu cara yang bisa Anda pilih yaitu dengan mengkonsumsi buah jambu biji. Kandungan Vitamin B6 dan Vitamin B3 yang terdapat pada buah jambu biji berfungsi penting dalam menjaga fungsi otak dan saraf.

  1. Menangkal radikal bebas

Selaindapat menjaga fungsi saraf dan otak, manfaat buah jambu biji bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat menangkal radikal bebas. Kandungan Vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi pada buah jambu biji ini bermanfaat baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat memicu berbgai penyakit.

  1. Mengendalikan tekanan darah

Hipertensi merupakan penyakit dimana tekanan darah meningkat dan tidak normal. Salah satu cara agar tekanan darah stabil yaitu dengan mengkonsumsi buah jambu biji. Buah jambu biji memiliki kandungan zat kalium yang berfungsi untuk mengontrol dan mengendalikan tekanan darah.

  1. Membantu menyerap nutrisi

Makanan yang kita konsumsi dianjurkan memiliki kandungan gizi yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan yang dikonsumsi yaitu zat mangan. Nah, buah jambu biji ini baik dikonsumsi untuk membantu menyerap nutrisi dalam tubuh dimana buah yang satu ini memiliki kandungan mangan yang berfungsi dalam penyerapan nutrisi.

  1. Baik untuk ibu hamil

Manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh selain dapat membantu menyerap nutrisi dalam tubuh juga baik dikonsumsi bagi ibu hamil. Kandungan gizi yang terdapat pada buah jambu biji baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh ibu hamil. Selain itu jambu biji juga mengandung folat yang baik untuk pertumbuhan janin  dalam kandungan. Tidak hanya itu, dengan mengkonsusmi jambu biji dapat mencegah anemia pada ibu hamil.

  1. Merawat kulit wajah

Manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh yang kedelapan yaitu baik untuk merawat dan menjaga kesehatan wajah. Buah yang satu ini memang mengandung Vitamin dan gizi yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit wajah. Kandungan Vitamin E, antioksidan dan kolagen yang tinggi pada jambu biji dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda.

  1. Melindungi kulit dari UV

Selain dapat merawat kulit wajah, manfaat jambu biji bagi kecantikan tubuh Anda yaitu dapat melindungi kulit Anda dari sinar UV atau Ultraviolet yang dapat membakar kulit Anda dan menjadikannya kulit tubuh menjadi kusam, gosong yang tentunya dapat mengganggu penampilan. Buah jambu biji selain memiliki kandungan kolagen yang baik untuk merawat kulit wajah, jambu biji juga mengandung likopen yang berfungsi baik untuk melindungi kulit dari sengatan matahari atau sinar UV.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat jambu biji berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Kandungan zat antioksidan yang terdapat pada buah jambu biji dapat berfungsi baik untuk mencegah penuaan dini seperti noda hitam pada wajah, kerutan dan wajah kusam. Dengan mengkonsumsi buah jambu biji secara rutin dapat mencegah penuaan dini.

Related posts