Pahami Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

  • Whatsapp

Selain daun pepaya, buah yang satu ini juga merupakan salah satu jenis buah yang terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk pencernaan. Bahkan buah yang memiliki daging berwarna oranye kemerahan ini juga memiliki kandungan yang baik untuk kecantikan. Terbukti dengan banyaknya produk kecantikan yang menggunakan buah pepaya sebagai bahan dasarnya. Banyak orang yang menyukai buah pepaya. Selain rasanya yang manis, buah pepaya sangat lezat dan empuk. Namun tidak sedikit juga orang yang tidak menyukai buah yang satu ini. Padahal buah pepaya memiliki banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh.

  1. Anti inflamasi

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh yang pertama yaitu buah pepaya memiliki kandungan zat yang mampu mencegah terjadinya inflamasi. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dapat mengurangi resiko peradangan dalam tubuh.

Read More

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah pepaya memiliki kandungan Vitamin C. Kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah pepaya ini berperan penting dalam meningkatkan sistemm imun atau kekebalan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat menangkal virus dan bakteri penyebab penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, manfaat buah pepaya bagi kesehatan berikutnya yaitu mampu menjaga kesehatan tulang. Buah pepaya kaya akan Vitamin K dimana Vitamin K ini berfungsi baik untuk meningkatkan kekuatan tulang Anda. Dengan mengkonsumsi buah pepaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan mencegah terjadinya masalah tulang seperti tulang keropos atau patah tulang.

  1. Baik Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang cukup serius dan berbahaya. Penderita diabetes dituntut untuk mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu saja yang dirasa cukup aman dan tidak membahayakan. Nah, salah satu makanan yang cukup baik dikonsumsi oleh penderita diabetes yaitu buah pepaya.

  1. Mencegah Penyakit jantung

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh yang kelima yaitu dapat mencegah penyakit jantung. Kandungan gizi yang terdapat pada buah pepaya seperti Vitamin, Serat dan Kalium memiliki fungsi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung sehingga dengan mengkonsumsi buah pepaya dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

  1. Melancarkan Pencernaan

Selain dapat mencegah penyakit jantung, manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh berikutnya yitu dpt melancarkan pencernaan. Salah satu manfaat buah pepaya yang paling populer tidak lain yaitu melancarkan pencernaan. Saat tubuh mengalami masalah dalam sistem pencernaan seperti susah buang air besar, salah satu obat alami yang dianjurkan yaitu buah pepaya. Buah pepaya memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yang tentunya berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh yang ketujuah yaitu dapat mempercepat penyembuhan luka.  Jika Anda memiliki luka pada bagian tubuh Anda, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan luka yaitu dengan menggunakan buah pepaya. Caranya yaitu selain mengkonsumsinya Anda juga bisa menggunakan daging buah pepaya sebagai obat oles tentunya dengan menghaluskannya terlebih dahulu. Kandungan zat papain serta enzim proteolitik chymopapain yang terdapat pada buah pepaya berfungsi baik untuk menyembuhkan luka.

  1. Mencegah Penyakit Asma

Selain menjadi obat alami untuk mempercepat penyembuhan luka, manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penyakit asma. Asma merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan sehingga dada terasa sesak saat bernafas. Untuk mencegah terjadinya penyakit asma, buah pepaya merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi yang memberikan manfaat untuk mencegah penyakit asma.

  1. Menurunkan Berat Badan

Pernahkan Anda mengkonsumsi buah pepaya yang masih muda? Ternyata buah pepaya muda memiliki manfaat yang tidak kalah dengan pepaya matang. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa pepaya yang masih muda memiliki kandungan zat dan enzim yang lebih tinggi. Selain rasanya yang renyah ternyata pepaya muda mampu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan buah pepaya muda cocok dikonsumsi untuk Anda. Kandungan enzim yang terdapat pada buah pepaya muda mampu membakar lemak serta kolesterol penyebab kegemukan.

  1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, buah pepaya juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan kalangan kaum hawa.  Buah pepaya memiliki manfaat baik untuk mengangkat sel kulit mati. Kandungan papain yang terdapat pada buah pepaya mampu mengangkat sel kulit mati pada wajah maupun kulit pada bagian tubuh lainnya.

  1. Mencerahkan Wajah

Manfaat buah pepaya berikutnya yaitu dapat mencerahkan wajah. Bagi Anda yang mengalami wajah kusam, buah pepaya bisa dijadikan obat alami untuk mencerahkan wajah. Kandungan papain yang terdapat pada buah pepaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab kekusaman. Selain itu kandungan Vitamin C dan E pada buah pepaya juga ikut berperan dalam mencerahkan kulit wajah Anda.

Related posts